Cara Merawat Kucing

kucing main piano

Dasar-dasar perawatan kucing | img:freeimages.com


Berikut adalah tips dasar untuk perawatan kucing Anda :

Berikanlah makanan khusus kucing yang sudah direkomendasikan dan mempunyai gizi lengkap sehingga kondisi kesehatannya terjamin.
Jangan berlebihan dalam memberikan makanan kepada kucing Anda. Takaran pemberian makanan kucing diusahakan sekali makan akan habis sehingga makanan yang diberikan selalu berganti (kondisinya dalam keadaan baru). Hal ini juga akan menghindari obesitas (kegemukan) karena takaran makan pas dengan kebutuhannya.

Pilih makanan kering karena praktis dan butiran butiran keringnya membantu membersihkan gigi kucing. Jika kucing sudah terbiasa mengonsumsi makanan basah, usahakan 1 kali pemberian pakan pas takaran dan sisa yang masih ada di kaleng disimpan di kulkas. Saat memberikan makanan yang disimpan di kulkas, maka harus dihangatkan atau dikeluarkan sebentar dari kulkas sehingga suhu makanan tidak dingin (suhu ruang).

Tempat makanan kucing harus selalu bersih, sisa makanan (terutama basah) langsung dibuang.

Berikan makanan pada jam-jam tertentu untuk membiasakan kucing mengetahui jadwal makannya.

Bila kucing tidak ditempatkan di dalam kandang, berikan makan di sudut/tempat tertentu (jangan dipindah-pindah) untuk membiasakan kucing mengetahui secara otomatis tempat makanannya diletakkan.

Sediakan cukup air minum matang di kandang atau di tempat lainnya (bisa di dekat tempat makannya), meskipun kucing sedikit minum akan tetapi tetap memerlukan persediaan minum.

Berikan tempat tidur yang nyaman, apabila memungkinkan yang terbuat dari rotan (bahan luarnya) sehingga dapat digunakan untuk mengasah kuku dan untuk menghindari menggaruk perabotan rumah tangga lainnya.

Kotak kotoran harus diisi cat litter (pasir kucing) yang banyak dijual di pet shop/super market gunakan yang mempunyai daya serap tinggi sehingga dapat menyerap kencing dengan cepat. Segera buang kotoran kucing (BAB) sesegera mungkin dan ganti pasir kucing yang sudah berisi kencing 2 x sehari (pagi, sore).

Mandikan kucing paling sedikit 3 x dalam 1 bulan atau 1 minggu sekali dengan menggunakan shampoo kucing yang ber PH rendah.

Lakukan penyisiran bulu setiap hari agar bulu yang rontok tidak akan terjilat yang menyebabkan kucing akan muntah karena tertelan bulu dan akan mengganggu sistem pencernaannya.

Lakukan vaksinasi sesuai umur dan kebutuhan juga periksakan kesehatan kucing secara rutin ke dokter hewan terdekat.

Segera periksakan ke dokter hewan apabila kucing memperlihatkan gejala awal terserang sakit, seperti : tidak mempunyai nafsu makan/nafsu makan berkurang, pilek/keluar ingus, BAB lembek/tidak normal.

Artikel ini sudah dibaca: 25958 kali.

25 Comments

  • rahmi kerbek 31/03/2014 at 11:04

    gimana caranya biar kucing nggak ngeao ngeao setiap hari?

  • Ahmad Basori 12/03/2014 at 05:30

    Kucingku si mario namanya.dlm satu hari bisa bab nympei 4-5 kali.yang pertama agak keras, kedua dan seterusnya agak mencret gitu, gara garanya waktu saya beli seminggu yang lalu hujan gede.dia di dalam kardus padahal kardusnya gak basah karna di tutupin pakai kandang nya.minta solusi dong

  • khaerudin tidung 10/11/2013 at 12:27

    salam kenal gan/sis… gimana cara nya biar bulu kucing ga rontok ya….

  • Damas 13/02/2013 at 09:25

    sip nih…
    jadi nambah ilmu pengetahuan tentang perawatan kucing ^^

  • faizal 28/08/2012 at 17:57

    kucingq klo bab kotoranx past ada yg mlekat d bulu blkang…gmn y carax biar g gt lg, cz kucingx jd bau..
    ???

  • Armstrong Indonesia 14/08/2012 at 09:44

    makasih untuk artikelnya, bs nambah pengalaman buat merawat kucing anggora q

  • cleaning services 14/08/2012 at 09:36

    kalau kucing anggora seminggu sekali harus di mandiin biar tetep wangi. hehe

  • tiffany 21/07/2012 at 15:28

    kucing saya hampir mati karena terlempar .
    Bagaimana cara mengatasiya ?

  • hendra pojex 13/07/2012 at 18:49

    Sediakan tempat berisi pasir / sobekan Koran bekas üñ?ú? membiasakan diri
    Sebaiknya dikurung Dulu dalam kandang, §ëtélãh tetbiasa baru dilepas dengan
    Tempat kotoran tadi ¥@?? sudah di siapkan di sudut ruangan …!

  • lala & M i U 12/04/2012 at 15:06

    hehehe….jujur shaja…shaya tak pernah
    mandiin kucing ane….malez mandiin kucing ane…(miu)
    sebenerna ane udh pernah memelihara kucing bnyk tp gx pernah ku mandiin 1 bulan lebih ^_^ heheh malez…~
    gimana tips? biar kucing gax kabur kalo dimandiin sama majikan???

  • ida 11/04/2012 at 12:30

    kucingku berusia 10bln, tapi bulunya rontok padahal udah pake shampo kucing anti rontok. gimana caranya biar bulunya gak rontok lagi…coz takut bahaya untuk anak2,,,,trimakasih sarannya ^_*

    • tari 29/04/2012 at 19:52

      kucing dgn bulu rontok itu biasanya bukan krn shampo tp krn makanannya

  • anggra 18/03/2012 at 12:08

    kalau kucing anggora peut nyah bunyi bunyi terus ,kenapa iyah ?

  • Adesio 02/03/2012 at 00:27

    sya sneng bngt ma kucing, pngen punya kucing yg mahal tpi blum ksmpean,,, mungkin nanti,,hehehe

  • carpet 14/10/2011 at 11:11

    gimana caranya merawat kucing yang bulunya rontok ?

Leave a Comment