Memandikan kucing
Artikel

Tips Memandikan Kucing

Memandikan seekor kucing bukan pekerjaan yang mudah. Berbagai kesulitan dapat saja muncul pada saat kucing dimandikan.

Kesulitan yang banyak ditemui yaitu kucing berontak dan berusaha untuk melarikan diri saat dimandikan. Hal ini dikarenakan kucing merasa tidak nyaman atau ada hal-hal penting yang sebenarnya perlu kita hindari saat memandikannya.

Untuk mengatasinya, berikut tips sukses memandikan kucing :

  • Usahakan agar segala keperluan seperti handuk, shampoo, dan lain-lain berada dalam jangkauan tangan agar tidak mesti mencari-cari lagi saat sudah dalam proses memandikan kucing.
  • Usahakan agar suhu ruangan tidak terlalu dingin saat kucing dimandikan.
  • Sediakan air beberapa liter saja yang telah dicampur oleh beberapa sendok makan sari buah lemon. Air ini berguna untuk membilas tubuh kucing nanti.
  • Letakkan handuk sebagai alas kaki kucing saat dimandikan. Hal ini berguna agar kucing dapat berpijak dengan baik dan tidak licin. Karena itu kucing biasanya akan merasa lebih tenang dan sedikit mengurangi ketegangan yang mungkin dialaminya.
  • Gunakan air hangat untuk memandikannya.
  • Saat memandikan, apabila kucing akan berontak, cobalah untuk menenangkannya dengan belaian dan jangan membiarkannya untuk melarikan diri.
  • Jangan membasahi atau menyemprot wajah kucing atau bagian leher keatas.
  • Apabila kucing kucing harus dibersihkan, jangan disiram air tapi gunakan kain untuk mengelapnya.
  • Usahakan agar busa shampoo tidak mengenai mata atau masuk ke telinga kucing.
  • Bilaslah tubuh kucing dengan beberapa liter air yang telah dicampur dengan beberapa sendok sari buah lemon.
  • Karena bulu kucing menyerap banyak busa shampoo, usahakan untuk membilas tubuh kucing sampai benar-benar bersih.

Nah dengan mempersiapkan semua keperluan mandi terlebih dahulu, maka segala drama yang bisa terjadi saat memandikan kucing bisa diatasi. Di bawah ini juga ada aneka perlengkapan yang dibutuhkan untuk memandikan kucing kamu, coba cek saja mungkin ada yang kamu butuhkan :

Artikel ini sudah dibaca: 68428 kali.

106 Comments

  1. halo mba….
    aku mw nax neachh. aku juga unya kucing… pernah sakit mencret2 tapi sekarang udah sembuh namun suaranya yang agak parau biasa juga tidak keluar suaranya,, ini udah satu bulan mba suaranya begitu…ada apa dengan suara kucingku..?? mohon bantuannya mba..!!
    makasih sebelumnya…

  2. kak , aku mau nanya nih..
    kucingku umur 3bln , tp sbelum umur 3bln dy mencret2 , waktu aku bawa kdokter udh dkasih obat . tp tetep aja msh diare , sampek2 dokternya bingung . msalahnya kondisinya fit dan sehat2 aja kak..
    tp kucingku dlu sering aku mandiin , apa itu ya penyebabnya ?

  3. Permisi , aku mau nanya nih..
    Aku punya kucing persia , umurnya 3bln..
    Sbelum 3bln aku sering memandikan dy , jika udah kotor saya mandikan..
    Tp kucing saya langsung diare :'(
    waktu saya bawa ke dokter smpek dokternya heran , kondisi badany fit , sehat2 saja..
    Tp kok diare ya ? Pup’nya mencret . Apa karna itu sering dmandikan ?

  4. mba aku punya kucing persia masih kecil,nah dia seneng banget main pasir \ tanah jadi kadang” kepalanya sering kotor aku kan belum pernah punya kucing terus gimana cara bersihin nya ???

  5. Mau tnya nih..aku kan pnya kucing persia. Nah aku coba manfin sendiri soalnya klo di petshop harganya mahal… tapi kok waktu habis mandi dia ngginggil hebat ya? Padahal udah pajr air hangat dan udah di hairdrayerjuga udaah kukeringin pakr handuk.. trus suaranya juga kok jadi srrak., teuus ku selumutin baru gak menggigil. Tapi kok suaranya tetep serak ya? Tolong kadih jawaban… makadh…

  6. hai..
    q punya kucing persia umur 3 bln..
    skrg dy kena penyakit kulit gatal”..
    pada bagian wajah,telinga dan tangan sampai ada luka akibat digaruk..
    obat apa yang sebaiknya diberikan..

    trims..

  7. Mw tny kucingku jamuran trs sdh dibw ke dr.hewan dan diksh salep utk jamurnya tp kok ga sembuh” trs aku ksh betadine cair(dioleskan)jd kering,bahaya tdk ya.tq

  8. hallo smw…
    ak mw cerita nih…
    2 minggu yg lalu… pamanku meninggal….
    beliau pux kucing kesayangan… semenjak kepergianx, kucing itu gak mw makan… terpaksa aku kasih dia susu,,, minumx pake sedotan…
    akhrnya kucing it jadi lemas…
    gmna cara nyembuhinya ya?
    mksh,,,

  9. kucingku sebulan lalu di antar d t4 penampungan hewan… eh,,,, tau”x sebulan kemudian pus nya udah nongol d rmh….
    koq bisa ya? pdhl pus nya udah tua (7thn) gitu… dr aku sd soalnya…

  10. waktu itu aku dapetin anak kucing d kost tanteku trus aku bawa dianya pulang trusss aku rawat hingga besar past umur satu tahun kucing tu kawin ma kucing tetangga akhirnya kucing tuu punya anak anaknya y ada 5 dan ku kasi nama cemong,fifi,roro,glery,ma garvilllll lucu kan sekian dulu y informasi yang laras kasi tau besok laras kasi tau lagi deh kalo ada pengalaman baru tentang kucing lagi bye-bye???

  11. kucing saya baru ja saya rawat sekitar 3 mnggu.. trus da pigi kluar rumah tnpa sepengetahuan saya.. tu apa dya bsa balik lgi krmah atw gak ya ..?
    mkasih

  12. saya biasa mandiin kucing, tp malah sering kena cakar dan kucingnya berontak..

    setau sy sih air liur kucing sudah ampuh buat membersihkan..
    sy pernah melihat kucing sy yg bedebu karena berkelahi.. ketika sy tinggal 15 menitan bulunya udah bersih kembali…

    1. yg besar..lbih baik,, cz yg ukuran sdang aja…cm bs nanpung t4 pup…n 1 bdan kucing..itupun klw buat kucing dewasa..g leluasa,,perkirakan aja…dgn tembahan utk naruh t4 pup..n t4 tidur dgn leluasanya..dia..

  13. Hallo,, aqw juga penggemar kucing., aqw punya kucing anggora usianya baru 1bulan., dya punya kutu,, aqw kasihan liat dia sering garuk”., kalo mau aqw mandiin ga mungkin soalnya usianya baru 1bullan,, gimana cara ngilangin kutunya.? .

    Please penjelasannya donk kak.,

    1. kasih talk,..ada di petshop..dijamin itu kutu lari smua…kemasan botolnya plastik warna kuning,..smg manfaat..

  14. Kk…
    Mu tny..
    Kucing ku umur na kurang dr 2bln boleh di mandiin g…
    Soal nya di bagian pantat smapai ke ekor na tuh nempel pup na..
    Dy jd kotor dan bau..
    Trus 1 lagi tlg kch tau dund cara na cpy dy mau pup ato pipis na di pasir…
    Trims…

  15. mau tanya
    kucingku saya mandikan bulunya malah ke atas semua, gk kayk biasanya, pdhl dah pake air hangat, pake shampo kucing, dah di hairdryer sampai kering juga, kenapa ya?

    ouw ya pakai lemon tu maksudnya perasan lemon gtu?
    klo pake sabun cuci piring yg lemon gmn?
    thanks

  16. q baru saja mlihara kucing. kucing q sluruh tubuh bnyak kutunya. trus di wajah juga ada. trus bgaimana cara menghilngkan kutu2 di wajahnya. apa di kasi sampo ato di apain. tlong bntuannya yaa?

  17. Permisi numpang bertanya,
    kucing ku ada dua yg betina berusia 5 bln sedangkan yg jantan berusia 3 bln saya ska bingung brp lama sih u/ memandikan kucing yg msh usia seperti itu? Thx

  18. Mbak saya mau tanya kucing saya umur 2 bulanan sakit flu bersin-bersin sudah saya bawa ke dokter hewan,tp belum sembuh”. Sampai skrg saya bingung cara biar sembuh gmn mbak?harus pake obat apa. Saya baru pertama kali pelihara kucing..sebelum bersin” muncul,sempat saya mandikan kucingnya,lalu saya jemur eh kucingnya menggigil.. Apa itu pnyebab flu nya?bulunya skrg jg mulai rontok.. Makasih

    1. cb cari obat flu d petshop,, perawatannya…jgn biarin kucing berada d tempat2 lembab,,usahakan hangat..,, cz cuaca yg bkin dia flu. klw kucing hbis mandi emg menggigil,, jgnkn kucing..qita aja klw g buru2 d keringin pake hnduk..psti menggigil kena angin. cb ake hydrayer biar cpt kering.kan skrg hydrayer byk jg yg murah. tp usahan cri yg cpt kering.

    2. Haii..
      6 hari yg lalu kn aku baru ngadopsi kucing jenisnya savanah nmanya HARU hadiah ultahku dri ortu,n d rmh aku pnya 3 ekor kucing jenis anggora,yg atu nmanya MONI yg atu lg nmanya MIETTE trus yg atu lg nmanya NERMAL.
      Yg aku bingungin knapa ya HARU gk bisa akur sma ke 3 kucing lamaku.
      Aku btuh bntuan??please..

      Gumawo

  19. hy,aku punya kucing umurnya 2 bulan,,boleh ga aku mandiin dan boleh ga kalo pke sampoo biasa,soz di daerah ku ga ada petshop πŸ™

    1. 2bln blh koq,, cb aja deh mandiin pake sabun jf sulfur klw g punya sampoo khusus,, soalnya law pake jf..skalian biar kucingnya g kena jamuran..n pnyakit kulit.

  20. mo nanya nih, kucing di rumah kan blasteran lokal ma persia tp ko bulu’y pd rontok ya. apa karna dr makanan yg bukan makanan khusus kucing? sebab klo di kasih makanan suka di kasih nasi+ikan tongkol

  21. mau nanya…saya punya kucing umurnya..berapa ya..pokonya kecil udah bisa jalan gx tau masih menyusui atau gx (tp kayaknya ia coz dia trus aja gigitin + jilatin jari saya) tp dikasih susu gx mau trus, apa karna pakai susu kental kan itu katanya gx boleh ya.? kasih makannya apa ya.? trus dia itu kotorannyaitu berwarna kuning gitu,apa dia baik baik aja ya.? klaw mesti ke dokter kena berapa kira2.? tolong bantuannya newbie rwat merawat nih…

  22. saya punya kucing, kemaren saya mandikan pake air hangat n sampo khusus u/ kucing, ini pengalaman pertama sy krn biasanya sy mandiin kucing sy di patshoap. stlah dimandiin kucing sy suaranya jd serak. lama2 agk hilang. itu knp ya? tp keadaan kucing baik2 sj.trims

  23. mbak mksudnya vitamin anak bs dikasih bwt kucing itu vitamin yg sprti ap, , tong mbk ksih tau ni kucingku lg diare, , , thanks,, , ,

    1. Wah, maaf terlambat menjawab.. Kalau sedang diare, jangan diberi susu ya.. Sebaiknya bawa ke dokter hewan segera.. Ada beberapa merek vitamin anak yang bisa diberikan ke kucing, tapi sebaiknya dikonsultasikan ke dokter dulu ya

  24. aku mw tnya mksdnya vitamin anak bs dpkek bwt kucing itu vitamin yg sprt ap mbk , ,thanks tlog ksih tau soale ni kucingku lg diare

    1. Kalau sedang diare, jangan diberi susu ya.. Sebaiknya bawa ke dokter hewan segera.. Ada beberapa merek vitamin anak yang bisa diberikan ke kucing, tapi sebaiknya dikonsultasikan ke dokter dulu ya

    1. kalo yang biasa, hanya sampo biasa potong kuku.. itu 50rb. tapi kalo yang bagus itu 80rb, ada anti kutu sama jamurnya.. itu sih di petshop deket rmah.. ga tau kalo di rumah kamu brpa harganya.. ya kurang lebih segitu deh.. πŸ™‚

  25. helllo saya pecinta kucing saya pengen tahu kata nyah tidak boleh pake sari lemon…………………………..? mohon penjelasAN NYA

  26. Kucing anggora (umur 2 bln) saya suka sekali menggigit jempol org2 yg dia temui sambil mencakar, gimana caranya ya menghilangkan kebiasan itu?

  27. saya punya kucing.kucing saya itu susah di mandiin,karena kucing saya bergerak terus kalau di mandiin.Bagaimana cara mengatasinya…..
    agar mau dimandiin

  28. kasih tau dunk gimna caranya agar luka kucing tdak di garuk”?..soalnya nanti lukanya tdak sembuh”.bisa sembuh gak luka yg di leher kucing..?dan ngerawat lukanya kaya gimna agar cepet sembuh….makasih

  29. Kalo kucing nyh baru berumur 2,5 bulan lebih,boleh ga d mandiin?
    Trus ga papa kn pake sampo bayi,soal’a ga ada? Buat sementara anjh pake sampo bayi nyh,gimana?
    Thx πŸ™‚

  30. kucing saya dibagian leher ada bekas luka, udah ilang sih tapi kalo di kepegang dia marah, bagian situ perlu di mandikan juga gak ?

  31. hay..
    Tadi saya mandiin kucing saya pake shampoo bayi saya takut nantinya kucing saya mati, tapi itu mungkin tidak?
    Saya takut kalau kucing saya mati..
    Please penjelasannya

    1. Bekas berkelahi? Kalau bekas berkelahi, biarkan saja, nanti sembuh sendiri… Tapi klo sampai bernanah, dan mengeluarkan bau, harus diobati ke dokter

  32. Halo Mba Ika, salam kenal… aku pecinta kucing juga. Selama ini aku juga mandiin kucingku sendiri, tapi belum pernah pake sari lemon.
    Kalo boleh tau, manfaat sari lemon sendiri apa ya mbak?

    Thanks

    1. Ada macem2 penyebab bulu rontok pada kucing. Ada yang karena sakit, karena cuaca panas, karena kutuan, jamur dll.. Bersihkan/mandikan secara teratur bisa menolong. Tentunya dgn shampoo khusus kucing ya πŸ˜€

  33. .biasanya di bulu kucing bnyak sekali kutu2 , bgaimana cara menghilangkannya , dan tolong donk kasih tau ak cara melihara kucing dngan baik , sehat n jadi GENDUT n SUKA MAKAN BANYAK ?

    1. Kalau dimandikan di petshop biasanya bisa minta mandi kutu :)), tapi kalau mau memandikan sendiri bisa dengan cara ditaburi bedak anti kutu dulu, baru dimandikan.

      Supaya kucingnya sehat, tentunya harus diberi vaksinasi, obat cacing dan vitamin ya :). Dan jangan lupa dimandulkan. Kucing yang sehat, biasanya makannya banyak loh

      1. .katanya , jika menaburkan bedak anti kutu ithu bahaya .. trus , kenapa harus di mandulkan kucingnya .. dan kiraÒ€ vitamin.nya berupa apa ?

      2. Oiya, bahaya jika terhirup :). Oleh karena itu hati-hati kalau memberikan bedak kutu, jangan sampai ke muka. Lebih aman sih kalau pakai sabun anti kutu.

        Kucing dimandulkan supaya populasinya ga membengkak, di samping untuk kesehatan kucing sendiri, juga untuk kesehatan manusia loh.. Bayangin aja klo kucing ga disteril, trus beranak terus.. kalau majikannya bosan sama anak kucing, dibuang deh.. Kasian kan??

        Untuk vitamin, kadang2 aku kasih vitamin anak, dari dokter hewanku

    1. Sebaiknya baru dimandikan setelah berumur 3 bulan… mandiinnya pake air suam kuku ya, trus langsung dikeringkan, pake hairdryer klo perlu. Hati-hati hairdryernya jangan terlalu panas.