Diare pada kucing

Suatu ketika anda melihat kotoran yang sangat lembek sampai cair di litter box kucing kesayangan anda. Itu pertanda si meong terkena diare.

Pada kucing normal, frekuensi BAB antara 1 – 2 kali sehari, dengan bentuk kotoran yang padat. Jika terkena diare, maka frekuensi BAB menjadi lebih sering, dan berbentuk cair, berlendir dan kadang-kadang terdapat darah di kotorannya.

Kita harus waspada dan segera memberikan pertolongan. Terlebih jika frekuensinya sangat sering. Karena jika dibiarkan maka si meong akan terkena dehidrasi, yang menyebabkan kondisi tubuhnya menurun drastis dan bisa mengakibatkan kematian.

Penyebab diare pada kucing bisa infeksi maupun bukan infeksi.

Diare yang disebabkan bukan karena infeksi biasanya disebabkan oleh perubahan menu makanan, atau karena obat.

Diare karena infeksi disebabkan virus, jamur, bakteri maupun parasit. Jangan berikan obat anti diare, karena mencret dan muntah merupakan mekanisme alami membuang racun dari ususnya. Cukup berikan oralit buatan sendiri berupa campuran air, gula dan garam sedikit, atau oralit khusus kucing (ada di pet shop) untuk mencegah dehidrasi. Jika dalam kotorannya terkandung darah, segera periksakan.

Yang penting pada saat kucing terkena diare, perhatikan tanda-tanda dehidrasi, jika perlu bawa ke dokter hewan untuk diberi infus guna memasukkan cairan ke tubuhnya.

Adapun tanda-tanda dehidrasi pada kucing dapat dibagi menjadi:

  1. Dehidrasi ringan, jarang buang air kecil, atau sedikit, mata kering, mulut kering
  2. Dehidrasi sedang, tampak lemas, mata suram (biasanya kucing yang sehat matanya cerah), kulit kering, semakin jarang buang air kecil
  3. Dehidrasi berat, sangat lemas, tidak mau minum sama sekali, tidak buang air kecil lebih dari sehari, kulit tidak kembali jika dicubit.

Pisahkan perawatan kucing yang terkena diare dari kucing yang sehat. Jagalah selalu kebersihan tempatnya.

 

Artikel ini sudah dibaca: 18886 kali.

  • anne

    mau tanya nih, saya punya kucing angora umur sekitar 8 bulan. sudah hampir 2 minggu ini dia mengalami sakit mencret. minggu2 pertama dia tidak mau makan, namun skrg nafsu makannya mulai kembali normal. tapi kenapa yaa? berat badannya semakin berkurang, dan BAB nya belum normal (masih ber air). saya kira dia cacingan, tapi diberi obat cacing masih saja kondisinya seperti itu.

    mohon bantuannya yaaa! makasih ^_^

  • budy

    halo, mau tanya, kucing jantan saya bab nya encer, hampir setiap hari dia bab. Di beri obat apa ya supaya bab nya henti? Mohon bantuannya, coz d’sini juga ga ada dokter hewan.

  • Maya

    hallo, mau tanya,, saya baru piara kucing kampung umurnya sekitar 3 s/d 4bln,, sebelumnya dirawat om saya dilepas begitu saja,, karena tempat saya sempit dan tidak ada halaman, saya belikan kandang dan tdk pernah keluar sama sekali,, saya perhatikan kucing saya ini menjadi sangat malas makan dan minum,, makanannya saya berikan nasi+ikan(direbus tanpa garam) dan disela” antara makan beratnya saya kasih sedikit makanan kucing olahan,, sudah 2hr ini kucingnya jadi diare, sampai siang hari ini saja sudah 3x BAB,dan yg terakhir td ada darahnya,, tapi kucing saya ini tetap aktif sekali bermain,, apa ya yg harus saya lakukan untuk menstop diarenya dan apakah cara memberi makan yg saya berikan benar atau tidak? Td’nya sata berikan pola makan seperti itu karena kucing saya ini matanya tdk cerah dan cenderung kurus,,

  • hanny

    Maaf saya mau tanya …kucing saya bab nya encer warna hita. Itu kenapa ya …sama lobang bab nya merah … Cara mengobati nya bagaimana ? Saya minta tolong ..terimakasih

  • widiana

    Kucing ku dag ??? makan ,tidur trus ??? sangat lemas, bab ??ª air sprti lendir ,muntah,dan bahkan bab ??ª mengeluarkan darah.bgmna mengatasi ??ª ..?? Dan obat apa untuk penyembuhan ??ª ,karna sudah ??? kasik propolis tpi belum ????? prubahan..bulu pada kucing saya juga berdiri”,tdak sprti biasanya..

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Bawa segera ke dokter ya

  • dimas

    mau tanya dong.. kucing betina saya BAB nya mencret,, tapi kondisinya lagi hamil tua, tros kalo di kasih oralit bahaya ngga??
    makasih