Bagaimana Kucing Bisa Selamat Saat Terjatuh

Sering mendengar istilah kucing memiliki 9 Nyawa? Sebenarnya apa sih maksudnya?

Kalau menurut saya, kucing disebut-sebut memiliki 9 nyawa itu karena kucing memiliki kemampuan bertahan hidup yang tinggi. Beberapa kemampuan kucing bisa dibaca di artikel : Kelebihan-kelebihan Kucing

Salah satu kelebihan kucing yang sering dibicarakan dan bahkan diteliti adalah kemampuan kucing untuk tetap selamat ketika jatuh dari tempat yang tinggi. Kecuali hewan yang bersayap seperti tupai peluncur, kebanyakan mamalia tidak memiliki kemampuan menyelamatkan diri ketika mereka terjatuh dari tempat yang tinggi.

Dari berbagai sumber yang saya baca, disebutkan kemampuan kucing untuk selamat ini karena kucing bisa memutar tubuhnya ketika berada di udara sehingga mendarat lagi dengan keempat kakinya. Jatuh dari tempat tinggi dengan posisi telentang dan kepala pecah terbentur, bisa menyebabkan kematian. Hal ini yang dihindari oleh para kucing dengan berusaha mendarat lagi dengan keempat kaki di tanah.

Dari ScienceFocus.com dijelaskan bahwa ketika awal terjatuh, posisi kucing itu sama dengan hewan lainnya, yaitu punggung menghadap ke belakang dengan resiko kepala akan terhempas lebih dahulu. Namun sepersekian detik berikutnya, kucing akan menggerakkan kaki belakangnya untuk memutar tubuhnya sehingga posisi kaki kucing kembali menjadi tumpuan.

Ketika keempat kaki sudah pada posisi berdiri, kucing akan mengembangkan kakinya untuk menahan laju jatuh. Bentuk ini berfungsi seperti parasut para penerjun payung.

Dan ketika hampir mendarat di tanah, kucing akan mengatur agar hanya dua kaki pertama yang menyentuh tanah baru diikuti dua kaki berikutnya dan tak lupa sedikit menekuk kakinya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerasnya benturan pada ke empat kaki dan mengurangi resiko patah kaki.

Pemutaran tubuh ini bisa terjadi karena kucing memiliki struktur tubuh yang sangat fleksibel. Tentu saja kemampuan ini hanya bisa dilakukan oleh kucing lincah dan berpengalaman.

Untuk kucing gendut atau kucing yang sangat dimanjakan, saya agak menyangsikan kemampuan memutar tubuh ini ๐Ÿ˜€

Seperti kata Ian Stewart di ScienceFocus, kucingnya yang bernama Seamus tidak pernah tahu bagaimana caranya memutar tubuh walaupun sudah dilatih berkali-kali dengan cara dijatuhkan di atas bantal, “He enjoyed the game, but he never learned how to flip himself over.”

Ketinggian jatuh juga menentukan keberhasilan proses penyelamatan diri ini. Kalau terlalu rendah, kucing tidak punya kesempatan untuk memutar tubuh. Kucing membutuhkan 1-3 detik untuk bisa memutar tubuhnya dan 5 detik untuk membentuk posisi parasut.

Selain itu diketahui juga bahwa terminal velocity (kecepatan jatuh maksimum) kucing adalah 60 mil per jam. Ketika sudah mencapai kecepatan jatuh ini, barulah tubuh kucing menjadi relaks dan secara refleks melakukan proses pemutaran tubuh. Sebagai info saja, terminal velocity manusia itu di angka 130 mil per jam (wikipedia), di kecepatan inilah para penerjun berada dalam “free fall position” bisa melakukan berbagai posisi di udara.

Tahun 1987, dua dokter hewan yang menangani 132 kasus kucing yang selamat jatuh dari ketinggian dan dibawa ke Animal Medical Center melaporkan di Journal of the American Veterinary Medical Association, bahwa semakin tinggi gedung maka semakin kecil luka yang dialami oleh kucing yang jatuh. Kucing yang jatuh dari ketinggian gedung kurang dari 7 lantai, jumlah tulang yang patah lebih banyak daripada kucing yang jatuh dari ketinggian gedung lebih dari 7 lantai. Semakin tinggi gedung, semakin sedikit tulang kucing yang patah.

Bahkan diketahui ada satu kucing yang selamat setelah jatuh dari lantai 46 gedung. Luka yang diderita karena si kucing sebelumnya terpantul-pantul di kanopi gedung sebelum akhirnya mendarat di tanah.

Sumber:
http://sciencefocus.com/oup/oup-story/how-cats-land-their-feet
http://en.wikipedia.org/wiki/Cat_righting_reflex
http://whatafy.com/why-do-cats-always-land-on-their-feet.html

Artikel ini sudah dibaca: 5261 kali.

About

Dari kecil melihara kucing dan tertarik dengan kelebihan kucing dibanding hewan lainnya. Sekarang sudah tidak bisa pelihara kucing, tapi tetap suka ngomongin kucing :)

Tagged with: