Tips Memandikan Kucing

Memandikan kucing

Ilustrasi – Kucing Mandi. Img:freeimages.com

Memandikan seekor kucing bukan pekerjaan yang mudah. Berbagai kesulitan dapat saja muncul pada saat kucing dimandikan.

Kesulitan yang banyak ditemui yaitu kucing berontak dan berusaha untuk melarikan diri saat dimandikan. Hal ini dikarenakan kucing merasa tidak nyaman atau ada hal-hal penting yang sebenarnya perlu anda hindari saat memandikannya.

Untuk mengatasinya, dapat Anda ikuti tips sebagai berikut:

  • Usahakan agar segala keperluan seperti handuk, shampoo, dan lain-lain berada dalam jangkauan tangan anda.
  • Usahakan agar suhu ruangan tidak terlalu dingin saat kucing dimandikan.
  • Sediakan air beberapa liter saja yang telah dicampur oleh beberapa sendok makan sari buah lemon. Air ini berguna untuk membilas tubuh kucing nanti.
  • Letakkan handuk sebagai alas kaki kucing saat dimandikan. Hal ini berguna agar kucing dapat berpijak dengan baik dan tidak licin. Karena itu kucing biasanya akan merasa lebih tenang dan sedikit mengurangi ketegangan yang mungkin dialaminya.
  • Gunakan air hangat untuk memandikannya.
  • Saat memandikan, apabila kucing akan berontak, cobalah untuk menenangkannya dengan belaian dan jangan membiarkannya untuk melarikan diri.
  • Jangan membasahi atau menyemprot wajah kucing atau bagian leher keatas.
  • Apabila wajah kucing harus dibersihkan, gunakan kain untuk mengelapnya.
  • Usahakan agar busa shampoo tidak mengenai mata atau masuk ke telinga kucing.
  • Bilaslah tubuh kucing dengan beberapa liter air yang telah dicampur dengan beberapa sendok sari buah lemon.
  • Karena bulu kucing menyerap banyak busa shampoo, usahakan untuk membilas tubuh kucing sampai benar-benar bersih.

Artikel ini sudah dibaca: 64793 kali.

106 Comments

  • putut 25/01/2014 at 22:24

    pengen bnget to kok ribetnya kyk gtu

  • Revina 17/09/2013 at 09:13

    kucingku diare baru 1 hari dan kalau dikasih obat diare untuk manusia tapi takarannya dikit, boleh gak ya?

  • rhara 19/05/2013 at 20:51

    halo mba….
    aku mw nax neachh. aku juga unya kucing… pernah sakit mencret2 tapi sekarang udah sembuh namun suaranya yang agak parau biasa juga tidak keluar suaranya,, ini udah satu bulan mba suaranya begitu…ada apa dengan suara kucingku..?? mohon bantuannya mba..!!
    makasih sebelumnya…

  • world-everywhere 08/05/2013 at 20:55

    Harus Teliti nih .

  • wahyu annisa 05/03/2013 at 21:38

    mbak , gimana tu kalo anak kucingnya jarang banget pup ??? harus di kasii apa ya ?
    mohon di balas , makasii

  • kiky 25/02/2013 at 12:25

    kak , aku mau nanya nih..
    kucingku umur 3bln , tp sbelum umur 3bln dy mencret2 , waktu aku bawa kdokter udh dkasih obat . tp tetep aja msh diare , sampek2 dokternya bingung . msalahnya kondisinya fit dan sehat2 aja kak..
    tp kucingku dlu sering aku mandiin , apa itu ya penyebabnya ?

  • Kiky 25/02/2013 at 09:35

    Permisi , aku mau nanya nih..
    Aku punya kucing persia , umurnya 3bln..
    Sbelum 3bln aku sering memandikan dy , jika udah kotor saya mandikan..
    Tp kucing saya langsung diare :'(
    waktu saya bawa ke dokter smpek dokternya heran , kondisi badany fit , sehat2 saja..
    Tp kok diare ya ? Pup’nya mencret . Apa karna itu sering dmandikan ?

    • andha 26/12/2013 at 18:10

      Maaf klo boleh tau sejak umur berapa kucingnya sudah mulai dimandikan

  • rifan 16/02/2013 at 21:18

    sayaa mau tanya saya kan gx punya
    blower untuk mengeringkannya
    trs di jemur itu tdk apa” kan

  • anis 28/01/2013 at 19:58

    mba aku punya kucing persia masih kecil,nah dia seneng banget main pasir \ tanah jadi kadang” kepalanya sering kotor aku kan belum pernah punya kucing terus gimana cara bersihin nya ???

  • prada 15/01/2013 at 16:39

    Mau tnya nih..aku kan pnya kucing persia. Nah aku coba manfin sendiri soalnya klo di petshop harganya mahal… tapi kok waktu habis mandi dia ngginggil hebat ya? Padahal udah pajr air hangat dan udah di hairdrayerjuga udaah kukeringin pakr handuk.. trus suaranya juga kok jadi srrak., teuus ku selumutin baru gak menggigil. Tapi kok suaranya tetep serak ya? Tolong kadih jawaban… makadh…

  • melfi 25/12/2012 at 16:38

    gi mana cara memandulkan si kucing??

  • rigita 13/12/2012 at 12:41

    makasi ya udh mau kasih tips cara memandikan kucing

  • 6j3n9 09/12/2012 at 15:08

    Waktu di mandiinnya ngeong-ngeong…

  • charice 31/10/2012 at 16:55

    hai..
    q punya kucing persia umur 3 bln..
    skrg dy kena penyakit kulit gatal”..
    pada bagian wajah,telinga dan tangan sampai ada luka akibat digaruk..
    obat apa yang sebaiknya diberikan..

    trims..

  • Ida 27/10/2012 at 08:00

    Mw tny kucingku jamuran trs sdh dibw ke dr.hewan dan diksh salep utk jamurnya tp kok ga sembuh” trs aku ksh betadine cair(dioleskan)jd kering,bahaya tdk ya.tq

  • mytha 13/10/2012 at 19:36

    hallo smw…
    ak mw cerita nih…
    2 minggu yg lalu… pamanku meninggal….
    beliau pux kucing kesayangan… semenjak kepergianx, kucing itu gak mw makan… terpaksa aku kasih dia susu,,, minumx pake sedotan…
    akhrnya kucing it jadi lemas…
    gmna cara nyembuhinya ya?
    mksh,,,

  • mytha 13/10/2012 at 19:28

    kucingku sebulan lalu di antar d t4 penampungan hewan… eh,,,, tau”x sebulan kemudian pus nya udah nongol d rmh….
    koq bisa ya? pdhl pus nya udah tua (7thn) gitu… dr aku sd soalnya…

  • lee donghae 07/10/2012 at 08:13

    waktu itu aku dapetin anak kucing d kost tanteku trus aku bawa dianya pulang trusss aku rawat hingga besar past umur satu tahun kucing tu kawin ma kucing tetangga akhirnya kucing tuu punya anak anaknya y ada 5 dan ku kasi nama cemong,fifi,roro,glery,ma garvilllll lucu kan sekian dulu y informasi yang laras kasi tau besok laras kasi tau lagi deh kalo ada pengalaman baru tentang kucing lagi bye-bye???

  • lee donghae 07/10/2012 at 08:05

    kenapa y kucing itu suka sekali main tali,aku heran dehhhhhhhhh??

  • indah 24/09/2012 at 16:37

    kucing saya baru ja saya rawat sekitar 3 mnggu.. trus da pigi kluar rumah tnpa sepengetahuan saya.. tu apa dya bsa balik lgi krmah atw gak ya ..?
    mkasih

  • dollar dari internet 09/09/2012 at 21:19

    saya biasa mandiin kucing, tp malah sering kena cakar dan kucingnya berontak..

    setau sy sih air liur kucing sudah ampuh buat membersihkan..
    sy pernah melihat kucing sy yg bedebu karena berkelahi.. ketika sy tinggal 15 menitan bulunya udah bersih kembali…

  • markonah 08/09/2012 at 14:48

    aku niatan ngadopsi persia sealpoint…
    kalau mo beli kandang mending kandang yg ukuran brp yaa?
    trimz πŸ™‚

    • fitri 07/10/2012 at 18:03

      yg besar..lbih baik,, cz yg ukuran sdang aja…cm bs nanpung t4 pup…n 1 bdan kucing..itupun klw buat kucing dewasa..g leluasa,,perkirakan aja…dgn tembahan utk naruh t4 pup..n t4 tidur dgn leluasanya..dia..

    • EditorKrafty 14/10/2012 at 20:59

      kalau kucingmu besar, kandangnya juga harus besar supaya kucingnya gak kesempitan …

  • Lilac 08/09/2012 at 14:44

    kalo kucing loe berkutu mah,cari aja kutunya,trus pites deh…kan mati….lol

  • Adhe 28/08/2012 at 16:57

    Hallo,, aqw juga penggemar kucing., aqw punya kucing anggora usianya baru 1bulan., dya punya kutu,, aqw kasihan liat dia sering garuk”., kalo mau aqw mandiin ga mungkin soalnya usianya baru 1bullan,, gimana cara ngilangin kutunya.? .

    Please penjelasannya donk kak.,

    • fitri 07/10/2012 at 18:11

      oleskan minyak telon merata k bulu kucingnya..

    • benna liezidawati 21/10/2012 at 14:59

      kasih talk,..ada di petshop..dijamin itu kutu lari smua…kemasan botolnya plastik warna kuning,..smg manfaat..

  • syahmi 25/08/2012 at 18:31

    atu sendok sari buah lemon tu ape??saye nak bela kucing ni.:)

  • cinta 23/08/2012 at 07:26

    Kk…
    Mu tny..
    Kucing ku umur na kurang dr 2bln boleh di mandiin g…
    Soal nya di bagian pantat smapai ke ekor na tuh nempel pup na..
    Dy jd kotor dan bau..
    Trus 1 lagi tlg kch tau dund cara na cpy dy mau pup ato pipis na di pasir…
    Trims…

  • amdi 16/08/2012 at 16:01

    mau tanya
    kucingku saya mandikan bulunya malah ke atas semua, gk kayk biasanya, pdhl dah pake air hangat, pake shampo kucing, dah di hairdryer sampai kering juga, kenapa ya?

    ouw ya pakai lemon tu maksudnya perasan lemon gtu?
    klo pake sabun cuci piring yg lemon gmn?
    thanks

  • mbah agus 11/08/2012 at 09:26

    q baru saja mlihara kucing. kucing q sluruh tubuh bnyak kutunya. trus di wajah juga ada. trus bgaimana cara menghilngkan kutu2 di wajahnya. apa di kasi sampo ato di apain. tlong bntuannya yaa?

  • Dyah sada 01/08/2012 at 21:56

    Permisi numpang bertanya,
    kucing ku ada dua yg betina berusia 5 bln sedangkan yg jantan berusia 3 bln saya ska bingung brp lama sih u/ memandikan kucing yg msh usia seperti itu? Thx

  • frensi 22/07/2012 at 21:21

    Mbak saya mau tanya kucing saya umur 2 bulanan sakit flu bersin-bersin sudah saya bawa ke dokter hewan,tp belum sembuh”. Sampai skrg saya bingung cara biar sembuh gmn mbak?harus pake obat apa. Saya baru pertama kali pelihara kucing..sebelum bersin” muncul,sempat saya mandikan kucingnya,lalu saya jemur eh kucingnya menggigil.. Apa itu pnyebab flu nya?bulunya skrg jg mulai rontok.. Makasih

    • fitri 07/10/2012 at 18:00

      cb cari obat flu d petshop,, perawatannya…jgn biarin kucing berada d tempat2 lembab,,usahakan hangat..,, cz cuaca yg bkin dia flu. klw kucing hbis mandi emg menggigil,, jgnkn kucing..qita aja klw g buru2 d keringin pake hnduk..psti menggigil kena angin. cb ake hydrayer biar cpt kering.kan skrg hydrayer byk jg yg murah. tp usahan cri yg cpt kering.

    • NoviLoveAnimals 18/11/2012 at 18:04

      Haii..
      6 hari yg lalu kn aku baru ngadopsi kucing jenisnya savanah nmanya HARU hadiah ultahku dri ortu,n d rmh aku pnya 3 ekor kucing jenis anggora,yg atu nmanya MONI yg atu lg nmanya MIETTE trus yg atu lg nmanya NERMAL.
      Yg aku bingungin knapa ya HARU gk bisa akur sma ke 3 kucing lamaku.
      Aku btuh bntuan??please..

      Gumawo

  • anisa 20/07/2012 at 17:27

    hy,aku punya kucing umurnya 2 bulan,,boleh ga aku mandiin dan boleh ga kalo pke sampoo biasa,soz di daerah ku ga ada petshop πŸ™

    • fitri 07/10/2012 at 17:56

      2bln blh koq,, cb aja deh mandiin pake sabun jf sulfur klw g punya sampoo khusus,, soalnya law pake jf..skalian biar kucingnya g kena jamuran..n pnyakit kulit.

  • uphay 20/07/2012 at 07:59

    mo nanya nih, kucing di rumah kan blasteran lokal ma persia tp ko bulu’y pd rontok ya. apa karna dr makanan yg bukan makanan khusus kucing? sebab klo di kasih makanan suka di kasih nasi+ikan tongkol

  • Restu 05/07/2012 at 21:18

    kenapa kucing sya matanya kaya nangis gitu ya ????

    • silvijulya 05/08/2012 at 14:17

      kalau kucingnya suka keluar air mata untuk persia memang wajar. bisa di elap pake tissue.

  • zai 01/07/2012 at 19:47

    mau nanya…saya punya kucing umurnya..berapa ya..pokonya kecil udah bisa jalan gx tau masih menyusui atau gx (tp kayaknya ia coz dia trus aja gigitin + jilatin jari saya) tp dikasih susu gx mau trus, apa karna pakai susu kental kan itu katanya gx boleh ya.? kasih makannya apa ya.? trus dia itu kotorannyaitu berwarna kuning gitu,apa dia baik baik aja ya.? klaw mesti ke dokter kena berapa kira2.? tolong bantuannya newbie rwat merawat nih…

  • sanny 27/06/2012 at 09:19

    Kalo kucing anggora bau boleh ga di semprot parfum?

  • lisa 22/06/2012 at 19:44

    saya punya kucing, kemaren saya mandikan pake air hangat n sampo khusus u/ kucing, ini pengalaman pertama sy krn biasanya sy mandiin kucing sy di patshoap. stlah dimandiin kucing sy suaranya jd serak. lama2 agk hilang. itu knp ya? tp keadaan kucing baik2 sj.trims

    • krafty 25/06/2012 at 08:29

      Mukanya kena air ya? Usahakan kalau memandikan kucing muka, telinga dan hidungnya tidak terkena air. Bagian itu diseka saja…

    • haya syarifa 21/08/2012 at 13:36

      itu mah biasa kalo kucing gitu pasti serek

  • cwiil 20/06/2012 at 19:20

    mbak mksudnya vitamin anak bs dikasih bwt kucing itu vitamin yg sprti ap, , tong mbk ksih tau ni kucingku lg diare, , , thanks,, , ,

    • krafty 25/06/2012 at 08:31

      Wah, maaf terlambat menjawab.. Kalau sedang diare, jangan diberi susu ya.. Sebaiknya bawa ke dokter hewan segera.. Ada beberapa merek vitamin anak yang bisa diberikan ke kucing, tapi sebaiknya dikonsultasikan ke dokter dulu ya

  • awan 20/06/2012 at 19:17

    aku mw tnya mksdnya vitamin anak bs dpkek bwt kucing itu vitamin yg sprt ap mbk , ,thanks tlog ksih tau soale ni kucingku lg diare

    • krafty 25/06/2012 at 08:34

      Kalau sedang diare, jangan diberi susu ya.. Sebaiknya bawa ke dokter hewan segera.. Ada beberapa merek vitamin anak yang bisa diberikan ke kucing, tapi sebaiknya dikonsultasikan ke dokter dulu ya

  • risa 18/06/2012 at 01:15

    mba kalo mandulin kucing kira2 kena brp ya mba?

    • krafty 25/06/2012 at 08:35

      Macam-macam, mbak.. Untuk jantan antara 150-350ribu, betina 250-450 ribu

    • lutfi 06/12/2012 at 10:39

      kalo yang biasa, hanya sampo biasa potong kuku.. itu 50rb. tapi kalo yang bagus itu 80rb, ada anti kutu sama jamurnya.. itu sih di petshop deket rmah.. ga tau kalo di rumah kamu brpa harganya.. ya kurang lebih segitu deh.. πŸ™‚

  • ariwani 17/06/2012 at 17:37

    helllo saya pecinta kucing saya pengen tahu kata nyah tidak boleh pake sari lemon…………………………..? mohon penjelasAN NYA

    • krafty 25/06/2012 at 08:38

      tidak pakai juga tidak apa-apa, tapi campuran air dengan tetesan lemon gunanya untuk memastikan shampoo benar-benar bersih di bulunya…

  • aprilia tri hapsari 13/06/2012 at 13:22

    Kucing anggora (umur 2 bln) saya suka sekali menggigit jempol org2 yg dia temui sambil mencakar, gimana caranya ya menghilangkan kebiasan itu?

    • krafty 25/06/2012 at 08:51

      Dia mau bermain tuh… Sebaiknya beri permainan2 sederhana, seperti boneka tikus atau bola

  • Opang 12/06/2012 at 17:55

    Gimana cara cepat melebatkan bulu kucing klo ada obatnya, apa namanya? Trima kasih

    • krafty 25/06/2012 at 08:52

      Wah, apakah kucingnya jenis yang berbulu tebal? Yang penting jaga kebersihan kulit dan bulunya

  • indah sari sahal 12/06/2012 at 14:23

    saya punya kucing.kucing saya itu susah di mandiin,karena kucing saya bergerak terus kalau di mandiin.Bagaimana cara mengatasinya…..
    agar mau dimandiin

    • krafty 25/06/2012 at 08:44

      Pada dasarnya kucing memang tidak suka kena air :). Jadi yang sabar ya

  • agengcahya 08/06/2012 at 00:45

    kasih tau dunk gimna caranya agar luka kucing tdak di garuk”?..soalnya nanti lukanya tdak sembuh”.bisa sembuh gak luka yg di leher kucing..?dan ngerawat lukanya kaya gimna agar cepet sembuh….makasih

    • krafty 25/06/2012 at 08:54

      Bagaimana kalau diberi Kerah Victoria? Itu loh, kerah kardus yang melingkar menutupi luka di leher

  • arvi ariansyah 31/05/2012 at 21:37

    kucing saya baru 2 bulan boleh di mandiin kaga mba ika ?

    • krafty 25/06/2012 at 09:05

      2 bulan sudah boleh. Pagi2 sekitar jam 9-10 ya, lalu langsung dikeringkan dengan hairdryer

  • Frida 28/05/2012 at 12:48

    kalau misalnya gak punya hairdryernya dan lupa di elap gimana?

    • krafty 25/06/2012 at 09:07

      Kedinginan, krn basah bisa menyebabkan penyakit paru-paru lho

  • andy 27/05/2012 at 07:24

    klu boleh tau klu kucing kira2 boleh dimandiin nya jam berapa????
    mohon penjelasannya,,,,, πŸ˜€

  • Nawa 24/05/2012 at 12:07

    ini penting banget ,soalnya dari dulu aq kalo mw mandiin kucing tu bingung. izin share di blog q ya πŸ™‚

  • gustiraGP 13/05/2012 at 06:48

    Klo kucing suka brsin mulu,???????? yah?
    Tolong penjelasan nyh πŸ™‚

  • gustiraGP 12/05/2012 at 17:27

    Kalo kucing nyh baru berumur 2,5 bulan lebih,boleh ga d mandiin?
    Trus ga papa kn pake sampo bayi,soal’a ga ada? Buat sementara anjh pake sampo bayi nyh,gimana?
    Thx πŸ™‚

    • krafty 24/05/2012 at 09:00

      Kucing 2,5 bulan sudah boleh dimandikan.. tapi sebaiknya pakai shampoo khusus kucing yaaaa..

  • Zahra 11/05/2012 at 13:02

    Saya mau nanya, kalau misalkan kucing sedag diare, boleh di mandiin gak?? Mohon penjelasannya.. Makasih.. πŸ˜€

    • krafty 24/05/2012 at 09:06

      jangan dulu ya.. suhu tubuhnya pasti sedang turun, kalau dimandikan takutnya malah jadi lebih parah sakitnya. Klo bulunya kotor diseka saja ya yaaa

  • narinta 18/04/2012 at 16:19

    kucing saya dibagian leher ada bekas luka, udah ilang sih tapi kalo di kepegang dia marah, bagian situ perlu di mandikan juga gak ?

  • dara apriliana 17/04/2012 at 15:32

    hay..
    Tadi saya mandiin kucing saya pake shampoo bayi saya takut nantinya kucing saya mati, tapi itu mungkin tidak?
    Saya takut kalau kucing saya mati..
    Please penjelasannya

  • bella 30/03/2012 at 17:29

    Boleh gk kalo mandiin kucing pake shampoo biasa?
    Terus pake air dingin?

  • fatieha 15/03/2012 at 16:42

    sya dri malaysia..nk tanya..kucing kalo mndi pkai air paip..bley x??

  • okta 13/03/2012 at 11:00

    aq baru punya kucing persia umur 3 bulan…..kta orang mandiinnya pake shampo bayi gpp y…?????
    tlong penjelasannya….!!!1

  • Byan 08/03/2012 at 19:45

    kucing ku d sekitar lehernya kaya ada koreng gitu, cara ngilanginnya gimana ya?

    • krafty 20/03/2012 at 15:55

      Bekas berkelahi? Kalau bekas berkelahi, biarkan saja, nanti sembuh sendiri… Tapi klo sampai bernanah, dan mengeluarkan bau, harus diobati ke dokter

  • thari 06/01/2012 at 11:53

    kalo ngga pake air lemon, diganti sama air jeruk gimana?
    boleh ngga ya?

    • ika 03/02/2012 at 18:44

      Setau saya, air jeruk kadar gulanya lebih tinggi deh.. Tapi coba nanti dicari ya

  • kidiw 02/11/2011 at 12:41

    kok pake lemon segala …
    gunanya buat apa ??

    • ika 05/11/2011 at 00:17

      Supaya bisa lebih mudah melarutkan kemungkinan adanya sisa sabun

  • chiw 26/10/2011 at 11:49

    Halo Mba Ika, salam kenal… aku pecinta kucing juga. Selama ini aku juga mandiin kucingku sendiri, tapi belum pernah pake sari lemon.
    Kalo boleh tau, manfaat sari lemon sendiri apa ya mbak?

    Thanks

    • ika 05/11/2011 at 00:15

      Supaya lebih mudah menghilangkan sabunnya, dan membuat kulitnya terasa fresh. Klo ada sisa sabun kan panas di kulit

  • Wenny 16/10/2011 at 12:10

    Berapa hari sekali baiknya kucing dimandikan?

    • ika 05/11/2011 at 00:11

      Wah, dua minggu sekali deh.. Tergantung tingkat kekotorannya juga sih…. πŸ™‚

  • wida 01/09/2011 at 23:18

    kenapa bulu kucing itu suka rontok,
    apa penyebab nya,, πŸ™‚
    .
    .
    mkasii

    • Ika 02/09/2011 at 09:06

      Ada macem2 penyebab bulu rontok pada kucing. Ada yang karena sakit, karena cuaca panas, karena kutuan, jamur dll.. Bersihkan/mandikan secara teratur bisa menolong. Tentunya dgn shampoo khusus kucing ya πŸ˜€

  • kelingcatt 07/07/2011 at 14:59

    .biasanya di bulu kucing bnyak sekali kutu2 , bgaimana cara menghilangkannya , dan tolong donk kasih tau ak cara melihara kucing dngan baik , sehat n jadi GENDUT n SUKA MAKAN BANYAK ?

    • Ika 08/07/2011 at 14:05

      Kalau dimandikan di petshop biasanya bisa minta mandi kutu :)), tapi kalau mau memandikan sendiri bisa dengan cara ditaburi bedak anti kutu dulu, baru dimandikan.

      Supaya kucingnya sehat, tentunya harus diberi vaksinasi, obat cacing dan vitamin ya :). Dan jangan lupa dimandulkan. Kucing yang sehat, biasanya makannya banyak loh

      • kelingcatt 11/07/2011 at 16:55

        .katanya , jika menaburkan bedak anti kutu ithu bahaya .. trus , kenapa harus di mandulkan kucingnya .. dan kiraÒ€ vitamin.nya berupa apa ?

        • Ika 22/07/2011 at 10:24

          Oiya, bahaya jika terhirup :). Oleh karena itu hati-hati kalau memberikan bedak kutu, jangan sampai ke muka. Lebih aman sih kalau pakai sabun anti kutu.

          Kucing dimandulkan supaya populasinya ga membengkak, di samping untuk kesehatan kucing sendiri, juga untuk kesehatan manusia loh.. Bayangin aja klo kucing ga disteril, trus beranak terus.. kalau majikannya bosan sama anak kucing, dibuang deh.. Kasian kan??

          Untuk vitamin, kadang2 aku kasih vitamin anak, dari dokter hewanku

  • nadya 11/06/2010 at 22:19

    umur berapa ya idealnya kucing boleh dimandikan… makasih

    • Krafty 12/06/2010 at 11:18

      Sebaiknya baru dimandikan setelah berumur 3 bulan… mandiinnya pake air suam kuku ya, trus langsung dikeringkan, pake hairdryer klo perlu. Hati-hati hairdryernya jangan terlalu panas.

      • cleo patra 19/09/2012 at 17:37

        iya,memang tapi harus kering ya hihihi

Leave a Comment