Melatih Kucing Menuruti Panggilan

Kita tidak perlu melatih anak kucing untuk tahu siapa namanya karena anak kucing tidak peduli apa nama panggilannya.

Anak kucing akan menjawab panggilan atas nama apa saja, sepanjang panggilan tersebut “menggunakan nada suara yang sama”. Karena kucing peka terhadap nada suara, jadi panggillah selalu kucing kesayangan Anda dengan nada suara yang khas.

Salah satu cara termudah melatih kucing memenuhi panggilan Anda adalah dengan memanfaatkan kecintaannya pada makanan. Ketika waktunya tiba untuk memberi makan anak kucing, panggillah dengan suara yang keras dan spesifik, seperti memukulkan gagang pisau atau sendok ke sisi piring makan kucing atau ke kaleng makanan kucing. Ketika memukulkan sendok, panggil juga nama kucing dengan nada yang khas berulang-ulang. Lama kelamaan ia akan terbiasa dengan suara sendok dan ia menganggap akan ada makanan buatnya. Jadi, ia akan segera datang ketika kita panggil meskipun Anda belum memukulkan sendok.

Selain memberikan makanan, kita juga bisa memberikan hadiah seperti gelitikan sambil mengatakan betapa baiknya kucing ini. Anda juga bisa menwarkannya mainan dan bermain dengannya sebentar. Anak kucing senang bermain dan mengejar bola kertas, jadi tidak perlu mainan mahal disini.

Kucing merespon terhadap kebaikan dan bermain sebagaimana ia merespon makanan.

Disadur dari http://melatihkucing.blogspot.com/

Artikel ini sudah dibaca: 11145 kali.

About

Dari kecil melihara kucing dan tertarik dengan kelebihan kucing dibanding hewan lainnya. Sekarang sudah tidak bisa pelihara kucing, tapi tetap suka ngomongin kucing :)

Tagged with: