Fungsi Kaki dan Kuku Kucing

Umumnya, semua kucing akan menjaga serta merawat kuku-kukunya dengan baik, yaitu dengan cara memanjat dan mencakar atau menggaruk-garukkan kuku-kukunya pada benda-benda seperti misalnya batang-batang pohon, tiang-tiang serta perabotan rumah.

Kebiasaan kucing yang gemar memanjat serta menggaruk-garukkan kuku atau cakarnya ini tidak hanya bermanfaat untuk membantu mempertajam kuku-kukunya, tetapi kebiasaan seperti ini juga dianggap sebagai bentuk lain dari cara berkomunikasi kucing.

Alasannya, yaitu bahwa bekas goresan kuku atau cakar dari kucing ini meninggalkan bau kelenjar pada kaki kucing tersebut dan hal ini dapat dijadikan sebagai sebuah petunjuk jelas bahwa sebelumnya seekor kucing telah mengunjungi atau berada di tempat tersebut.


Dan bagi Anda para pemilik kucing, mungkin sebaiknya Anda menyediakan sebuah tiang panjat di dalam rumah dengan maksud untuk mencegah binatang kesayangan Anda memanjat ataupun menggaruk-garukkan kuku-kuku atau cakar-cakarnya yang tajam pada gorden (tirai jendela rumah Anda) serta perabotan rumah Anda.

Selain tiang panjat, anda juga bisa menyediakan tempat menggaruk untuk kucing kesayangan anda. Anda bisa membeli online di Amazon, seperti beberapa contoh di bawah ini:

Catit Style Scratcher with Catnip, Jungle-Stripe Lounge Hagen Catit Style Scratcher with Catnip PetFusion Cat Scratcher Lounge SCRATCH’M Big Fish Cat Scratcher

 

Artikel ini sudah dibaca: 3761 kali.