Ternyata Kecil Peluang Kucing Tularkan Toksoplasma

Jika anda termasuk yang berpendapat Toksoplasma ditularkan oleh kucing, ada baiknya anda membaca pidato Prof. Dr. drh. Sri Hartati, S.U.

Pidato yang berjudul “Toksoplasmosis Pada Kucing Dan Implikasinya Terhadap Kesehatan Masyarakat” itu dibacakan pada pengukuhannya sebagai Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada hari Rabu 13 Juli 2011.

Toksoplasma merupakan salah satu jenis penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang dapat menyerang hewan dan manusia, dan secara umum, toksoplasma masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang perlu diwaspadai.

Memang, penyakit yang disebabkan oleh infeksi T. gondii ini terkait erat dengan kucing sebagai inang definitif. Akan tetapi, resiko tertular langsung dari kucing ternyata sangat kecil. Manusia biasanya tertular T.gondii melalui daging yang dimasak setengah matang, atau mentah, bahkan juga sayuran mentah yang tidak dicuci bersih.

Menurut dokter Hartati, masyarakat tidak perlu takut memelihara atau menyayangi kucing asal dapat menjaga kesehatannya. Akan tetapi karena penyakit zoonosis dapat
menyerang hewan dan manusia, maka kerjasama di bidang kedokteran manusia dengan kedokteran hewan perlu ditingkatkan.

Diperlukan edukasi tentang pencegahan infeksi T. gondii bagi wanita usia produktif, karena toksoplasmosis pada wanita hamil memiliki risiko sangat besar pada janin yang dikandungnya. Selain itu diperlukan pula peningkatan kepedulian masyarakat untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, serta rasa tanggungjawab untuk menjaga kesehatan hewan kesayangan. Semua itu merupakan cara yang efisien untuk mencegah tertular toksoplasma.

Artikel ini sudah dibaca: 6836 kali.

  • http://nawa-birawa.blogspot.com Nawa

    wah ini penting saya izin share lagi ya

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Silakan :)