Ochan si jago karate

Ochan si jago karate

Kenalkan nama kucing yang sedang santai ini, Ochan. Ochan ini kucing jantan yang dimiliki oleh Adhit. Klik aja link Adhit kalau pengen kenalan dengan yang punya kucing yaaa... :) Ochan ini dibawa pulang papa Adhit ke rumah, setelah selama beberapa hari mampir ke kantor tempat papa Adhit bekerja. Akhirnya papa Adhit ngajak Ochan pulang. Di rumah, Ochan ini bikin Adhit puyeng karena hobi "karatenya". Udah dua jok motor robek-robek dikarate si Ochan :D (dhit, dhit, sediakan tempat nyakar-nyakar donk buat kucingmu -red). Selain karate, Ochan juga hobi keluyuran maen ke rumah tetangga dan tiduran di atas genteng rumah. Kalau sudah…
Read More
In Memoriam : Ginger

In Memoriam : Ginger

Ginger ini bukan nama rempah-rempah, tetapi nama salah satu kucing peliharaan yang paling dicintai keluarga kami. Dia adalah kucing kampung biasa dengan tubuh yang sangat besar dan karakter yang agak sulit dikendalikan. Hobinya adalah mencari kucing jantan lain sebagai musuh dan mengadu kekuatan dan entah kebetulan atau tidak, Ginger selalu memiliki musuh-musuh 'reguler' yang sengaja datang ke rumah untuk ikut meminta makanan dari kami dan berkelahi dengannya. Kami sangat mencintai si pemarah ini, walaupun harus sering-sering mencuci tirai yang (maaf) dikencinginya apabila ia marah karena dikurung di dalam ruang tamu supaya tidak berkelahi. Di balik sifat keras kepala dan pemberang…
Read More
In Memoriam: Miyake Aizizawa

In Memoriam: Miyake Aizizawa

Miyake Aizizawa adalah seekor kucing jawa yang jenis kelaminnya diragukan. Namun dari 4 saudaranya hanya dia yang selamat dan sempat diberi nama. Banyak hal berkesan darinya, mulai dari masuk ke toilet, sampai tidur terlentang. Salah satu yang saya tidak bisa lupa adalah ketika dia masuk ke toilet ketika saya buang hajat, dan lucunya, dia juga ikut buang hajat. Sebelum dia meninggal, dia pernah menunjukkan gejala distemper, kami sudah berusaha menyembuhkannya. Namun sekarang dia sudah dikubur di depan rumah kami, bertemu dengan saudara saudaranya. Terima kasih miyake, youmade our life so colourfull! Kucing milik Achmad Anshori 6 Januari 2014
Read More
Oreo si tangguh yang mengalahkan dewa kematian

Oreo si tangguh yang mengalahkan dewa kematian

Perkenalkan saya Rasya, saya mempunyai kucing persian jantan. Oreo nama kucing saya. Saya mengadopsinya sejak umur 5 bulan. Oreo terlahir secara normal seperti layaknya kucing lainnya. Oreo termasuk kucing yang aktif namun penurut, ia jarang kelayapan seperti kebanyakan kucing lainnya. Seluruh keluarga saya sangat menyayangi Oreo. Namun ketika Oreo berumur sekitar satu tahunan kejadian tak terduga menimpanya. Pada suatu siang, Oreo terlindas mobil yang saya kendarai. Karena pada siang hari itu saya terburu-buru untuk mencuci mobil, tanpa sengaja saya melindas Oreo yang kebetulan pada siang hari itu sedang tiduran di bawah mobil. Pada saat saya melindasnya, saya tidak mengetahui kejadian…
Read More
Volcom, Si Jantan yang Manja

Volcom, Si Jantan yang Manja

"VOLCOM" adalah nama kucing jantanku yang warnanya hitam belang campur putih .. Awalnya pada tahun 2012 yang lalu sekitar bulan September, aku melihat tetanggaku dengan kasarnya menenteng 2 ekor kucing kecil yang gemuk dan lucu. Aku tanya mau dikemanakan 2 ekor kucing kecil itu. Tetanggaku pun menjawab mau dibuang di sungai. Betapa kagetnya aku, dan tanpa berpikir aku langsung minta salah satu kucing itu. Tapi mataku hanya tertuju pada satu kucing yang ekornya pokol (mungkin sejak lahir). Lalu aku ambil dan aku rawat. Aku memberi makan Volcom sama dengan jam makanku. Setiap aku habis makan, Volcom kuberi makan juga. Tidak…
Read More

In Memoriam : Empus

Saya punya kucing, namanya Empus (gak ada nama lain sih!). Empus ini saya pungut dari tempat sampah. Waktu itu umurnya 1,5 bulan. Empus punya banyak sekali kekurangan dibanding kucing kampung lainnya, apalagi kucing ras. Matanya belekan dan hampir buta, bulunya transparan dan rontok, kaki belakangnya juga bengkok. Walaupun Empus kucing yang jelek, saya tetap menyayanginya. Saya bersama Empus hanya 1 bulan pada saat bulan Ramadhan. Sehari sebelum Empus meninggalkan saya, saya dibelikan seekor kucing persia yang lucu dan imut-imut oleh ayah saya yang saya beri nama Rocky (sampai saat ini Rocky masih menemani saya). Saya lalu dimarahi oleh ayah dan…
Read More
In Memoriam: Push

In Memoriam: Push

Pertengahan tahun 2013, saya merasa iba dengan kucing yang terlihat kelaparan di depan rumah. Saat itu ada luka di hidungnya dan di atas kepalanya, kemungkinan karena ribut dengan kucing lain. Hampir tiap hari ia dengan wajah yang melas, meminta makan. Karena kasihan, akhirnya saya dan adik memutuskan untuk merawatnya. Dia diberi nama Push. Pada awalnya, agak sulit merawat Push. Dia suka poop dibawah kompor atau tangga. Walau akhirnya bisa diajari untuk poop diluar. Dia juga suka tidur di atas meja makan. Push sangat setia, setiap saya pulang. Sebelum motor masuk ke rumah pasti dari belakang ada yang mengeong minta ikut…
Read More
Kumis den Bagus

Kumis den Bagus

Den Bagus, adalah tulisan di salah satu kandang yang ada di klinik hewan, tempat Kati Peri dirawat. Cerewet, setiap kali ada orang masuk ke ruang perawatan. Kecil, mungil, tidak berarti sebanding dengan kekuatan suaranya. Rengekannya membuat anak saya merengek agar si Den Bagus dibawa pulang, bersama-sama dengan Kati Peri. Sesampainya di rumah, mulailah debat untuk menetapkan namanya. Suami berkeras diberi nama Foke. Anak saya ingin memberinya nama yang trendi. Akhirnya, pilihan saya yang tetap dipakai sampai sekarang; Koumish, menggantikan Den Bagus :D
Read More
In Memoriam: Batman dan Robin

In Memoriam: Batman dan Robin

Nama saya Tita Yulianti, saya mau share ttg Kucing saya namanya Batman. Sebetulnya saya punya 2 Kucing berwarna putih Mix Persia – Anggora yang sy beli dari peternak kucing (Bukan Pet Shop), sekitar hampir 1 bulan setelah saya beli kucing, saya berkunjung ke Petshop untuk beli Makanan dan memandikan kucing saya. Tiba2 di dalam pet shop ada pengunjung lain yang nampaknya sudah sangat akrab dengan pegawai petshop namanya mbak Sarah, dia heboh banget waktu liat kucing saya, dia bilang lucu banget, kemudian dia nawarin untuk kasih kucing yang dia bawa sebanyak 5 ekor, kucing yang dia bawa bagus dan macam-macam.…
Read More
In Memoriam : Maharani

In Memoriam : Maharani

Maharani saya pungut dari parit dekat sekolah saya. Saya kasihan melihat kucing kecil kurus berbulu kuning yang berlepotan lumpur itu mengeong-ngeong lemah. Dengan dibungkus kertas dari buku tulis yang saya robek, saya bawa Maharani pulang. Sampai di rumah, ibu saya berteriak-teriak marah karena saya bawa kucing kampung kotor ke rumah. Tanpa bisa menjelaskan apa-apa ke ibu, saya bawa Maharani ke kamar mandi belakang untuk dibersihkan. Karena lemahnya, Maharani sama sekali diam saja sewaktu saya bersihkan. Bahkan sewaktu saya sikat kotoran di badannya dengan sikat gigi bekas, Maharani tetap tidak bereaksi. Setelah bersih, saya coba untuk memberi makan. Saya buatkan susu,…
Read More
Cha Bong Gun, rajin menjaga adiknya

Cha Bong Gun, rajin menjaga adiknya

Rani Elisabeth mengirimkan kepada kami, foto dan cerita Cha Bong Gun, kucing kesayangannya yang kini sudah tiada (-Red) Hai, saya sangat suka membaca blog anda. Saya juga pecinta kucing dan saya betul-betul menyukai cerita yang ada di blog anda. Karena blog anda juga menerima cerita dari pembaca, saya jadi ingin berbagi cerita tentang kucing saya. Ini adalah anak kucing jantan, saya namakan Cha Bong Gun. Waktu itu keluarga saya sedang demam drama korea dan nama itu diambil dari tokoh utama pemain bola di drama itu. Saya namakan itu karena dia sukaaaaaaaaaa sekali main bola kertas yang saya buat. Cha Bong…
Read More
Ipem si Kucing yang Mandiri

Ipem si Kucing yang Mandiri

Baru sebulan yang lalu saya dan suami mengadopsi Ipem (betina usia 4 bulan) berkat salah satu situs perbelanjaan ternama di Indonesia. Dari sekian banyak iklan yang menawarkan banyak kucing lucu, kami melihat salah satu iklan yang membuat kami lumayan cukup terkejut karena harga yang terpampang cukup murah sekali untuk sekelas kucing peranakan persia-kampung, 50.000 rupiah. Mungkin hal inilah yang membuat kami sangat tertarik untuk mengadopsi Ipem karena si pemilik sebelumnya hanya menginginkan kasih sayang untuk kucingnya kelak bukan untuk keuntungan semata. Awalnya, saya cukup berat untuk memelihara kucing lagi karena sebelum saya menikah, saya sempat memiliki kucing peranakan persia-kampung (jantan)…
Read More
In Memoriam : Beautiful

In Memoriam : Beautiful

Pada 3 September 2010, kucing saya yang bernama Silvi melahirkan 4 ekor kucing, 1 jantan dan 3 betina. Salah satunya bernama Beautiful, yang berkelamin betina. 1 bulan kemudian, 2 ekor kucing betina telah wafat. Yang tersisa hanyalah Beautiful dan kucing jantan bernama Riko. Kedua kucing ini bersahabat satu sama lain. Pada bulan Februari 2011,datanglah kucing kuning yang bernama Miki. Kucing saya jadi 3 ekor. Mereka bertiga sangat akrab. Tidur pun bersama-sama di kursi tamu lama yang diletakkan di luar. Sampai beberapa saat akhirnya Beautiful wafat. Kejadiannya pada tanggal 12 Mei 2011, jam 17:55. Saat itu, Beautiful menyeberang jalan. Kemudian Beautiful…
Read More
Tom, si kucing cerdas

Tom, si kucing cerdas

Tulisan ini kiriman Arin Karina yang kehilangan kucing kesayangannya, Tom pada tanggal 22 Januari 2013 (-red) Hari ini January 22, 2013 aku harus kehilangan kucing kesayangan yang berumur 2 tahun 8 bulan. Entah apa yang menjadi penyebabnya. Dua hari setelah dia bermain keluar, dia langsung jatuh sakit. Tidak nafsu makan, bahkan tidak ingin minum sama sekali. Aku dan ibuku memaksanya untuk makan tapi apa yang masuk ke dalam perutnya pasti keluar lagi. Dia muntah-muntah. Tanggal 21 Januari malam dia buang air besar bercampur darah. Dari telinganya pun keluar darah. Badannya panas tinggi. Kami sudah memberinya obat. Aku peluk dia, biasanya…
Read More
Guna Cakar Pada Kucing

Guna Cakar Pada Kucing

Kucing memiliki caranya sendiri untuk melindungi kuku atau cakarnya dari kerusakan, yaitu dengan menyembunyikan kukunya di bawah bulu-bulu tubuhnya. Mereka menggunakan mekanisme yang sama untuk membentangkan jari kaki dan untuk membantu mereka agar tetap dapat berjalan pada kondisi jalan yang licin atau permukaan yang licin maupun pada saat mereka sedang berkelahi atau menajamkan cakar atau kuku-kukunya tersebut. Kucing dapat pula menggunakan cakar kaki depannya untuk berpegangan pada benda, dan cakar kaki depan ini bersifat serbaguna meskipun tidak sekuat cakar pada kaki belakangnya.Adapun hal yang harus Anda lakukan adalah secara regular memeriksa apakah cakar atau kuku kucing Anda perlu dipotong atau…
Read More
Cara Memandikan Kucing Yang Sedang Sakit

Cara Memandikan Kucing Yang Sedang Sakit

Jadi sebenarnya bolehkah memandikan kucing yang sedang sakit? Memandikan kucing dengan tujuan pengobatan biasanya dilakukan ketika kucing terserang penyakit jamur, tungau atau kutu. Kecuali kucing kamu memang terlihat sedang sakit parah, maka sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Memandikan kucing untuk pengobatan tidak jauh berbeda dengan saat memandikannya secara biasa. Karena sebenarnya kucing bisa membersihkan dirinya sendiri. Tapi ada kalanya kamu perlu memandikan kucing kesayanganmu terutama kalau dia habis jalan-jalan keluar rumah karena bisa saja dia tertular atau terkontaminasi jamur, tungau atau kutu. Berikut hal-hal yang mesti diperhatikan saat kita memandikan kucing yang terserang jamur, tungau atau kutu: Cara Memandikan Kucing…
Read More
Perilaku Kucing Yang Unik

Perilaku Kucing Yang Unik

Nah di bawah ini ada kumpulan perilaku kucing yang unik. Mungkin buat pencinta kucing yang sudah lama memelihara kucing pernah mengalami sebagian dari perilaku kucing di bawah ini. Silakan ditambahkan di komentar kalau ada pengalaman lainnya dari pembaca sekalian: Kalau digosok-gosok lehernya, atau sekitar telinga, maka kucing akan jinak dan keenakan. Lama-lama ia akan tertidur. Tapi kalau digosok-gosok pangkal ekornya, ia akan marah. Kucing akan tetap kuat (hidup) tidak makan sekitar 1 minggu (please please tapi jangan dicoba untuk tidak memberi makan kucing kalian selama seminggu yaa!) Kucing yang mau mati karena usia, ia akan meninggalkan rumah dan mengasingkan diri.…
Read More
Tips Traveling dengan Kucing

Tips Traveling dengan Kucing

Sebaiknya anda mulai membiasakan kucing anda melakukan perjalanan dengan anda. Tidak perlu yang jauh-jauh, karena sekedar membawa kucing anda ke dokter saja pun sebenarnya sudah merupakan satu pelajaran perjalanan untuk kucing anda. Ketika anda melakukan perjalanan dengan kucing anda, baik dengan kendaraan umum atau dengan mobil pribadi, maka tas untuk membawa kucing (cat carrier) adalah alat penting yang harus anda miliki. Perkenalkan kucing anda dengan cat carrier saat kucing masih kecil dan biasakan kucing masuk dan keluar dari cat carrier. Jika kucing terlihat gelisah ketika berada di dalam carrier, cobalah untuk menenangkan kucing anda tetapi jangan biarkan kucing keluar dari…
Read More
Apa Arti Sikap Duduk Kucing Kamu?

Apa Arti Sikap Duduk Kucing Kamu?

Bahasa tubuh kucing seperti yang diperlihatkan melalui postur tubuh atau sikap tubuhnya merupakan suatu subyek yang sangat menarik untuk diteliti dan dipelajari. Secara umum, kita akan mencoba untuk menginterpretasikan perasaan serta kebutuhan-kebutuhan kucing kita. Salah satu tanda termudah untuk mengenali hal seperti ini adalah dengan cara mengamati sikap tubuh seekor kucing yang sedang merasa nyaman atau gembira, yaitu yang ditandai dengan sikap tubuhnya yang rileks dan mata yang setengah terpejam. Adapun sikap tubuh atau sikap duduk seekor kucing yang sedang rileks ini adalah bahwa kucing tersebut akan membaringkan tubuhnya ke lantai, kemudian ia perlahan-lahan akan mengulur dan setelah itu menarik…
Read More
Tips Menggosok Gigi Kucing

Tips Menggosok Gigi Kucing

Walau sebenarnya kucing secara alami telah memiliki caranya sendiri dalam membersihkan giginya, namun terkadang anda perlu membantu kucing anda untuk membersihkan giginya. Berikut adalah tips singkat bila anda harus menggosok gigi kucing anda: 1. Pilih waktu & tempat yang tepat. Cari waktu & tempat rutin dimana anda dan kucing merasa tenang dan nyaman untuk melakukan ritual pembersihan gigi. 2. Siapkan alat & bahan. Yang paling penting adalah pasta gigi/gel yang digunakan untuk membersihkan gigi. Pasta gigi/gel ini bisa didapat di petshop. Cari yang tidak pedas/rasa mint yang tidak berlebihan dan aman bila ditelan. Lebih baik lagi pasta gigi dengan rasa…
Read More
Mengatasi Kucing yang Suka Mencakar Di Sembarang Tempat

Mengatasi Kucing yang Suka Mencakar Di Sembarang Tempat

Kucing selalu meninggalkan bekas cakaran untuk menandai daerah kekuasaan, mempertajam kukunya dan meregangkan otot mereka. Namun apa jadinya jika kucing-kucing kesayangan Anda merusak perabotan rumah? Yang Anda perlukan adalah mengalihkan perhatian mereka dan jangan lalai memberi makan juga mainan untuk memberikan ia sedikit kesibukan. Simak tips berikut ini untuk mengatasi hobi mencakar kucing kesayangan anda : 1. Berikan tempat khusus mencakar untuknya dan letakkan di lokasi di mana kucing Anda suka bersantai. Misalkan tempat yang tepat selalu terkena cahaya matahari dari jendela. 2. Bereksperimen dengan beberapa model tempat mencakar untuk menemukan selera kucing anda. Tanamkan dalam pikiran bahwa tiap kucing…
Read More
Casper si Kucing Penumpang Bus Kota Yang Kisahnya Dibukukan

Casper si Kucing Penumpang Bus Kota Yang Kisahnya Dibukukan

Casper adalah kucing milik Susan Finden yang selama 4 tahun ia setiap hari naik bus kota rute 3 di Plymouth, Inggris. Casper selalu naik bus dari halte di depan rumahnya dan ia ikut antri bersama penumpang lainnya. Casper akan turut serta di dalam bus sampai terminal terakhir. Dari terminal itu ia akan naik bus lagi untuk kembali lagi ke depan halte rumahnya. Casper diadopsi oleh Susan tahun 2002 dan tewas akibat tabrak lari pada tanggal 14 Januari 2010 pada usia 13 tahun. Setelah kematiannya, kisah perjalanan Casper setiap hari naik bus kota ini oleh pemiliknya Sue Finden dan dibantu oleh…
Read More
Karim Kucing Yang Menempuh 3200 km Demi Menemukan Pemiliknya

Karim Kucing Yang Menempuh 3200 km Demi Menemukan Pemiliknya

Walau saya sangat menyukai kucing, namun ibu saya tidak terlalu menyukai kucing. Namun karena memahami bahwa saya suka kucing, maka kompromi yang dilakukan ibu saya adalah membolehkan saya memelihara kucing dengan syarat kucing tersebut tidak boleh masuk ke dalam rumah. Sampai akhirnya ada kucing saya yang sering sekali masuk ke dalam rumah dan membuat ibu saya berang. Akhirnya kucing itu disuruh buang jauh dari rumah. Kucing pun dibuang ke kota lain kira-kira 80 km dari rumah saya. Dan ternyata kucing tersebut dalam 3 bulan berhasil muncul di halaman rumah saya dalam kondisi kotor dan kurus. Itu pun sudah membuat saya…
Read More
Cegah Alergi Pada Anak Dengan Memiliki Hewan Peliharaan

Cegah Alergi Pada Anak Dengan Memiliki Hewan Peliharaan

Salah satu jenis alergi yang cukup banyak dialami oleh anak-anak hingga dewasa adalah alergi pada kucing. Alergi pada kucing biasanya paling umum disebabkan oleh protein dalam bentuk serpihan kulit kucing, bulu-bulu kucing dan air liur yang mempengaruhi sekitar 40% penderita asma. Alergi pada kucing atau hewan lain biasanya akan dirasakan oleh penderitanya dengan gejala-gejala seperti bersin-bersin saat dekat dengan kucing, juga bisa berupa mata yang terasa gatal dan ruam kulit. Alergi sendiri adalah respons sistem imun tubuh terhadap zat yang disebut sebagai alergen. Untuk orang yang tidak memiliki alergi, sistem imun tubuhnya tidak bereaksi terhadap alergen. Tapi untuk orang yang…
Read More
Cara Kucing Minum Dengan Lidahnya

Cara Kucing Minum Dengan Lidahnya

Pernahkah kamu memperhatikan cara kucing minum? Yup! Dengan menggunakan lidahnya. Gerakan lidah kucing ketika "mengambil" air atau susu sangat cepat sehingga tak dapat diikuti oleh pandangan manusia, akan tetapi di saat yang bersamaan, gerakan itu juga anggun, Kucing termasuk di antara banyak spesies yang, tak seperti manusia, tak dapat menutup mulut dan menyedot. Para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Princenton University merekam kegiatan minum kucing ini dengan bantuan video berkecepatan tinggi. Dan hasil yang didapat adalah bahwa kucing rumahan dan kucing liar seperti halnya harimau, menyeimbangkan daya tarik bumi dan kelembaman saat mereka menyedot cairan. Awalnya, berdasarkan…
Read More
Pelihara Kucing Jauhkan Sakit Jantung

Pelihara Kucing Jauhkan Sakit Jantung

PEMILIK kucing sudah lama mengklaim bahwa binatang kesayangan satu ini baik untuk kesehatan. Dan klaim ini dibenarkan oleh studi-studi ilmiah. Pada faktanya, hasilnya sangat dramatis. Studi menunjukkan, orang-orang yang memiliki kucing sebagai binatang kesayangan berisiko 40 persen lebih kecil meninggal akibat serangan jantung dan berisiko 30 persen lebih kecil menderita penyakit jantung. Apa rahasianya? Menurut peneliti, perbaikan kesehatan jantung dipicu oleh aktivitas duduk dan bercengkerama dengan kucing. Aktivitas ini terbukti bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres. Selain baik untuk jantung, pemilik kucing juga memiliki angka kejadian kanker lebih rendah. Pemilik kucing, menurut peneliti, lebih banyak terpapar alergen. Karena itu,…
Read More
Apa Saja Hal Yang Perlu Dihindari Pemilik Kucing

Apa Saja Hal Yang Perlu Dihindari Pemilik Kucing

Memelihara kucing kelihatannya mudah, akan tetapi ada beberapa hal penting yang mungkin perlu diketahui atau dihindari oleh para pemelihara kucing: 1. Sebaiknya hindari pemberian susu bubuk atau cream pada kucing. Di dalam susu atau cream kemungkinan terdapat kandungan gula yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh seekor kucing. Gula yang tidak dibutuhkan tersebut dapat menyebabkan kucing mengalami gangguan pencernaan seperti diare. 2. Pada umur 6 bulan, seekor kucing dapat dikategorikan sebagai kucing dewasa meski sebenarnya masih bisa bertumbuh sampai umur satu tahun. Oleh karena cukup pendeknya masa pertumbuhan pada kucing, sebaiknya diberikan makanan yang baik pada saat kucing masih dalam masa pertumbuhan. Anak…
Read More
Persiapan Awal Memelihara Kucing

Persiapan Awal Memelihara Kucing

Saat kita akan memelihara kucing sebagai teman kita, hendaknya perlu melakukan beberapa tahap persiapan, diantaranya adalah: 1. Sebaiknya pilihlah kucing yang kita tahu asal usulnya agar kita tau tentang bagaimana kesehatan si kucing ini. Jika kucing yang kita peroleh dari pasar hewan atau petshop hendaknya lakukan pemeriksaan kesehatan si kucing ke dokter hewan. Kalau pun anda memungut anak kucing di jalanan, sebaiknya segera periksakan kesehatan anak kucing tersebut agar bila diketahui ada gangguan kesehatan, bisa segera ditangani. 2. Siapkan kandang sejak pertama kali si kucing datang ke tempat anda karena terkadang kucing yang baru saja pindah ke tempat baru akan…
Read More
Tanda-tanda Kucing yang Lebih Berisiko menyebabkan Alergi ke Manusia

Tanda-tanda Kucing yang Lebih Berisiko menyebabkan Alergi ke Manusia

Kucing adalah salah satu hewan yang dicintai tapi juga ditakuti karena kucing penyebab paling umum dari alergi. Diperkirakan jumlah orang yang memiliki alergi kucing lebih besar dibandingkan dengan alergi anjing. Kucing merupakan salah satu binatang yang menggemaskan, namun tidak halnya bagi orang yang memiliki alergi. Sebuah studi menuturkan bahwa alergi terhadap kucing ternyata dipengaruhi oleh warna bulu kucing itu sendiri. Selama ini diketahui bahwa sumber dari alergi adalah protein yang ditemukan pada bulu kucing, urin serta air liurnya, sehingga membuat semua jenis kucing bisa menyebabkan alergi. Dikutip dari NYTimes, Senin (30/8/2010) beberapa ilmuwan menduga bahwa warna dari bulu kucing juga…
Read More
Kelebihan-Kelebihan Kucing Dibanding Hewan Lainnya

Kelebihan-Kelebihan Kucing Dibanding Hewan Lainnya

Kucing memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh hewan lainnya. Salah satunya adalah kemampuannya untuk melihat dengan baik dalam keadaan terang dan gelap. Bahkan kemampuan kucing melihat dalam gelap jauh melebihi manusia. Sebelum menjadi binatang peliharaan di rumah, kucing termasuk binatang liar. Di alam aslinya, kucing berburu pada malam hari sehingga membutuhkan kemampuan untuk melihat dengan baik dalam kondisi gelap. Namun kucing pun bisa juga berburu di siang hari. Unik kan? 1. Penglihatan kucing dalam suasana gelap Kemampuan itu dimiliki kucing karena di bagian belakang mata kucing ada tapetum lucidum. Organ yang mirip cermin ini dapat memantulkan cahaya yang membantu…
Read More
Panduan Makan & Minum untuk Kucing

Panduan Makan & Minum untuk Kucing

Berikut adalah panduan memberikan makanan dan minuman untuk kucing peliharaan Anda. 1. Makanan yang diberikan kepada kucing sebaiknya merupakan makanan yang khusus diperuntukkan untuk kucing, yang dapat diperoleh dari petshop atau membuat sendiri. Pemilihan makanan yang khusus ini penting agar tersedianya kecukupan nutrisi yang sangat dibutuhkan kucing. 2. Kucing dapat diberikan makanan berupa ikan ataupun daging. Pemberian daging (khususnya daging sapi) adalah penting untuk kesehatan kucing, terutama terhadap pertumbuhan bulu. 3. Bentuk makanan yang diberikan dapat dalam bentuk basah (kalengan) atau padat, dan dapat dilakukan variasi bentuk makanan. Bentuk makanan yang padat memiliki keuntungan lebih daripada bentuk makanan yang basah,…
Read More
Memberi Makan Kucing Yang Sedang Sakit

Memberi Makan Kucing Yang Sedang Sakit

Kucing yang sedang sakit membutuhkan energi ekstra serta ketersediaan zat-zat makanan yang diperlukan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta meningkatkan daya tahan tubuh untuk memerangi penyakit. Akan tetapi pada saat sedang sakit, kebanyakan kucing tidak mau makan sehingga dapat memperburuk kondisi kesehatannya. Kucing kehilangan nafsu makan bisa dikarenakan oleh beberapa sebab seperti mengalami stress akibat perubahan lingkungan atau pun sedang sakit. Ikuti beberapa tips berikut ini yang dapat dicoba untuk mengatasi kucing yang kehilangan nafsu makan: Hal yang paling mudah dilakukan yaitu mencoba untuk memberikan makanan yang biasanya paling disukai oleh kucing tersebut. Makanan yang disukai biasanya dapat membantu…
Read More
Tips Hindari Toksoplasmosis

Tips Hindari Toksoplasmosis

Toksoplasmosis atau toxoplasma adalah infeksi yang diakibatkan oleh sejenis parasit toksoplasmogondii yang biasa terdapat pada bulu kucing. Parasit ini dapat menginfeksi kandungan, jika Ibu hamil mengkonsumsi daging setengah matang, buah-buahan atau sayuran yang tercemar tinja kucing yang mengandung oosit. Selain melalui kandungan, virus ini dapat menular lewat transfusi darah dan transplantasi organ. Karena itu, begitu Anda positif hamil sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, apakah tubuh Anda telah memiliki kekebalan terha-dap toksoplasmosis. Semakin awal toksoplasmosis menyerang kehamilan Anda, semakin besar dampak yang ditimbulkan pada janin Anda. Sebagai gambaran, parasit tersebut menginfeksi ibu hamil pada trimester I kehamilannya, maka kemungkinan janin…
Read More
Untuk Apa Kucing Makan Rumput

Untuk Apa Kucing Makan Rumput

Banyak sekali kucing yang memakan rumput kasar dalam jumlah yang sedikit secara teratur, yang tidak lain bertujuan untuk merangsang mereka memuntahkan kembali makanan yang telah dicerna. Biasanya, rumput yang dimakan oleh kucing tersebut akan dimuntahkan kembali dengan sangat cepat dan muntah tersebut ditutupi atau diselubungi oleh air liur kucing tersebut yang berbusa serta lengket. Sebenarnya untuk apa kucing makan rumput ya? Adapun dalam menghadapi fenomena seperti ini, banyak dokter hewan yang berpikir dan menduga bahwa tujuan seekor kucing memakan rumput mentah tidak lain adalah untuk mengurangi kelebihan sari makanan hasil proses pencernaan, yang tersimpan dalam perut kucing. Tetapi, kebiasaan kucing…
Read More
Fakta Unik tentang Kucing Kamu

Fakta Unik tentang Kucing Kamu

Kamu pelihara kucing di rumah? Mungkin kamu sudah tahu beberapa fakta unik berikut tentang kucing kamu. Yuk cek ada berapa banyak yang kamu ketahui? Kucing adalah hewan paling populer di facebook, pinterest dan instagram. Well, well, ini gak heran sih mengingat kucing itu kalau difoto dengan benar, keliatan cute banget. Gak percaya? Coba aja cari dengan keyword "cat" atau "cute cat" atau "cute kitten" di 3 media sosial tersebut? Gak kuat deeehh lihat kucing-kucing yang super kiyuttt di situu ... Kucing sangat aktif bereproduksi. Kucing betina bisa melahirkan satu sampai dengan sembilan ekor anak kucing sekaligus. Dan dalam setahun rata-rata…
Read More
Tips Merawat Kucing Yang Sudah Tua

Tips Merawat Kucing Yang Sudah Tua

Kucing yang sudah tua, tentu kelincahan dan keriaannya sudah semakin berkurang. Anda juga harus semakin berhati-hati dalam merawatnya. Berikut adalah tips untuk merawat kucing anda yang sudah tua: 1. Berikan tempat tidur yang lebih layak untuk kucing tua anda. Anda bisa gunakan selimut sebagai alas tidur untuk kucing tua anda ini. 2. Kucing yang sudah tua biasanya tidak suka makan, karena mulai terjadi pembengkakan pada gusi dan gigi yang membusuk. Sebaiknya Anda hangatkan makanan sebelum dihidangkan. 3. Kucing semakin tua akan semakin sering tidur. Jangan terlampau memberi dia banyak makanan. Karena jika terlampau banyak makan dan tidur bisa membuat kegemukan.…
Read More
Melatih Kucing Mencakar Pada Tempatnya

Melatih Kucing Mencakar Pada Tempatnya

Menggaruk adalah perilaku alamiah kucing, jadi tidak mungkin mencegah kucing melakukannya. Yang harus kamu lakukan adalah melatihnya untuk menggaruk suatu benda yang tidak boleh digaruk mereka. Contohnya kamu bisa menggunakan ‘mainan garukan kucing’ atau yang sering disebut scratch post yang bisa didapatkan di petshop terdekat. Jika kesulitan menemukan petshop di sekitar rumahmu, petshop online di internet sudah banyak yang menjualnya. Atau yang paling mudah dengan mencari di google dengan kata kunci: ‘jual scratch post’, maka akan muncul banyak pilihan. Di bawah ini ada berbagai cara untuk melatih kucingmu untuk tidak menggaruk di sembarang tempat melainkan hanya di tempat yang memang…
Read More
Tips Membersihkan Kandang Kucing

Tips Membersihkan Kandang Kucing

Kebanyakan dari kita tidak memiliki kandang khusus untuk kucing. Kucing biasa kita lepas begitu saja di dalam rumah atau di halaman. Dan memang seharusnya kucing tidak dikurung di dalam kandang, karena pada dasarnya kucing adalah hewan yang jinak dan dapat dilatih untuk hidup sesuai aturan kita. Tapi beberapa orang menyediakan kandang untuk kucingnya. Kebanyakan alasan mereka kandang digunakan saat kucing memang tidak boleh berkeliaran di dalam ruangan, mungkin ketika ada acara di rumah atau ketika pintu rumah sedang dibuka, supaya kucingnya tidak kabur keluar rumah. Pengertian kandang di sini adalah kandang yang juga berfungsi sebagai cat litter atau tempat buang…
Read More
Mengapa Anak Kucing Gemar Bermain?

Mengapa Anak Kucing Gemar Bermain?

Ada banyak teori yang berusaha menguraikan sebab-sebab anak kucing dan induk kucing bermain. Salah satu alasan atau sebab mengapa anak kucing dan induk kucing gemar bermain tidak lain berkaitan erat dengan kegembiraan. Dalam jangka waktu yang cukup lama, banyak ahli atau ilmuwan yang berusaha keras untuk menjabarkan sebab atau alasan-alasan apa saja yang menyebabkan kecenderungan bermain berkembang pada perilaku anak kucing. Dan banyak di antara ahli tersebut meyakini bahwa anak-anak binatang bermain dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan koordinasi di antara mereka dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi kehidupan dewasa kelak. Misalnya, anak singa akan mengejar ekor mereka atau objek lainnya…
Read More
Cara Mencegah Kucing Merusak Tanaman Rumah

Cara Mencegah Kucing Merusak Tanaman Rumah

Banyak orang senang meletakkan tanaman rumah yang menambah keindahan rumah mereka. Akan tetapi apa yang terjadi ketika anak kucing menyerang dan memakan tanaman yang sangat anda banggakan tersebut? Suatu hari kita memiliki tanaman yang sangat sehat, hari berikutnya daun-daun tergantung robek dan yang dapat dilakukan hanya membuangnya ke tempat sampah. Pertama-tama, kita harus mencari tahu apa yang menyebabkan kucing menyerang tanaman. Terdapat dua alasan kucing makan tanaman. Yang pertama, tanaman hijau adalah bagian dari makanannya. Jika anak kucing anda belum diberi sayuran atau daun-daunan untuk dimakan, maka ia secara sederhana akan mengikuti instingnya untuk bertahan hidup. Dalam hal ini, pastikan…
Read More
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.