Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa Anda harus memandulkan kucing Anda. Di antaranya, yaitu berkaitan dengan terjadinya kelebihan populasi hewan, kesehatan hewan peliharaan, kebiasaan mengembara pada hewan, sikap agresif yang berlebihan dari hewan, lahirnya anak-anak kucing yang tidak dikehendaki induknya, perilaku dan tentunya berkaitan dengan banyaknya hewan atau binatang yang tidak punya tempat tinggal.

Uraian singkat di bawah ini akan menjelaskan kepada Anda tentang beberapa alasan positif untuk melakukan pemandulan atau pengebirian kucing Anda. Salah satu dari alasan tersebut adalah bahwa proses pemandulan semacam ini dapat memperpanjang waktu hidup kucing Anda.

Adapun pemandulan atau pengebirian ini adalah sebuah proses yang berkaitan dengan pembedahan dan proses ini dapat mencegah hewan untuk bereproduksi. Terlebih lagi kepada kucing yang tidak memiliki dorongan atau hasrat seksual psikologis, sebaiknya dilakukan pembedahan untuk memandulkan alat reproduksinya secepatnya sebelum kucing itu berumur 6 bulan. Dan ketika kucing-kucing ini telah mengalami pengebirian, maka kemungkinannya sangat kecil bagi mereka untuk gemar berkelahi dengan hewan lainnya maupun menimbulkan penyakit kanker.

Operasi yang sederhana sekalipun dapat menghemat pengeluaran Anda untuk berkonsultasi dengan dokter hewan. Tetapi, yang terpenting adalah operasi pemandulan semacam ini bermanfaat bagi kucing Anda yaitu dapat memperpanjang kelangsungan hidupnya.

Dengan operasi semacam ini, keinginan atau hasrat mereka untuk mengembara berkurang banyak seiring dengan berkurangnya kecenderungan untuk bersikap agresif yang berlebihan.

Tapi ingatlah untuk tidak sembarangan melakukan tindak pemandulan ini. Jangan sekali-kali Anda melakukan sendiri operasi pengebirian ini. Kunjungi Dokter Hewan Anda dan mintalah nasehatnya.

Artikel ini sudah dibaca: 5555 kali.