Memberi Makan Kucing Yang Sedang Sakit

Cara memberi makan kucing sakit

Memberi Makan Kucing Sakit | img:freeimages.com


Kucing yang sedang sakit membutuhkan energi ekstra serta ketersediaan zat-zat makanan yang diperlukan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta meningkatkan daya tahan tubuh untuk memerangi penyakit. Akan tetapi pada saat sedang sakit, kebanyakan kucing tidak mau makan sehingga dapat memperburuk kondisi kesehatannya.

Kucing kehilangan nafsu makan bisa dikarenakan oleh beberapa sebab seperti mengalami stress akibat perubahan lingkungan atau pun sedang sakit. Ikuti beberapa tips berikut ini yang dapat dicoba untuk mengatasi kucing yang kehilangan nafsu makan:

Hal yang paling mudah dilakukan yaitu mencoba untuk memberikan makanan yang biasanya paling disukai oleh kucing tersebut. Makanan yang disukai biasanya dapat membantu mengembalikan nafsu makan kucing.

Cobalah untuk memberi makan secara bersamaan dengan beberapa kucing lain sehingga menciptakan adanya elemen kompetisi. Biasanya kucing akan terpancing untuk ikut berebut makanan dengan kucing-kucing lain.

Anda juga dapat memberikan makanan dengan aroma yang disukai oleh kucing. Aroma makanan merupakan stimulator nafsu makan pada kucing. Kucing kehilangan nafsu makan bila ia tidak dapat mencium aroma makanan dengan baik akibat menderita pilek.

Menghangatkan makanan dapat membantu agar aroma makan lebih mudah tercium oleh kucing. Perlu diperhatikan jangan sampai temperatur makanan menjadi terlalu panas karena dapat berakibat cukup fatal.

Kucing lebih suka makanan basah dibandingkan makanan kering. Dengan menambahkan kuah kaldu pada makanan dapat merangsang nafsu makan kucing. Biasanya kucing akan suka menjilat-jilat kuah kaldu yang disediakan.

Jangan biarkan makanan yang tersisa di tempat makanan lebih dari 15 menit. Berikan makanan dalam jumlah kecil tapi dengan frekuensi pemberian makanan yang lebih sering. Dengan demikian nafsu makan kucing akan lebih sering terstimulasi oleh makanan yang baru disediakan tersebut.

Untuk memperkenalkan jenis makanan baru pada kucing, campurkan sedikit makanan baru tersebut ke dalam makanan yang biasa dimakan. Secara bertahap tambahkan porsi makanan baru tersebut sampai akhirnya kucing terbiasa sepenuhnya pada makanan baru tersebut.

Bila anda telah mencoba cara-cara tersebut diatas tetapi belum juga berhasil untuk mengembalikan nafsu makan si kucing, sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter hewan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Artikel ini sudah dibaca: 51695 kali.

90 Comments

  • Erna Chantiqa 08/01/2014 at 12:07

    Kucingku baru beranak, tapi tidak mau kasih minum anaknya n tali pusarnya jg masih ada…. Gimana dunk solusinya, tolong infonya….makasih

  • abik 06/11/2013 at 17:11

    Nama kucing ku Ichi meng,ku beri nama ichi+meng karena suaranya gk meong tpi
    meeeeeeng ia sekarang lgi sakit panas dalam ia maunya minum muluu :_/
    dan tidur tpi,makan nya masih Lahap
    mbak ku nangis muluu ichi seperti sahabatku sendiri bagaikan tmen-tmen
    manusia
    mohon doanya ya gays -_-

  • abik 06/11/2013 at 17:01

    kucing ku mulutnya agak mengeluarkan lendir,gak tau apa penyebabnya
    yg penting makannya lahap,tpi aku kasihan melihatnya,penyebabnya karena boboknya pakek kipas angin -_-

  • artriezvanr 04/09/2013 at 11:00

    Siang, saya mau share tentang pengalaman saya.. mirip dengan kasus ini, kucing saya mendadak mati kurang dr 24 jam, kemudian kucing yg lain seperti terkena gejala yang sama saya buru2 bawa ke dokter untuk dirawat. tapi ternyata ke esokan hari nya dia mati jg, di rumah saya masih ada 2 ekor kucing yang kitten dan 1 induk nya. sekarang sedang sakit juga, setelah dibawa kedokter mereka terkena distemper. Yang kitten saya tidak rawat ke dokter an memilih untuk merawat nya sendiri dirumah dengan memberinya makan 3 jam sekali dengan pipet. Jujur saya sudah hopeless dan sudah pasrah, jika memang mereka tidak bisa bertahan setidaknya mereka sudah mendapatkan kasih sayang kita hingga akhir hayat mereka, yang kitten memang membaik, tpi keadaanya masih tetap lemas. sekarang induk nya masih demam tinggi dan menggigil, Saya stress sekali, mohon doa nya teman2 :’)

  • Ira Suryani 03/09/2013 at 13:59

    kaka, mau tanya nih, kucing saya udah 2 hari ini nafsu makannya kurang kak, klo mkan cuma dikit, cara buat mengatasinya gimna ya kak, aku takut kucing aku mati,.
    atau ada g kak vitamin buat penambah nafsu mkan kucing, soalnya aku g tau apa2 tentang kucing kak, dokter kucing di kota aku pun g tau dimana tempatnya.. :'( :'(

  • rayhan pn 17/08/2013 at 12:06

    kaka tadi kucing saya baru jatuh dari tangga terus mulutnya berdarah,gimana ya caranya biar cepet sembuh? Makasih…………………

  • Dara Priscilla Junico 21/05/2013 at 16:04

    Terima kasihhh atas tips, aku bakal coba dan semoga Pepsi-ku cepat sembuhhh…!!!
    Doa’nya yahhhh… πŸ™‚ ^_^

  • Itarahayu 14/05/2013 at 12:19

    Mba mau nnya dong barusan kucing ku ketabrak mobil , nah kakinyanluka kulitnya kyanterkelupas jdnya tulangnya kliatan , kbtulan dokternya praktek malaem jd apamyg harus saya lakukan ya untuk penangana awalnya abis kasian lemes , gamau makan gtun, tp masih mau jalan jalan gtu mba . K

    • krafty 14/05/2013 at 13:21

      Duh, pastinya kesakitan banget.. :(. Usahakan jangan terlalu banyak jalan ya, sampai dibawa ke dokter.. Untuk lukanya, sebaiknya ditutup dengan pembalut luka yaa…

  • Niniz 04/04/2013 at 16:55

    Mas/mbak, kucing saya umur 7tahun, ga mau makan bbrp hari ini, tp minumnya SANGAT sering.
    Sebelumnya abis dr drh, katanya sih demam karna infeksi (emang ada luka), terus dikasih antibiotik dan mau makan biasa.
    Tapi setelah luka sembuh dan antibiotiknya habis, dia ga mau makan sama sekali, cuman minum aja yg banyak, dan lesu, kerjaannya bobo aja.
    Apa kucing saya sakit ginjal ya?
    tolong bantuannya plissss….sedih banget ngeliat dia lesu gini, biasanya bawel minta makan:(
    Saya harus ke dokter hewan dimana ya yg bagus? Domisili saya jakarta.
    Makasiiiiihh banyak….

    • krafty 14/05/2013 at 13:26

      Wah, di Jakarta kan banyak dokter hewan.. Coba bawa ke rumah sakit hewan di Ragunan deh..

  • Yukiko 25/02/2013 at 17:07

    kak, kucingku habis berantem sama kucing liar.. bibir nya luka sedikit. Sekarang dia lemes banget, udah dibawa ke vet, katanya demam karena stress.. udah diberi obat buat panasnya, tapi sekarang dia ngga mau makan, ngga mau minum.. gimana ya biar dia mau makan? πŸ™

  • verry 25/02/2013 at 09:28

    kucingku 2thn jantan persia himalaya, dah 5 hari lemes gak mw makan, air matanya kuning agk berlendir, knp yah?

  • chicox 13/02/2013 at 09:22

    misi gan…mau nanya nie…kucing sy bentar2 sakit(gak bs jalan)trs ga bs buang kotoran nie…gmn ya cara ngatasinya ?tlng donk agan n bos2 solusinya

  • firhan alfariz 26/12/2012 at 05:52

    kucing ku gk mau makan sampai badannya kurus belum nyusuin anaknya terus makanan kesukaannya juga gk mau bagaimanacaranya?please

    • krafty 28/01/2013 at 13:15

      Disuapin? Pakai wet food atau ikan segar yang sudah direbus.. Jika masih tidak mau makan, bawa ke dokter hewan ya

  • gie 13/10/2012 at 14:41

    kak mau tanya kucingku kerjaannya tidur mulu, tapi makan ma minum seperti biasa. Kenapa ya kak?

    • bre 25/01/2013 at 12:54

      hehe itu mah kucingnya aja pemalas … . oh ya g pa2 itu …. kalo g mau makan malah bahaya … .

  • musdayanti-sri 03/10/2012 at 16:51

    mikum……..sy mau nanya gan.gmna ya crany mengobati kucing yg sakit+gk mau mkan,wlaupun sy udh ksh makanan kesukaanny?????

  • adhit 23/09/2012 at 13:33

    maaf gan saya mau bertanya.
    saya punya kucing sekitar umur 2 bulan kurang.
    apa umur segitu boleh di mandikan ?
    dan kalo sudah terlanjur dimandikan bagaimana ya gan ?
    masalah nya kucing saya sekarang jadi sering tidur dan jarang bergerak.
    apa kucing saya sakit ?
    kira kira apa yang harus saya lakukan ya pak ?

  • rere 08/09/2012 at 22:18

    Sista mau tanya dunks, kmrn siang kucing persiaku abis main sama anakku & dibuat mainnan layaknya boneka hidup. Alhasil skrng si mono G???? mau makan + maunya tiduran melulu + menyendiri ditempat yg gelap (kolong tempat tidur) trus mata kirinya belekan terus. Kenapa ya dia G???? aktif lg sperti biasanya, apa krn ada yg sakit pada badannya / stress / kenapa ya? Trus dgn matanya, apa dia sakit mata ya? ??Β°β€’Β·?Β·???Γ€nk ?ΓΆΓΌ?Β·?Β·β€’Β°

    • lulus 19/01/2013 at 22:10

      k,,,kucing aq dah 5 hr g mo mkn,,,sejak tengkar ama kawannya n mata + perutnya luka lumayan gede,,, kemaren smpet nanahan,tp skrg dah kering kykny. gmn nyembuhinnya yh,,, blh make kombantrin g?

  • Natalia 03/09/2012 at 18:09

    tadi pagi kucingku, kejepit motor. gara garanya gak ketahuan kalo dia ada dibawahnya. terus sekarang dia gak mau makan dan kaki kanan nya sakit kalo dipegang dia jerit jerit. sekarang aku bingung dan gak tau harus ngapain. sekarang dia cuma tiduran lemes.tadi pagi pas sesudah kejadian ada bau yang gak enak di kucing ku. please bantuin gimana caranya kucingku bisa sembuh.

  • rina 03/09/2012 at 15:01

    Ka kucingku umurny 2 bln 2 minggu, udh brp hari ini mencret, kadang eekny cair kadang keras. Nafsu makanny jg mulai nurun drastis 2 hari ini. Tp keadaa kucingku lincah, masih mau aku ajak main. Tolong kasih solusi donk ka. Aku bingung mesti gmn? πŸ™

  • nona 26/08/2012 at 20:07

    kucingqu conan, kupingnya lg luka dan 4 hari yg lalu aqu mandiin……malamnya lagsung demam,trus mendadak nafsu makan berkurang dan dah 2 hari ini benar2 ga mau makan,badannya udah lemes dan keluar lendir di mulut dan pup nya juga berlendir,matanya juga dah mulai sayu……aqu paksain makan basah yg dicampur air tp di muntahin lg, tp tetap aqu suapin terus dan aqu minumin oralit soalnya takut dehidrasi…..help conan please

  • Resky 23/08/2012 at 20:13

    Kak tolong bantu syaa
    kemaren kucing sya baru sya ambil dari penitipan di pet shop, trus tiba tiba hari ini dia muntah muntah, g mau makan, minumnya dikit bgt trus kerjaannya tidur, lemes bgtt..
    Sya khawatir bgt kak, kira kira kucing sya knpa yaa ??

  • elya 18/08/2012 at 23:44

    kucing.q g mau mkan sma skali,cma mau mnum ja n tdur truz2an,,udah 5 hri yg llu,, kyakny gra2 wktu itu dy mkan ikan lele yg msih mntah.. gmna y solusiny…?? sdih bnget nih lhat dy g brdaya..

  • andrianny 31/07/2012 at 15:33

    Maaf aku mau tanya ,cara menangani kucing dan anjing kalau sakit itu sama ngga ya ?
    Soalnya anjing ku juga sakit badannya lemes ,flu ,dan badannya anget ,sepertinya tertular
    karna kbetulan sya juga sedang sakit ,bagaimana cara merawatnya ya πŸ™

  • IBNU 21/07/2012 at 14:21

    Kucing saya udh berhari2 gamau makan dan minum,kerjaannya tidur2an terus,sebelumnya sih makannya banyak,tp skrg udh ga lagi,trz jg suka muntah2. gmn cara mngatasinya???

    • tyas 21/09/2012 at 16:45

      itu yang dialami sama kucing aku,,aku rasa kucing mu terkena demam tinggi.. sebaiknya segera ke dokter.. untuk penangan lbh lanjut

  • tino 17/07/2012 at 18:36

    kalo kucing yang tulangnya patah bagaimana?

  • kodok 16/07/2012 at 22:55

    Ka kucing saya lemes banggEt Kaki belakangnya jalan ya knpa ya, bru kemarin saya bawa ke doktEr

  • didi 14/07/2012 at 20:17

    pagiii… kucingku udah 5hr g mau makan.. sakit gara2 udah birahi blm sempet dikawinin,, badannya lemes… trus gmn ? ud ke drh tp tetep aj >..<

  • ara 14/07/2012 at 18:01

    kucingku di bagian perut nya selalu basah makan nya dikit banget nih πŸ™ terus badan nya demam suka bersuara meong…..meong… terus gak berhanti2 giamana saran nya dong buruan ya πŸ™‚ biar kucing ku cepet sembuh

  • da_orbs 05/07/2012 at 15:21

    salam kenal sebelumnya,langsung aja ya,aku punya kucing umur 7 bulan,aktif bgt. tapi udah 3 hari ini dia lemes bgt.sehari2 tidur trs. kmaren2 masih mau makan minum,tapi dari tadi malem dia ga mau makan ga mau minum. trus dr kmaren dia belom pup juga pipis.hari ini aku mulai cemas bgt,soalnya dia bner2 kliatan lemes bgt dan tetep diganggu segimanapun dia cm liat bentar trus tidur lagi.itu knp ya? apa kucingku sakit? aku dah coba campur air di makanannya.biasanya dia langsung mau,tp skrg jd ga mau.aku bingung musti gmn.tolong kasih saran ya…

  • viky nur aini 04/07/2012 at 09:20

    Ass …
    Mw tanya ni ..
    Kucing q hbis mlahirkan ankX 4 Shat Smua …
    smblum mlahirkan dya Doyan bngt mkan,,tapi setelah melahirkan kok nafsu mkanX brkurang Ya ..
    mw mkan tp Sdikit Skali,,dya mlah Banyak Minum …
    nfsu mknX bisa Brkurang it knpa Ya..?,
    tlng PenjelasanX …
    Mksh..
    ass..

  • dewi ratna 30/06/2012 at 22:26

    Rio itu nama kucing saya di mirip sekali dgn gambar pada artikel mengenai Bola πŸ™‚

  • dewi ratna 30/06/2012 at 13:47

    saya punya kucing kampung campuran anggora, 2hr yang lalu kucing saya berantem sama kucing lain besok nya dia ke kamar saya waktu saya liat nafasnya bergetar dan kelihatan lemas, dia juga gamau makan dan minum bahkan hari ini dia ngilang udah saya cari tapi gak ketemu . saya sedih dia sakit πŸ™
    kira kira dia sakit apa?? dan apa yang harus saya lakukan???
    MOHON BANTUANYA ..

  • jay 10/06/2012 at 12:07

    Permisi saya mau bertanya ni.
    Kucing saya kok ga mau makan di tempat nya ya(piring kucing)
    Mau nya disuapin sama di taru di lantai.
    Jadi sedikit banget asupan nya, bawaan nya tidur melulu.
    Mohon jawaban nya.

  • lia 05/06/2012 at 21:47

    tlong bantuannya.. kcing sy skt. muntah2 berlendir gt.. udh bw k dktr ktny kna viruz.. kmgkinanny 50% lg. tng bntuon obtinny. gk mau mkn.. cm mau mnum. itupun sedikit. help dong

    • krafty 25/06/2012 at 09:02

      Minta dokter untuk memberikan infus, ya

    • wenny 28/06/2012 at 15:29

      jangan dirawat di dokter kalau saran saya, rawat sendiri, karena seperti saat kita sakit kita lebih suka dirawat oleh orang yg kita sayang daripada orang yg tidak kita kenal. Sementara kasih kuning telur ayam kampung menta yang dicampur madu, dicekokin paksa pakai pipet.
      Kalau dia muntah biarin aja dulu, kalau udah selesai muntah isi lagi pakai kuning telur ayam kampung sama madu tadi. Tambahan bisa pakai air gula aren, jangan sampai kedinginan, usap2 terus, semakin kita perhatian, semakin kucing kita ada semangat untuk sembuh.

  • arif 28/05/2012 at 21:48

    mautanya bos….aku baru punya anak kucing 2,,,janta and betia…..umurnya bari 2 bulanan…tanpa induk….yg betina gak mau makan trus sering kmr mandi..sakit apa ya???? TOLONG BANTU DONG

    • krafty 25/06/2012 at 09:06

      Kalau keadaannya seperti ini, langsung dibawa ke dokter hewan ya πŸ™

  • Salsabillah 19/05/2012 at 06:35

    Kak bantuin aku donk
    Kucing aku gk mau makan trs suka bulak balik ke kamar mandi
    Gara gara dya ilang 2 hari trs oas pulang dya langsung diem aja
    Apa itu shock??

  • oryza 04/05/2012 at 18:01

    Kakak, kucingku usia 2bln,rabu lalu baru divaksin, sdh 2hr ini g?? mau makan dan hny minum sedikit (aq ksh aqua). Kemaren, aq bw lg ke doikter krn U?ah lemas, di doikter dia mmau mkn tp sampai di rumah g?? mau lg, apa yg hrs aq lakukan? Thank U

  • farah 25/04/2012 at 14:15

    ka, mau nanya. aku punya kucing tapi kucing kampung, dia skrg jalannya sempoyongan, trs lebih suka tidur di tmpt lembab, nafsu makannya juga berkurang, dia lebih suka minum, aku khawatir ka sm kakinya, minta solusinya ya kak πŸ™‚ mksh

    • sandra alvionita 30/07/2012 at 16:25

      Sore…saya mau mnt tlong dnk,kucing sy qk bwa’an nya lemez aja ya,mkan pn jg gak,mau ny mnum aja,kucing sy kucing kampung.tlng ksh slusi ya…:(

  • johanis 18/04/2012 at 02:46

    Kucingku laki-laki, sudah 3 hari tak mau makan, mungkin kena tulang nyangkut di tenggorokannya.Skrg diam saja & tidur saja. Mohon bantuan teman2 caranya gimana ya…agar cepat sehat. mksh sebelumnya.

    • johanis 18/04/2012 at 02:48

      Oh..kayaknya disini di Tg.Pinang tak ada dokter hewan, jadi gimana ya…mohon bantuan nya..ya..mksh.

  • afifa 12/04/2012 at 14:15

    gimana cara ngilangin stres pada kucing?
    tdi pgi tuh kucing gue lgi brantem sma kucing kampung… trus smpe skrang dia mkan gak mau, minum susunya nggak mau,,, dipegang aja kgak mau
    tlong gue plissss ^_^

  • alinn 12/04/2012 at 06:23

    Kaka, kucingku dr kemaren tiba2 ga mau jalan n bener2 ga gerak. Cuma bisa gelengin kepala aja. Ga mau makan n minum jg. Tp kalo dikasih nutriplus dy mau. Minum pun harus aku paksain buka mulutnya, tp makannya belum bisa. Kalo d.paksain makan boleh kah? ,,Jauh dr drh jg. Kudu gmana ka biar ga ke drh gt..

  • andri 08/04/2012 at 10:47

    boz bantuin dong,kucing saya udah hampir 1 minggu gk makan,kdang minum tp cuma dikit..trus t dsbelah lherny ada tonjolan y gk trlalu besar,, tapi saya kwatir bgtz.. gmn cara mengatasi ny boz.. disini soalnya gk ad dokter hewan ..mohon y boz bntuan nya…

  • nurul,, 29/03/2012 at 18:50

    kakak,,kucingku tiba” mendadak lemes,ga mau jalan ?
    knapa ya kak ?
    huhuhu

  • tita 26/03/2012 at 18:27

    kucing q dah 2 hr g pake mkn n mnum… kasian badan nya dah tmbh kurus……. gmn y cr ngatasi nya? bntuin q dunk gmn cr nanganinya….
    πŸ™

  • shabrina 11/03/2012 at 15:12

    Kakak minta saran dong.
    Kucing saya udh 3 hari lemes dan makannya sedikit. Kmrn saya bawa ke drh,suhu badannya normal jd kucing saya hanya diberi suntikan vitamin.
    Sepulang dari drh,kucing sy naik tangga stlh itu kaki dia gemetaran dan mengeluargkan liur. Kira2 kenapa ya? Dia udh mau makan tp msh sy kasih makanan basah.
    Terimakasih

    • krafty 20/03/2012 at 15:51

      Kayaknya kucing kamu kena distemper deh… Harusnya diinfus cairan elektrolit

  • Chintya 28/02/2012 at 21:52

    Kucing aku nggak mau makan-minum sama sekali, udah 4 hari. Udah dicoba disuapin pake apa-apa juga nggak mau, malah dimuntahin lagi. Dikasih minum pake pipet juga malah dikeluarin lagi airnya. Kalo dicoba disuapin malah nyakar-nyakar. Aku nangis, sedih banget ngeliatnya. Gimana ini? Pas hari kedua nggak mau makan udah dibawa ke drh, disuntik antibiotik

    • kicky 26/07/2012 at 06:58

      Mbak Shint Pa Khabar

      Apakah Kucing nya masih tidak mau makan & PUB nya mencair, Sy Mengalami Hal Serupa pd PERCIA sy si Bobby, Dikarenakan adanya gangguan Pencernaan.
      Note : Di Coba Penanggulanginya dgn Berikan Antibiotik Amoksilin Sub Syrup Rasas Jeruk/ Strawbery Suntikan dgn Pipet / Alat Suntik Tanpa Jarum dgn Dosis Cukup +/- 2 Ml pagi & Malam. dan Suplai Vitamin Scoth Emulsion Dosis 2 Ml/ Hari.
      Semoga Membantu. By Kicky.

  • Chintya 28/02/2012 at 21:47

    Kucing aku nggak mau makan-minum sama sekali, udah 4 hari. Udah dicoba disuapin pake apa-apa juga nggak mau, malah dimuntahin lagi. Dikasih minum pake pipet juga malah dikeluarin lagi airnya. Kalo dicoba disuapin malah nyakar-nyakar. Aku nangis, sedih banget ngeliatnya. Gimana ini? Pas hari kedua nggak mau makan udah dibawa ke drh, disuntik antibiotik soalnya demam. Terus sampe sekarang belum mau makan, malah sempet ngilang sebentar, dicari nggak ketemu-ketemu.

    • krafty 28/02/2012 at 22:13

      Kalau dibawa ke drh lagi, minta diinfus cairan elektrolit, selain disuntik antibiotik.. Supaya ga dehidrasi

      • asri 31/07/2012 at 21:57

        Mau tanya, kira-kira kalo di infus dan di suntik itu harganya berapa ya…???…soalnya,,kucing ku masalahnya ga mau makan….

  • Gb_madat 15/02/2012 at 20:37

    Kakak…
    Minta solusi dund..,
    sih cungkring udah hampir seminggu gak mao makan,, trus tidurnya maonya d tempat yg lembab,,
    badanya jg lembab,, tp kalo minum mah dia masih mao, tp cuma mao air mineral biasa, susu pun kudu lbh banyak air nya,,,
    kira2 dia knapa n aku harus gmana ea ?
    Drh pun juauuh nya poolll(kudu nyebrang kota)..,
    apa penangananku hampir benar atau salah ?
    Frekuensi minumnya pun aku usahakan 1-2 jam skali (aku bergantian jga ama nyokap),, kadang aku paksakan minum air yg dilarutkan wishkas (aku ulek dulu ampe jd bubuk).,
    mohon solusinya.,

  • iman 10/02/2012 at 08:54

    waduh, kucingku awalnya nafsu mkanny kuat bgt
    bru d kasi mkan, 15 mnt kmudian ngeong2 mnta mkan lg
    tp skrg kq nafsu mkanny hlg y? trus matany sring ad ktoran ky lendir gtu
    mhon bantuanny πŸ™‚

  • farashanty 06/02/2012 at 23:45

    mau tanya dong, kucing saya jantan, jenisnya kucing pribumi (kampung)dy ga mau makan udah 4 hari, mulutnya bau, badannya lemas, maunya tiduran ditempat yg dingin, sampai-sampai kuncingnya tidur dikamar mandi. kalo jalan udah sempoyongan bgt, kira-kira kucing saya sakit apa ya mba? cara ngobatinnya gmn?

    • ika 07/02/2012 at 17:44

      Nah!! ini dia… kalau dari gejalanya kucingnya kena fanleukopenia virus, atau distemper… Harus dibawa ke drh, minta diinfus larutan elektrolit supaya ga dehidrasi klo gejalanya udah seperti itu

  • tasia_23 04/02/2012 at 22:51

    klo kucingnya da lebih dari sehari g mkn bahaya g?? tp dy minumnya lumayan kuat….
    kucingnya muntah2 gt…. sbnrx bukan kucing peliharaanQ… tp kucing dkt rumah yg srg aQ kasih mkan… da 2 malam aQ jagain tp kondisix malah makin lemah n kurus… tolong sarannya yh…

    • ika 07/02/2012 at 17:42

      duh.. ini lagi musim kucing kena distemper ya :((… gejalanya ga mau makan, muntah2, atau ludahnya keluar2 gitu… susah minum.. segera ke drh ya…

  • nana 16/01/2012 at 15:25

    mohon saran donk…..ga tau knapa tiba” kucing saya ga mau makan..sampai saya sediakan makanan kesukaan dy tapi tetap ga mau makan…
    saya bikinkan susu juga ga mau mnum…saya sedih takut kucing tambah sakit…
    awal nx dy batuk” kaya nx sakit tenggorokan trus muntah lendir..

    • ika 03/02/2012 at 18:45

      Bawa ke drh segera!
      Lagi musim virus, takutnya distemper…. Apalagi muntah lendir

  • meybey 03/01/2012 at 15:34

    mohon sarannya donk…kucing saya neh lagi gak mau makan dan minum, badannya lemas dan muntah-muntah juga..dia lebih banyak tidur dan gak mau diajak maen lagi..

  • Farrah 02/10/2011 at 12:13

    pertanyaan keduakku, kucingku emang udh banyak minm, tapi nafsu makannya kadang turun drastis kadang naik, hari 1-3 dia makan 1/4 porsinya, hari 4-5 dia minta makan sampai banyaaaaaak banget, duitku habis buat beli ikan -_-” gmn????

    • Ika 02/10/2011 at 15:09

      Hehehehe… seneng dong klo kucingnya mulai suka makan yaaaa…. Ya kalau memelihara binatang, apapun binatangnya, memang harus bertanggungjawab ya.. termasuk dalam memberi makan… :). Makanan kucing memang ikan, tapi jangan ikan asin yaaaaa… bulunya bisa rontok loh.. Kalau ada uang, mungkin bisa dibelikan makanan khusus kucing yg kering.. lebih sehat (utk kucing) dan lebih awet loh.. Jadi uang sakumu ga sering habis… πŸ˜€

  • Farrah 23/09/2011 at 11:48

    kucingku sering muntah-muntah, warna muntahanya kuning-kuning, kata kakakku itu muntah bulu. kata mama itu muntah kracunan. q takut bgt, dia seriiiing bgt minum air banyak-banyak, pas itu q nangis-nangis…. trus d tv, katanya obat manusya blh bwt obat kucing, betul ga???

    • Ika 24/09/2011 at 13:09

      Dear Farrah,
      Kucingnya masih lincah? mau makan? Kalau masih keduanya, berarti kata kakak kamu ada benarnya… muntah bulu. Kalau keracunan, biasanya berbusa2. Kalau kucingnya ga mau minum, Farrah boleh kuatir deh.. Kucing klo sakit suka susah minum apalagi makan.. makanya harus dikasih minum terus (disuapin). Oiya, obat manusia ga boleh utk kucing yaaaa… Lebih baik bawa ke dokter hewan yaaa

  • nurkhasina 16/08/2011 at 09:38

    met siang….. kucing aku dah 3 hari skit, trus tiap hari’y aku ksih susu sma air putih hangat dminum cm sdikit, aku tkut bgt klo kucing ku mati,gmn yah spy cpt smbuh??? klo cm dksih air putih/susu kuat ga yah brthan n sht kembali, thx

    • Ika 02/09/2011 at 09:02

      Aduh, maaf banget baru baca komen in… Kucing sakit harus dijaga asupan nutrisinya, tapi bukan dari makanan manusia ya… Dijaga juga supaya tidak dehidrasi dengan memberikan air minum (air putih) sesering mungkin. Memang tdak bisa langsung banyak, tapi harus sedikit2 dan sering. Oiya, sebaiknya jangan diberi susu sapi ya, takut jadi diare. Di pet shop ada “makanan” utk kucing ga mau makan, bentuknya seperti salep, coba aja cari deh.. Trus berikan dgn cara disuapi. Semoga kucingnya sembuh ya

  • adhitya christiawan nurprasetyo [dit] 03/08/2011 at 23:20

    aer kasih garem dikit.
    beli vitaminnya juga yang jelly,
    jadi nda susah makannya.

    kalo dah males maem harus dokter itu,
    bisa juga karena luka di mulut,
    jadi males maem.

  • erna 31/07/2011 at 15:51

    tolong kasih solusi:
    kucingku kemaren habis tertabrak motor,n’ kakinya luka parah banget,tp kejadian tu udh 1 minggu yg lalu.
    dan sekarang dia g mau makan dan minum,
    gmn solusinya,saya takut terjadi apa2 sm dia…

    trimakasih….

  • melissa 05/07/2011 at 22:15

    dehidrasi kenapa y? kucing saya setelah muntah yang dia mau minum air putih matang aja, tapi saya liat dia lemas, apa karena tidak biasa sama kandangnya?

    • Ika 08/07/2011 at 14:07

      Dehidrasi karena kekurangan cairan. Coba cek ke dokter hewan deh, cacingan juga bisa menyebabkan kucing muntah dan lemas lho. Kandang mestinya tidak jadi masalah ya…

  • melissa 05/07/2011 at 20:58

    kucing saya ditaruh dikandang, sudah 2 hari. Setelah itu makannya sedikit trs muntah, badannya lemes bgt, kenapa y trus bagaimana mengatasinya?

    • Ika 05/07/2011 at 21:38

      Bawa ke dokter hewan mbak.. takutnya udah dehidrasi.. Duh.. semoga cepat sehat ya.. Kalau utk sementara (krn udah malam) ga bisa dibawa ke vet, coba disuapi pake pipet deh.. Makanan kucing yg dilembekkan, jgn lupa air bening matang

  • nay 20/05/2011 at 17:43

    kucing aku sakit…
    ga mau makan sm sekali?
    harus gmn???

    • Ika 23/05/2011 at 23:24

      Kucingnya masih ga mau makan? Udah dicoba disuapin? atau diberi minum air bening matang pake pipet? Yang penting itu menjaga supaya kucing ga dehidrasi… Beri makan sedikit2 tapi sering yaa.. kalau masih ga mau makan besok, bawa ke dokter yaaaaa

      • chuuiizu 30/06/2012 at 10:01

        miciiii kk
        kucing qu g” mau makan
        g’ mau besuara, mengigil truz mulutnya macem panas dalam gitu !!
        gmn ya kk cara mengatasinya ??

Leave a Comment