Kucing Langka : Pallas the Cat

This entry is part 2 of 2 in the series Kucing Liar Langka

Pallas The Cat (Otocolobus manul) disebut juga “Manul”. Pallas tidak bertubuh besar, melainkan hanya seukuran kucing domestik, dengan panjang 46-65 cm dan panjang ekor 21-31 cm. Beratnya 2,5-4,5 kilogram. Kombinasi dari postur kekar dan panjang, bulu lebat membuatnya tampak gagah dan gemuk.

Kaki Pallas secara proporsional lebih pendek dibandingkan dengan kucing lain. Posisi telinga sangat rendah dan lebar, dan memiliki cakar yang pendek. Wajah Pallas terlihat lebih rata dibandingkan dengan kucing lain. Rahang lebih pendek dan memiliki gigi yang lebih sedikit dibanding kucing liar lainnya.

Pallas adalah makhluk soliter dan di luar musim kawin sangat jarang bisa menemui Pallas bersama dengan jenisnya karena Pallas lebih suka sendiri. Ketika merasa terancam, Pallas menyeringai dan membuat bibir atasnya untuk memperlihatkan gigi taringnya yang besar.

Pallas adalah jenis kucing yang dilindungi karena tingginya angka pembunuhan atas mereka. Sebelum Pallas dilindungi secara hukum, puluhan ribu kucing ini diburu dan dibunuh setiap tahun, terutama untuk bulu mereka.

img: arkinspace.com

Artikel ini sudah dibaca: 3067 kali.

Artikel pada Serial ini:Kucing Langka : Andean Mountain Cat