Program Sterilisasi Gratis Untuk Kucing Lokal

Tahukah anda, bahwa sejak Januari 2011, Pemerintah Propinsi Jakarta mengadakan program sterilisasi gratis?

Alasan diadakannya sterilisasi gratis ini sendiri adalah untuk menekan laju pertumbuhan kucing. Banyak pemilik kucing yang akhirnya membuang anak-anak kucing yang baru dilahirkan karena hewan tersebut memang mudah berkembang biak. “Ini membuat lingkungan kotor,” jelas Kepala Balai Kesehatan Hewan dan Ikan DKI Jakarta, Naniek Susetijoharti.

Belum lagi ancaman rabies yang dapat ditularkan melalui gigitan hewan berbulu ini. “DKI Jakarta sudah bebas dari hewan rabies sejak Oktober 2004, namun dikelilingi oleh wilayah endemi rabies. Karena itu upaya pencegahan terus dilakukan,” kata Naniek. Vaksinasi dan karantina terhadap anjing penggigit pun masih diteruskan.

Selain kucing, Naniek mengatakan pihaknya masih tetap memberikan layanan sterilisasi pada anjing dan kera, namun tidak gratis. “Karena tingkat reproduksinya tidak secepat kucing,” kata Naniek.

Naniek mendorong agar masyarakat memanfaatkan kesempatan sterilisasi gratis ini. Karena, lanjut Naniek, ada keuntungan yang diperoleh pemilik setelah sterilisasi dilakukan selain bebas dari beban mengurus anak kucing. “Kucingnya tambah gendut dan lucu. Tidak kalah dengan kucing anggora,” ujarnya berpromosi.

Kucing yang akan disterilisasi ini harus memenuhi tiga syarat, yaitu bukan kucing liar, berbadan sehat, dan berusia minimal 8 bulan.

Masyarakat dapat menghubungi nomor telepon (021) 78842364 untuk mendaftar.

Artikel ini sudah dibaca: 5483 kali.

Artikel Lainnya:

18 Comments

  1. aan

    Untuk di daerah Tangerang,bulan Juni 2012 ada program gratis kebiri juga
    nggak ?
    Aku punya 2 kucing mau aku kebiri, usianya udah mau 1 tahun nih.
    Takut keburu beger..
    Terima kasih

  2. sukakucing

    kunyil si kucing betina cewek warna hitam polos ekor pendek umur 1 tahun . bapa anggora hitam ibu siam. walaupun orang kebanyakan bilang dia kucing kampung tapi aq tetap chayank…

  3. Carolin

    mohon infonya untuk tahun 2012 ini , apakah program nya masih berjalan? dan kemana saya harus mendaftar? karena saya tidak yakin nomor diatas masih dipakai sebagai contact program ini.
    kucing saya sudah mulai mens dan saya takut nanti keburu hamil. mohon infonya :(

  4. datuk miauw

    terimakasih infonya, walaupun yg untuk jkt selatan sudah tutup…saya akan daftarkan untuk yg jkt pusat pakai ktp sodara katanya gak apa2. aka dilaksanakan 28 juli 2011….ayo siapa lagi yg blm daftar….diadakan nya lagi nanti setelah lebaran lho…ntar kelamaan…kasihan miauw nya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *