Tanda-tanda Kucing yang Sakit

tanda tanda kucing sakit

img:freeimages.com


Jika Anda senantiasa memperhatikan penampilan atau rupa dan perilaku kucing Anda, Anda seharusnya dapat pula mendeteksi masalah kesehatan yang dialami kucing Anda sebelum penyakitnya bertambah parah, atau Anda mungkin saja dapat mencegah terjadinya masalah kesehatan yang serius.

Perhatikanlah setiap perubahan perilaku atau selera makan kucing Anda, suhu tubuh yang tinggi, dehidrasi, maupun tubuh kucing Anda yang menggigil. Apabila kucing Anda berubah menjadi pendiam dan kurang lincah, makan lebih sedikit dari jumlah yang biasa, atau secara umum tampak kurang sehat, hal ini dapat mengindikasikan bahwa kucing Anda sedang kurang sehat atau sakit dan sebaiknya Anda membawanya ke dokter hewan untuk diperiksakan kesehatannya.

Perhatikan selalu kebiasaan normal kucing Anda dan juga penampilannya, sehingga Anda akan waspada atau siaga terhadap setiap perubahan yang terjadi – namun ingat bahwa Anda tidak boleh panik. Jika kucing Anda bersin-bersin, hal ini tidak selalu berarti bahwa kucing Anda terkena flu kucing-terutama sekali apabila kucing Anda sudah disuntik. Adapun dalam kasus seperti ini, bersin-bersin itu lebih disebabkan oleh adanya iritasi yang ditimbulkan oleh debu, misalnya.

Di bawah ini adalah daftar beberapa gejala umum yang harus Anda perhatikan. Jika Anda berpikir bahwa kucing Anda sedang sakit, sebaiknya bawalah kucing Anda ke dokter hewan atau hilangkanlah ketegangan Anda jika setelah memeriksakan kesehatannya diketahui bahwa penyakit yang diderita kucing Anda tidak separah yang Anda takutkan.

Telinga
Menggaruk cakar-cakarnya, menggeleng-gelengkan kepala, kehilangan keseimbangan, atau terjadi pembengkakan, merupakan indikasi adanya gangguan atau masalah kesehatan.

Mata
Posisi mata kelihatan menurun, membengkak, menunjukkan adanya iritasi, timbulnya radang, atau timbulnya selaput di atas salah satu mata atau kedua-keduanya, merupakan indikasi adanya gangguan atau masalah kesehatan.

Hidung
Perhatikan dan waspadailah setiap bentuk bersin, bunyi sengauan, tubuh yang tampak lesu pada kucing Anda, maupun segala bentuk perubahan pada rupa hidung kucing Anda, misalnya hidung kucing yang berubah menjadi merah (memerah).

Bulu dan kulit
Periksakan kucing Anda apabila terjadi pembengkakan, mengaruk-garuk cakar atau kuku-kukunya, maupun gejala-gejala perubahan lainnya yang terjadi pada kondisi kulit atau bulu kucing Anda.

Lengan dan otot
Perhatikan dan waspadailah setiap ketimpangan, gerak tubuh yang tidak biasa, maupun postur tubuh yang abnormal dari kucing Anda.

Mulut dan gigi
Perhatikan dan waspadailah air liur yang berlebihan pada kucing Anda, radang, pembengkakan, maupun luka-luka yang tampak jelas lainnya.

Sistem pernafasan
Perhatikan dan waspadailah pernafasan yang tampak tidak wajar, gejala batuk maupun bersin-bersin pada kucing Anda.

Perut dan usus
Gejala muntah-muntah, diare, sembelit atau konstipasi, yang tidak lain merupakan penanda penyakit yang terjadi pada wilayah perut atau abdomen, warna kotoran atau tinja yang abnormal, terdapatnya darah pada muntah atau kotoran kucing Anda, merupakan indikasi terjadinya gangguan atau masalah kesehatan pada kucing Anda.

Saluran urine
Perhatikan dan waspadailah gejala buang air kecil yang berlebihan pada kucing Anda, rasa haus yang abnormal, darah pada urinenya, terhambatnya air seni, rasa sakit, maupun ketidakmampuan untuk buang air kecil, merupakan indikasi terjadinya gangguan atau masalah kesehatan pada kucing Anda.

Alat kelamin
Terhambat atau kurang berfungsinya alat kelamin, terjadinya iritasi, pembersihan yang berlebihan pada area genital, maupun buang air kecil yang terlalu sering, merupakan indikasi terjadinya gangguan atau masalah kesehatan pada kucing Anda.

Artikel ini sudah dibaca: 80096 kali.

54 Comments

  • Laura 20/05/2014 at 18:33

    anak kucing saya yang hampir berumur 2 bulan kerjanya tidur terus, sedangkan 3 saudaranya yang lain aktif. makan juga tidak seaktif saudaranya. badannya memang lebih kecil dari saudaranya. tapi pub, kencing, semua baik-baik saja, flu juga tidak, tapi badannya lebih panas. sakit apa ya kira-kira?

  • *Australia Is My Life* 17/03/2014 at 15:24

    kucingku gak mau minum susu kucing. gimana dong?

  • Hazehana 09/02/2014 at 19:18

    jika mata kucingku selalu termuncul taik mata apa patutku lakukan?

  • argo deva 22/01/2014 at 16:41

    Boss Kucing Saya Ditendang Orang Terus Kakinya Malah Pincang Tapi Masih Bisa di Pakai Kakinya yang Pincang Itu Kenapa Yahh Boss

    Please Jawab Dunk !!!

  • giia 02/12/2013 at 16:59

    Haii mw tny dong, aku pny 3 kucing nh lg bingung pd knp yah?
    1. Kucing pertama nama’a momo dlu dia anteng drmh, tp skrg dia berisik pengen’a main trus keluar. Dan suka pipis di bbrp titik rumah.
    2. Kucing kedua nama’a moza : dia usia 1thn 14bulan tp sedang hamil, kmrn” dia msh lincah tp skrg ko jd murung dan napsu mkan berkurang lbh sering tidur yah..
    3. Yg terakhir mazo : dia hampir sma kaya ade’a moza. Dia cowo badan besar ( 7,9KG ) lincah, aktf bahkan bs di bilang ga bs diem. Tp skrg jd murung juga, lbh banyak suka ngumpet di bawah meja dan tidur trus..

    Kira” dr ke 3 kucing aku knp yah, panik bgd dok. Thx yahh mdh”an dpt solisi’a 🙂

  • duatujuh 29/10/2013 at 11:49

    saya mau tanya, kucing saya 2bulan. semenjak pindah tuan dia ga mau makan dan minum. tapi pergerakannya lincah. itu kenapa ya? ada yg bisa bantu?

  • rachma 27/10/2013 at 08:33

    dok , kucing persia sya bru umur 2bln tpi jamur di kulitnya sdh parah bgt , bulunya rontok , sudah saya obati dr luar , pkk salep , pkk virgin cocnut oil jga tpi kyknya gak berhasil , smpe kasihan liad nya . mau sya suntik , ktnya umur sgtu rentan mati klo di suntik . jamurnya sperti kerak putih tra di bulu ro tok ,tolong di bantu cra menyembuhannya trus apa nanti bukunya yg rontok bisa tumbuh lagi ? trmaksih

  • Shf 12/10/2013 at 11:49

    Kalau tiba-tiba kurus solusinya aoa ya?

  • noname 19/09/2013 at 23:05

    Saya mau tanya, anak kucing saya yg baru lahir dua kaki depannya kaku, dia beda dengan kedua saudaranya, jika berjalan dia ngesot, apa dia cacat atau knp?@

  • Meby 15/09/2013 at 13:22

    kalo kucing yang muntah air dan berbusa itu gimana?

  • tomi febri 26/05/2013 at 13:09

    Kucing ku sakit tlg aku dong

  • reyhan 30/04/2013 at 12:38

    dok saya mau tanya kalo kucing bersin” terus knp yah?apa mungkin karena pindah dari cuaca yang panas ke cuaca dingin ? mksh

    • krafty 14/05/2013 at 13:24

      Tentunya bersin disebabkan karena ada benda asing yang masuk ke saluran pernafasannya ya.. Bisa debu, bisa juga pileknya… Coba bawa ke dokter hewan ya 🙂

  • Jojo 17/02/2013 at 21:49

    kucing saya baru 3 bulan dan aktif. namun pagi ini bermasalah. kucing saya berlari keluar rumah dan ternyata masuk ke rumah tetangga. tetangga saya kemudian menggendong kucing tersebut dan memberikan pada saya. tapi kemudian tidak lama saya melihat mata sebelah kirinya membengkak. setelah saya periksa dia seperti terbatuk dan mengeluarkan busa. awalnya saya kira dia makan sabun/shampoo, namun setelah saya coba bersihkan dengan air dan saya mencium tubuhnya bau seperti minyak angin atau minyak gosok. sepertinya tetangga saya yang tadi menggendong sebelumnya memakai minyak tersebut. apa yg harus saya lakukan untuk kucing saya tersebut? makasiii

  • vanie 13/02/2013 at 14:53

    kucing sy 6th usianya dia diare,ga nafsu makan udh 2minggu ini badan kurus,jlnnya melayang2,ga ceria,knp yah?udh dirawat di RS hewan ga sembuh,,kata dokternya sih ga knp2,org lemah gt ms gak knp2 sih,pliss info yg tau

  • dian lestari 07/02/2013 at 11:27

    dok….mau tanya kucinku ga mau makan.disuapin tetep ga mau.disuapin susu jg muntah.minta info dokter hewan didaerah cikarang dimana ya?kasian nih kucingku please bales skrg ya……

  • rafli 09/01/2013 at 12:59

    Saya punya kucing 2hari ini dia lemes banget nafsu makanya berkurang matanya berair sama berlendir kalo dikasih susu gak diminum terus buang airnya basah sama terus terusan

  • raras 24/12/2012 at 12:08

    Aku punya kucing nih. Dia nafsu makanya berkurang bgt. Disuruh makan ini itu gamau. Terus dia itu kerjaanya jadi tidurrrr trs. Udh ga lincah kaya dulu. Badanya juga agak panas. Gmn ya biar diq mau makan? Susah bgt jadinya ngasih dia makan. Tlg ya. Makasih

  • fuji septiani 01/10/2012 at 11:16

    aku punya kucing kecil br umur 1,5 bln, tp dy sakit, kpalanya teleng2 trus bersin2 pilek gitu dan matanya bengkak berlendir. penanganannya itu gmn ya? kira2 dy kena penyakit apa ya? trims

  • harris 20/09/2012 at 06:09

    maaf dok mau nanya saya baru saja adopt persia peke nose dari sahabat. kucing ii sebenarnya bagus secara penampilan kekurangn dia mengeluarkan liur berlebih sehingga kerap membasahi kaki depan dan setengah bagian tubuhnya. selain itu tidak ada keluhan selera makannya bagus dan lincah. kira2 penyakit apa ini ya dok, apa yg harus satya lakukan untuk mengobatinya.
    salam
    harris

  • arum 01/09/2012 at 22:37

    permisi mau tanya. kucing saya, telinga, mulut, da hidungnya tiba tiba menjadi memerah. padahal sebelumnya gak pernah. kira kira kenapa ya? mohon jawabannya. terimakasih 😀

  • imong 27/08/2012 at 22:39

    kalau badan kucing panas tp gak ada gejala lain kira2 kenapa ya?

  • tata 16/08/2012 at 16:03

    Salam,
    Saya mau bertanya. Apa yah yang disebabkan kucing untuk susah buang air besar?
    Udah 3hari kucing saya begitu setelah saya perhatikan.
    Dan sepengetahuan saya kotoran terahirnya itu keras, bukan lembek.
    Saya selalu perhatikan ketika kucing saya berada dipasirnya, lama sekali ia berada disana, dan terlihat wajahnya begitu rasanya kesakitan, dan sedih. Mungkin karna kotorannya tidak keluar.
    Tapi alhamdulillah makanan masuk seperti biasa.
    Kucing saya jenis anggora.
    Apakah anda tau ada pengobatan alami untuknya? Yg tidak memakai suntik-suntikan.
    Tolong yah informasinya 🙁 saya selalu kasian melihatnya.

    Thanks before..

    • eloy 06/09/2012 at 14:51

      kucing saya sdh 2 hari sakit,, dia g bisa jalan, klo jalan payah sekali. saya bingung dia dipukul ataw jath tp, g ada bengkak ataw memar, cm klo bg perut ke bawah dipegang dia g mau sepertinya sakit. ditmbah lg 2 hari ini dia g mo makn, matanya selalu beraiar & belekan. kira2 sakit apa ya?

  • ida 14/08/2012 at 21:40

    Kucingq anggora cewek.umur 8bulan kok sukanya bobok+deket2 ma suamiq&adik lelakiq y? Apa ni tandanya udah minta kawin? Ma kok pipis terus ya? Pipisnya banyak bgt.

  • opic 07/08/2012 at 21:45

    Mau tanya dong, kucing saya udah 3 hari ini diperhatikan setiap ke tempat pup lama bgt,awalnya di kirain lg mau pup ternyata mau pipis.. Apakah ada masalah dengan kucing saya?? Untuk minumnya lumayan rada banyak tapi udah 3 hari ini berkurang,, Mohon pencerahannya agar tidak terlambat untuk pengobatannya..
    Terima kasih..

    • rosa 15/02/2013 at 00:55

      sama kucing saya juga gitu kalo pipis lama tapi keluarnya sedikit
      gimana kucingnya kak udah sembuh yach..,
      dikasih obat apa share donk..,
      makasih

  • Rizka Harlistyo 31/07/2012 at 12:34

    Kucing saya mulutnya bau gitu terus air liur nya bau berwarna
    kuning, itu kenapaya? apa masih bisa disembuhkan? soalnya
    penyakit itu sering terjadi sama kucing kucing saya. balas
    secepatnya ya 😉 thaaanks. 😉 😉 😉 . atau enggak balesnya di email
    saya aja makasiih.

  • Septi 29/07/2012 at 14:48

    Kucing sya mata nya mngeluarkn lendir brwrna putih sperti nanah dn yang sbelahnya lgi lendir trsebut mnggumpal dn mnutupi bola mtanya,mhon jwab ap yg hrus sya lkukn agr kucing sya kmbli sperti smula..?

  • Septi 29/07/2012 at 14:38

    Kucing saya awalnya sehat dn biasa” saja, tapi skitar sudh 2 mnggu in kucing sya trus mngeluarkan lendir berwarna putih yang sangat kental,dan salah satu matanya lagi lendir tersebut menggumpal dan menutupi bola matanya,hal tersebut membuat kucing saya tidak mau makan dan hanya minum saja selama 2 minggu in,yang ingin saya tanyakan apa yang menyebabkan kucing saya seperti itu,dn apa yang harus saya lakukan agar kucing saya kembali seperti sedia kala,saya mohon untuk dijawab segera…
    Terima kasih atas perhatiannya

  • Christin 24/07/2012 at 09:15

    kcg saya sudah 4 hari gag mau makan,cuma tdr terus, tdk buang air, bangun cm kalo minum. knp dengan kcg saya???apakah keracunan? atau sakit? atau stres, karna dia takut dengan suara petasan..mksh.

  • ubie 22/07/2012 at 17:08

    Kucing saya, nafasnya laju dan kurang mkn serta sekali sekala dia mcm lemah nk jatuh pitam.kenapa ya? Boleh beri nasihat dgn cepat?

  • lisa 22/06/2012 at 19:51

    saya punya kucing, kemaren saya mandikan pake air hangat n sampo khusus u/ kucing, ini pengalaman pertama sy krn biasanya sy mandiin kucing sy di patshoap. stlah dimandiin kucing sy suaranya jd serak. lama2 agk hilang. itu knp ya? tp keadaan kucing baik2 sj.trims

    • krafty 25/06/2012 at 08:29

      Mukanya kena air ya? Usahakan kalau memandikan kucing muka, telinga dan hidungnya tidak terkena air. Bagian itu diseka saja…

  • rini 18/06/2012 at 13:33

    kucing q matanya berair seperti mengeluarkan lendir darah toe knpa y, pdhal dulu sangat bagus mataX……….

  • indira 11/05/2012 at 12:46

    mbak tolong jawb segera y mbak…
    kucing saya tba2 sja btuk” sperti mau munth n suaranya tba2 hilang gitu..
    dan kehilangn nafsu mkn nya,..
    knp tu..?
    skit pa dia..?
    tolng britau scptny y mbaakk…
    🙂

  • bhayti 02/05/2012 at 14:55

    aq br ngadopsi kucing persia umurnya 4bln, udah 4hr dirmh,. trus udah 2hr ini lidahnya melet2 mulu sm pernafasan diperutnya ky ga teratur gitu.. itu knp ya apa dy terkena penyakit atau gmn,..

    • halimah 03/05/2012 at 21:44

      artikelnya lengkap sekali, semoga bermanfaat buat para pecinta kucing. trims , salam

  • Lola 20/04/2012 at 18:15

    Salam. Kenapa kucing saya takde mood nak main? Kebiasaannya, dia amat lincah dan sangat aktif. Tolong ya. Dia sakit apa ni? Muntah-muntah tapi keluar air je 2 kali dah. Jawab cepat cepat sikit. Risau ni 🙁

  • acik 14/04/2012 at 08:53

    salam,, mengapa anak kucing tak kuat nak berjalan kaki… anak kucing 4bulan..

  • Farrah alias baba 25/03/2012 at 13:52

    ..kucing_q aneh bgtz
    dy suka tmpat dingin, bwt bobo
    klo gax makan, pas minta makan, dia slalu mengeong iba
    klo habis makan, gx minu, trus ngeong nggak keruan
    habis makan, dia jilat2 bibir kyk m mntah…
    :'( knp ea????

  • siti 19/03/2012 at 15:14

    . .kaki_na kucing q sakit. .
    . .dia jalan_na pincang. .
    . .udah 2 hari 9agk mau makan. .
    . .2 hari juga dia tidur terus. .
    . .padahal kalo dia lapar pasti dia ngomong. .
    . .kira kira kenapa yaw,??. .

    • krafty 20/03/2012 at 15:47

      Sakit 🙁
      Udah dibawa ke dokter hewan? Atau setidaknya, disuapi makanan dan minuman, supaya ga dehidrasi

  • seni sandra 29/02/2012 at 08:19

    kucingku lagi bunting anaknya mati didalam perutnya jadi tidak bisa keluar . gimana yaa aku kasian melihat kucingku . bagaimana cara menyembuhkannya ato mengeluarkan anaknya dalam perut itu ?

  • Feby pasha ramadhan 22/01/2012 at 02:49

    Saya mau tanya,kenapa kucing saya pernafasan’y seperti orang yg trkena asma?
    Lalu bgaimna cara menanganinya?
    Terima kasih.

  • farrah alias baba 16/12/2011 at 13:38

    kucinngku kok jalannya pincang, ya?? terus pas q megang kaki blakangnya, dia nyakar q….. plis… kucingku knp sich??

  • Trisha 18/11/2011 at 12:27

    kucing q kok sering nyakar” bajuku ya? Padahal udah aku kasih makan dan minum. Udah aku kasih makanan favorit dia. Trus demennya dielus2. Suka gigitin baju saya, giliran dikasih makan suka gamau. Dan suara napasnya suka terdengar putus” dan seperti ada lendir di tenggrokannya. Apakah dia terkena penyakit pernafasan & pencernaan ya mbak?

  • Farrah alias baba 15/11/2011 at 18:49

    mbak, tolong jawab segera ya…. q khawatir nih, kucingku umurnya lagi 10 bln, dia kayaknya sakit, bener ga ya? dia itu ga mau makan, q beliin yg mahal, mahal! dia ga mau, trus dia tampak lesu, biasanya dia cakar-cakar bajuku kalo minta makan, sekarang klo minta makan cuma ngeoong rintih..dia sering haus. sering tiduran, dia yg lincah skarang jadi pendiam minta ampuuun, knp???

  • enzeer 05/11/2011 at 18:24

    kucing saya sejak sa jumpa dia. dia tdk dapat berjalan dengan betul. seolah-olah berjalan di tempat yang licin. tapi, dia cergas , pemakanan dia x ada perubhan. adakah kakinya cacat atau kucing ini berpenyakit ? HELP PLEASE. 🙂

  • Farrah 23/09/2011 at 12:07

    kucingku nakal, aku beli ikan gereh, dia nyundul kakiku dari belakang, ikan gerehnya jtuh, truzz digondol kucing gwa

  • rere 05/06/2011 at 19:42

    kucing aq matanya kayak yg teleng,,jadi gak fokus kalau ngeliat sesuatu,,
    knpa y??
    dulu kucing aq matanya bagus banget,,,

Leave a Comment