Bahasa tubuh kucing seperti yang diperlihatkan melalui postur tubuh atau sikap tubuhnya merupakan suatu subyek yang sangat menarik untuk diteliti dan dipelajari.

Secara umum, logika Anda akan membantu Anda dalam usaha untuk menginterpretasikan perasaan serta kebutuhan-kebutuhan kucing peliharaan Anda. Salah satu tanda termudah untuk mengenali hal seperti ini adalah dengan cara mengamati sikap tubuh seekor kucing yang sedang merasa nyaman atau gembira, yaitu yang ditandai dengan sikap tubuhnya yang rileks dan mata yang setengah terpejam.

Adapun sikap tubuh atau sikap duduk seekor kucing yang sedang rileks ini adalah bahwa kucing tersebut akan membaringkan tubuhnya ke lantai, kemudian ia perlahan-lahan akan mengulur dan setelah itu menarik kembali kuku-kukunya, dan pada keadaan seperti inilah Anda mungkin dapat menggelitik atau menggaruk bagian tubuh mana saja dari kucing peliharaan Anda.

Jika Anda melakukan hal seperti ini, maka kucing peliharaan Anda tersebut akan menunjukkan reaksinya dengan cara ia memutar punggungnya da kemudian secara tidak langsung membujuk Anda untuk mengulangi lagi tindakan tersebut.

Selain itu, sikap kucing yang gemar berjalan-jalan yang disertai dengan bunyi dengkuran juga dapat digunakan sebagai indikator bahwa kucing Anda sedang merasa nyaman atau senang. Adapun hal ini merupakan kilas balik dari pemberian makanan sehari-harinya, dan sementara itu kegiatan berjalan-jalan dimaksudkan untuk merangsang atau melancarkan aliran air susu kucing peliharaan Anda tersebut.

Artikel ini sudah dibaca: 14178 kali.