Yang Perlu Diketahui Pemelihara Kucing

kitten_6

Memelihara kucing kelihatannya mudah, akan tetapi ada beberapa hal penting yang mungkin perlu diketahui atau dihindari oleh para pemelihara kucing:

Sebaiknya hindari pemberian susu bubuk atau cream pada kucing. Di dalam susu atau cream kemungkinan terdapat kandungan gula yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh seekor kucing. Gula yang tidak dibutuhkan tersebut dapat menyebabkan kucing mengalami gangguan pencernaan seperti diare.

Pada umur 6 bulan, seekor kucing dapat dikategorikan sebagai kucing dewasa meski sebenarnya masih bisa bertumbuh sampai umur satu tahun. Oleh karena cukup pendeknya masa pertumbuhan pada kucing, sebaiknya diberikan makanan yang baik pada saat kucing masih dalam masa pertumbuhan. Anak kucing membutuhkan protein 3 kali lebih banyak dibandingkan kucing dewasa. Akan tetapi pemberian makan pada anak kucing sebaiknya tidak berlebihan.

Penyediaan air minum yang matang dan bersih amat penting. Tempat minum yang digunakan harus benar-benar bersih dan tidak mengandung sabun cuci. Tempat minum yang tercemar oleh sabun dapat menyebabkan kucing menderita diare.

Anak kucing memerlukan tidur kurang lebih 16 sampai 18 jam dalam sehari. Jadi apabila anak kucing anda sedang tidur, biarkanlah mereka tidur. Menurut para ahli, sebenarnya kucing tidurnya tidak terlalu nyenyak. Oleh karena itu, diperlukan waktu tidur yang lama sebagai penggantinya.

Anak kucing biasanya suka untuk bermain. Sewaktu mereka masih kecil, merupakan waktu yang tepat untuk mengajarkan mereka hal-hal yang anda inginkan. Pada saat anak kucing itu masih kecil, apa yang diajarkan oleh pemilik akan membentuk sifat dasar dari kucing tersebut. Sebagai contoh, bila anak kucing tersebut sering diajak bermain saat masih kecil, sampai dewasa sifat kucing tersebut akan periang dan suka bermain. Kasih sayang yang anda berikan juga akan berperan dalam membentuk sifat dasar kucing serta menentukan erat tidaknya hubungannya dengan anda.

Hati-hati apabila kucing anda bermain-main dengan kain atau benang. Hal ini dapat membahayakan keselamatan si kucing karena mereka suka menggigitnya atau bahkan memungkinkan termakan olehnya.

Jangan sekali-kali memukul kucing apabila ia melakukan kesalahan. Hal ini dapat memberikan dampak yang amat serius pada emosi serta kesehatan kucing anda.

Membentak ataupun memukul kucing hanya akan menakutkan si kucing tanpa menyelesaikan masalah yang sesungguhnya. Jangan pernah berpikir bahwa dengan memukul atau membentak akan menimbulkan perasaan bersalah pada si kucing. Pada saat si kucing lari saat dibentak atau dipukul, sebenarnya kucing itu tidak merasa bersalah akan tetapi hanya karena ketakutan.

Source : dari berbagai sumber.

Artikel ini sudah dibaca: 58711 kali.

  • https://www.facebook.com/anissa.khairina Anissa Khairina

    Saya punya anak kucing kampung, dulunya sebelum saya ambil dy terbiasa makan dari sampah sama ibunya dan sekarang saya kasih makan pelet kucing dy kurang suka dan makannya sedikit banget. Gimana caranya maksa dy supaya mau makan pelet kucing yaa ? Mohon infonya

  • dera

    Hai all
    Plz Tolong bantu saya yaaa
    Ada kucing kampung abiz ngelahirin, trus dia gag bisa nyusuin anaknya. Anaknya uda mati 2 ekor and tinggal 1 ekor.
    Nah gimana Cara ngebantu yg 1 ekor ini. Kasian bgt ,,,, hikz.

    Many thanks

  • andin

    Aku punya kucing blacktea namanya, kebetulan lahirnya selisih 20hr dgn kucingku yg satunya. Entah mungkin blacktea ini lahir prematur atau gmn krn waktu induknya hamil pindah tempat ke rmahku dan lumayan jauh jg. Stlh lahir mlh induknya ndakmau nyusui, akhirnya aku rayu induk satunya ternyata mau menyusui. Alhamdulillah bisa lega aku. Tapi lama2 induk ini jg g mau nyusui, mungkin tau kalau bukan anaknya. Akirnya aku belikan dot khusus untuk anak kucing, 3kali sehari aku kasih susu kusus anak kucing. Yg bikin kasian kalau aku campur dgn anak kucing lain slalu di cuekin, g ada yg mau dekat. Karena memang lain pertumbuhannya dgn anak kucing satunya. Terpaut 20hr aja sprti msh umur 1bulan, jadi kayak kerdil gitu. Jika ada yg baca ini tolong bagi2 pengalaman, mungkinkah kucing ini nantinya bisa besar? Kalau kondisinya sehat, untuk makan dan minum ndak bisa pakai lidah. Lidahnya kecil, tapi kalau gigit langsung tangan ini bedarah. Tajam sekali giginya, apalagi kl udah kelaparan……

  • nahasita

    Astaghfirullah.. Sy gatau lagi gmn cara ngobatin kucing sy hiroshima. Kira2 2minggu lebih neng shima skit. Awalnya flu pilek. Udh kedokter & menceritkan keluhanya tp dokternya bloon. Udh gad diagnosa apa2 disuntik vit c & dikasih obat tp 10hari sy suapin obatnya msh jg ga sembuh. Tiap hari sy suapin makan kuning telor, susu bear brand & makanan instanya yg sy cairkan + digabung sm bear brand. Biar stidaknya ada nutrisi lengkap yg msk ketubuhnya. & u know what? Slm skit tdk skalipun neng shima pup/BaB. & skrg udh skitar 2minggu lebih. Sudah sy ksh susu frisian flag hngat sengaja biar dia pup. Tp msh jg ga pup. Udh sy ksh daun kucing2an & air rebusanya msh jg ga pup & ga sembuh2. Malam ini pas bgt mlm ini, neng shima nangis trs smbil mondar mandir jalan terbata2 krn lemes. Air mata sejak sakit smpe skrgpun ga sudah2 kluar trs. & skrg bnr2 nangis trs, ngeongan lemesnya ga brenti2. Tp tetep, dikasih mknpun tdk mau & hrs sll disuapin & itupun penuh pengorbanan kena cakar. Sy sedih, krn sy kebetulan lg boke berat. Tp 1 rmh gada yg mau action bw neng shima ke klinik hewan lebih besar & katanya lebih bagus. Yg lain cm bs blng kasian. Saat sehat smuanya syg. Tp knp saat sakit smuanya pelit. Rasanya pengen triaaaaakk!! Tp cm bs nangis krn sy ga bs bw neng shima kedokter lg. Saat ngunyah buburnya pun, brisik skali spt dia ngunyah kacang garing pdhl jls2 dia makan bubur super encer. & napasnya brisik spti penuh dahak ditenggorokanya. Kl tidur tengkurep dgn mulut menempel dilantai/alas tmpt neng shima tdr. Napasnya pun terdengar berat. Ya Allah ga tega bgt sy ngliatnya. Dan sy gatau hrs diksh obat apalagi.. Yg sy bs saat ini hnya mrawatnya smaksimal mungkin+berdoa yg terbaik utk neng shima. Dan mungkin sy lebih ikhlas kl dia mati cepat dr pd melihatnya menderita tak berkesudahan spti 2minggu ini

    • http://www.kittykrafty.com EditorKrafty

      Turut prihatin ya Nahasita … Tapi memang kucing kalau sakit, dan belum sembuh walau sudah dikasih obat, sebaiknya kita datang lagi ke dokter. Kita juga kalau sakit, kadang-kadang gak cukup sekali ke dokter kan ya?

      Nahasita di lokasi mana? Bisa membawa kucingmu ke Pondok Pengayom Satwa yang berlokasi di daerah Ragunan? Ini alamatnya:

      Jl. Harsono R.M. No. 10
      Ragunan – Jakarta Selatan

      Telp (021) 7819617
      Fax (021) 7804993

      • nahasita

        Baru buka email lg ni. Rasa sedihnya yg smpe hr ini 19 sept’13 msh jg ga ilang2, smpe sy trs2an mimpiin neng shima saking.
        Minggu tgl. 8 sept’13 pagi hr terahir sy ktm neng shima. Krn buru2 mau kenikahan saudara diragunan jd ga sempet ngelus neng shima dihari trahirnya hidup. Dan diperjalanan sy ngliat spti rumah sakit hewan bahkan sy & ortu sudah rencana mau bw neng shima ksitu. Krn tgl 7 mlm minggunya neng shima udh ke klinik yg lebih bgs dr sblumnya, dan dokternyapun give up bahkan ga brani ngasih obat tp disuntik 2x antibiotik & 1lg sy lupa suntik apa namanya. dokter blng hrs dirotgen dll krn neng shima sptinya terkena liver kl diliat dr mulut tenggorkan & lidahnya yg menguning. Tp sy tetep ga percaya, sy yg ksh mkn, ksh minum & obat yg smuanya wrna kuning & saking sakitnya neng shima smpe susah nelen bahkan napaspun susah krn byk dahak ditenggorakanya.

        Lg diatas panggung mau foto2 sm penganten tau2 ayah sy ngabarin kl neng shima udh mati. Gemeteran lgs sy nangis saat itu jg & mau buru2 plng berharap sempet meluk sblm neng dikubur. Tp apa daya udh terlanjur dikubur sm adiku. Neng shima matinya bnr2 dipangkuan adiku smbil ngeong & tarik napas panjang trs tau2 trahir napas neng triak dulu smbil ngehela napas panjang & peganganya menguat ky lg ksakitan. Tau2 *trink! Bobo panjang deh neng shimanya ga bgn2. Tp aq bahagia krn doaqu 2mlm berturut2 smbil tdr sm neng shima smbil nangis & ga tega denger dia nangis trs ksakitan dikabulkan, Doa agar neng shima dicabut nyawanya. Krn ga tega bnr2 ga tega ngliatnya smpe ga bs tdr 3hari nangis trs jln tergopoh2 nyamperin sy/mom seolah mnta didengerin keluhanya mnta diperhatiin mnta diobatin mnta disayangin dan ktika dielus2 dia diem ga nngis lg. Dan bnr kata ayahqu pagi2 tgl 8 blng neng shima maksa bnr mau kluar pager, biasanya itu tanda2 kucing mau mati yg konon katanya kucing pliharaan itu gamau mati klihatan majikan krn gamau majikan sedih. Bnr aja ternyata.. Yah.. Skrg neng shima udh bahagia udh napas lega udh ga kesakitan udh mkn byk diakhirat deh.

        Utk para pecinta binatang & kucing khususnya. Sbaiknya kl kalian lg sakit apapun sakit itu jgn dkt2 pets kalian. Apalagi meluk & cium. Krn spengalaman sy, sptinya neng shima ketularan flu dr sy khususnya yg sll ngajak dia tdr brng.

        Oiya lupa. Sy tigl dikelapa dua tangerang. & bagi para pcinta kucing, bs add fb neng shima ya di Hiroshima & Fams atau search by email hiroshimasatu@yahoo.com disitu ada foto2 shima & kluarganya ;)
        -Kamsamida ;)-

  • shafiraainun

    hai,, aku punya kucing kampung umur 3 bulan, sdah 2 hari ini nafsu mkannya berkurang itu kenapa ya? padahal pupnya sehat, masih aktif banget,
    lalu sebelum tidur biasanya kucingku itu ska gigit2 tangan atau gk kaki, apa itu wajar?
    tlong di jawab ya,, kashan dia makin brkurang brat bdannya

  • Erry

    Halo, aku punya kucing jantan maine coone umur 1th. Dari kecil dia tdk pernah pipis (selalu di tempat yg sudah di sediakan) tapi akhir2 dia suka pipis sembarangan. Bagai mana cara mengatasinya. Makasih

  • farah

    mau tanya.. kenapa yaa kucingku nafasnya suka bunyi “grok grok” tp saat tidur tidak berbunyi. itu knp? plis pencerahannya.. mksh

    • helmi

      sama , kucing saya juga bunyinya gruk gruk.. jadi gmna caranya biar bunyi gruk gruk nafasnya ilang ya ???

      • desta

        itu berarti kucing andan minta di elus dan disayang,sama seperti kucing ku

  • wimakav

    kenapa ya kucing saya kalau bernafas selalu berbunyi krukk krukk gituu,,
    dan knapa tidak terlalu nafsu makan??
    saya memberi makan sehari sekali dan itupun sedikit dan tidak habis,
    satu lgi, kcing umur 3 bulan apa sudah boleh di mandikan ?

    terimakasihhh :D tolong jawabanya.

  • fafa

    haii…
    mau tanya dan mohon bantuannya,,,
    kucingku jenis kucing kampung,,,sudah lama mencret dan belum sembuh benar,,,kadang hanya kluar sedikit dan kadang bs banyak sekali,,,sudah pernah saya panggilkan dokter hewan, dan diberi vaksin + obat, tetapi tidak menyembuhkan malah setelah minum obat dari dokter kucing saya selalu mengeluarkan air liur,,,selaput mata bagian dalam terkadang sampai naik,,,apakah itu tanda kucing saya sangat kesakitan?tindakan apa yang harus saya lakukan untuk kucing saya?saya sudah bingung,,,sudah hampir 2 bulan tetap saja mencret,,,
    terimakasih banyak…mohon bantuannya

  • dericka s fajar

    please respond!
    klo msnlnya gx ada kndg kucing lbh baik ksih taruh mna ya???(untk anak kucing)
    makanan sehari hari anak kucing tu apa saja???
    blh ksh susu cair gx?????(seperti susu kotak)
    bisa makan nasi gk????
    klo minumnya lgsg pke gelas kcil blh gx???
    itu aja sich
    please respond y lgi urgent nich

    • http://www.kittykrafty.com EditorKrafty

      Dericka,

      Kalau tidak punya kandang kucing, bisa gunakan kardus. Dilapis dengan kain yang bersih. Kalau kainnya kotor, supaya diganti …

      Anak kucingnya umur berapa? kalau masih terlalu kecil, kasih susu kedelai saja amannya. Kuatirnya kalau susu kotak, pencernaan kucingnya masih gak kuat dan malah mencret-mencret. Tapi kalau sudah bisa jalan, pakai susu cair putih saja.

      Soal nasi dan gelas kecil, tergantung usia kucingnya ya..Kucing yang sudah bisa jalan, umumnya sudah bisa minum sendiri dari mangkuk. Tapi klo yang baru lahir seperti cerita Bastian dan Baby, mau gak mau harus disusuin pakai dot … lihat ceritanya di http://kittykrafty.com/bastian-baby-dibuang-sejak-baru-lahir/

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Anak kucing (bayi kucing) sebaiknya ditaruh di kandang yang hangat, beri susu khusus kucing, atau susu formula yang non lactosa. Bisa diberikan melalui dot khusus bayi kucing

  • miss nineteen

    macam mana merawat kalo kucing terminum air sabun .. asyik muntah2 saje.. tlg..:(

    • http://www.kittykrafty.com EditorKrafty

      Sekarang masih muntah-muntah kah? Kalau masih terus muntah sebaiknya dibawa ke dokter hewan. Takutnya dia keracunan …

  • alma alifia

    Met malaaaam.. saya alma. Aku punya kucing persia. Kucingku itu EE dan pipis sembarangan. Padahal sudah kusiapkan pasir khusus EE Dan pipis. Tapi dia malah EE Di kamarku, gimana ya biar kucingku EEdan pipis di pasir khusus EE dan pipis?? Trims

  • nanee

    Kittenq umur 2bln dan blm vaksin…kenapa kyk ada bunyi “kruk2″ gitu ya,mamin sm bak/bab normal,kl malam kucingnya dimasukkan kandang,tp paginya knp selalu ada muntahan di kandangnya ya…??terimakasih

  • adrenal

    bagai mana agar kucing kita yg teroma bisa sembuh tidak ada rasa takut dengar suara keras

  • audi

    bagaimana agar kucing kecilku tidak rewel

  • putri

    Gimana caranya agar kucing cepet gemuk? Kucingku kurus padahal dia makannya banyak.

  • nia

    boleh saya bertanya… bagaimana cara mengobati kucing yang telah dipukul (kucinku di pukul tetangga dan ga mau makan bahkan ga mau bergerak)
    kucing aku belum setahun… aku gk mau dia mati

    mohon dijawab ya

  • leezt

    Aq mw tnya yah…
    aq pnya kucing jenis persia,usianya hampir 6 bulan tp matanya slalu berair padahal sudah ke drh,apakah sering berair matanya itu pnyakit yang berbahaya?
    thx

  • Danu

    Anak Kucingku kq suka meong2 mulu y?bingung aq dia maux apa. .

  • nur ain fatihah

    macam mana mau kucing lebih aktif dari tidur kerna kucing saya lebih banyak tidur dan tidak periang…

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Kucingnya sudah tua? sifat kucing ada yang pemalas juga lho

  • http://www.facebook.com shabirah zulfa hanifah

    halo… ira di sini :D aku punya kucing yang jenisnya kucing lokal, nah kucingku itu suka banget naik ke meja,sama mama sering di pukul tuh, kan di atas di blg ga blh di bentak dan di pukul, terus cara ngatasinnya gmn ya?

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Benar Ira, jangan dipukul. Lakukan kontak mata, lalu dorong ke bawah, berulang-ulang. Yang penting lagi, jangan sengaja taruh makanan terbuka di atas meja ya :)

  • shella

    heei,, aku mau nanya nih,, aku punya dua anak kucing persia (cwek n cwok) umurnya 2.5 bulan,, yang lucu dan rese’ bgt deh,, hehhhee

    knp ya kucing.ku yang cowok., d daerah dket hidung.nya selalu basah..? apa itu cairan dari matanya..? trus klo dia nafas kayak ada suara aneh gt..? apa kucing ku sakit..sedang si cewek baik2 aja dan gak ada keluhan..

    tolong d jawab y….

    thank’s before

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Hidungnya peseknya? Biasanya itu normal kok. Tapi untuk memastikannya konsultasikan dengan dokter ya

  • aldy

    Malam gan mau nanya nih kucing ane umurnya 2bulan cuma itu kucing agresif banget cara nanganinnya gimana ya gan?
    Thank’s agan

  • ami

    Cara ngobatin anak kucing yg diare apa ya? Aku mungut kucing rumah di dket kampus. Katanya diare bs disebabkan prubahan makanan dan lngkungan. Gimana ya cara ngobatinnya? Obat diare untk kucing apa dijual diapotik biasa?

  • Ayy

    Siang .
    Mau tanya , kucingku itu bulunya rontok banyak banget.
    Trus ada kutunya jg, itu cara menanggulanginya gmana ya?
    Makasih :-)

  • Wied

    sore..
    adik sepupu saya barusan mungut anak kucing (msih kecil bgt) dri jalan,dia ga bwa pulang k rumahnya mlah di tinggal di rmah saya,ktanya saya aja yang ngurus..nah saya bingung hrus ngasih mkan apa?susu yang kyak gmn?mohon pencerahannya…

    trimakasih sblumnya…

  • amel

    hy,, aku mau nanya lagii nihh,,
    kan porsi baiik mkanan kucing ituu sehari 3 kalii..
    nahh,kucing aku kadang suka 4-5 kalii,,
    klau misalnya ga dkasihh kasian,dia suka mngeong2..
    gmn sarannya supaya porsi mknnya jadi normal kembali?

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Mmmmm… karena perut kucing lebih kecil dr manusia, mereka makan sedikit2 tapi sering.. Jadi sehari kurang lebih 4-5 kali masih wajar

  • Byan

    aku punya kucing persia umur 3 bulan, kenapa ya perutnya itu suka bunyi dan kadang-kadang dia juga suka batuk.
    waktu itu pernah d bawa k drh waktu diare beberapa hari lalu, tpi diarenya sekarang sudah sembuh.

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      udah pernah dikasih obat cacing? coba tanya ke drh-nya deh

  • indah

    saya punya masalah ni..kucing saya sangat strees bila dekat saya karna pernah saya pukul,,,gimana caranya agar dia gk stress lagi,,,coz dia sangat ketakutan sekali..

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Mungkin pendekatan pelan2?
      Tapi ya, aku tuh percaya binatang paham loh sama apa yang kita omongin.. COba minta maaf deh.. pelan2 dielus2 gitu..

  • amel

    hai,,
    aku mau tanya . kalaw cara menyikat gigi yg baik pada kucing itu gimana ??
    kucing aku kalaw mau disikat giginya suka memberontak..
    emng sikat gigi untuk kucing itu perlu ya ???

    • http://www.kittykrafty.com ika

      Perlu? iya perlu, supaya giginya ga berkarang, dan nafasnya ga bau… Agak susah sih, tapi pelan2 aja diusahakan. Seminggu sekali deh…

  • Irawansaleh

    Sy punya kitten umur 6 bln, jenis maine coon, betina. Makan/minumnya normal, pup.nya baik, suka bermain. Problemnya: Mengapa phisiknya kecil, beratnya tdk mencapai 2kg,. Bukankah jenis maine coon mempunyai phisik besar dN berbulu lebat/panjang,. Mohon petunjuknya, bgm menanggulanginya, agar phisiknya tumbuh besar,.

    • http://www.kittykrafty.com ika

      sudah diperiksa ke drh? sudah lebih dari 3 bulan mestinya sudah dapat vaksinasi ya.. sekalian konsultasi gizi deh sama drh-nya

  • Farrah

    cmn tanya, kucing ku kucing kampung jg, tapi q g pernah kasih dia bedak, sampo, atau parfum khusus kucing, apa bahayanya kita kalau memakai shampoo manusia??

    • http://www.kittykrafty.com ika

      Kan bahannya beda… :D

  • ditta

    haaii…

    aku mau tnya..
    kucing aku jenis kucing kampung..
    aku beli obat anti kutu bentuknya bedak tabur merk’y kututox-s dari medion..cara pemakaiannya kt’y tinggal ditaburkan aja ato dilarutkan k’air trus diseprotin..
    nah pertanyaan aku, emg ga bahaya ya??maksud’y kucing kan suka jilat2 badan sendiri, klo pas abiz di kasih tu obat kutu trus jilat2 gitu emg ga bahaya??

    makasih..

    • http://www.kittykrafty.com Ika

      Hai Ditta..

      Yang namanya obat utk luar, pasti berbahaya ya kalau tertelan… Dan sebaiknya setelah diberi bedak kutu, si pusnya harus dimandikan sampai bersih.. begitu.. :)