Saat kita akan memelihara kucing sebagai teman kita, hendaknya perlu melakukan beberapa tahap persiapan, diantaranya adalah:

Sebaiknya pilihlah kucing yang kita tahu asal usulnya agar kita tau tentang bagaimana kesehatan si kucing ini. Jika kucing yang kita peroleh dari pasar hewan atau petshop hendaknya lakukan pemeriksaan kesehatan si kucing ke dokter hewan. Kalau pun anda memungut anak kucing di jalanan, sebaiknya segera periksakan kesehatan anak kucing tersebut agar bila diketahui ada gangguan kesehatan, bisa segera ditangani.

Siapkan kandang sejak pertama kali si kucing datang ke tempat anda karena terkadang kucing yang baru saja pindah ke tempat baru akan sedikit mengalami stress, ketakutan, dan bisa jadi dia akan mencakar anda sebagai pertahanan dirinya. Untuk beberapa waktu, masukkan kucing ke dalam kandang agar ia mulai mengenal suasana rumah barunya.

Siapkan makanan yang cukup untuk si kucing, agar ia merasa bahwa di tempat barunya tersebut, ia mendapat perhatian dan kasih sayang. Untuk makanan sebaiknya tanyakan kepada pemilik terdahulu menggunakan makanan apa, jangan langsung mengganti makanannya, karena makanan yang langsung diganti akan membuat pencernaannya tidak nyaman dan mencret. Sebaiknya ganti makanannya secara bertahap.

Berikan nama pada kucing, dan sesekali belailah dia, hal ini akan membuat si kucing merasa nyaman di tempat baru dan membuatnya menjadi jinak pada kita.

Artikel ini sudah dibaca: 8560 kali.