Mengapa Mata Kucing Bisa Bersinar Dalam Gelap?

Warna Mata Kucing yang Bersinar di Kegelapan

Pupil besar dan bulat yang ada dimata kucing memiliki kemampuan untuk melihat di dalam kegelapan yang jauh lebih tinggi ketimbang mata manusia. Kucing adalah pemburu yang aktif di fajar dan senja, umumnya kucing dapat melihat di suatu tempat yang gelap gulita sebaik kita melihat di tempat yang diterangi sinar bulan.

Apabila kamu memperhatikan mata kucingmu di malam hari dibawah sinar lampu, kamu akan melihat bahwa pupil kucingmu berbentuk elips, berbeda dengan pupil manusia yang bulat. Dibawah sinar lampu, pupilnya akan menjadi tipis untuk menjaga retinanya yang sensitif, dan apabila lampunya dimatikan, pupilnya akan membesar hingga memenuhi matanya, seakan-akan matanya benar-benar hitam.

Sinar merah yang dipancarkan dari mata kucingmu sendiri disebabkan oleh refleksi cahaya dari lapisan jaringan yang disebut “tapetum lucidum” yang melapisi bola mata kucing di belakang retina, berfungsi layaknya cermin merefleksikan cahaya yang tidak diserap saat pertama kali memasuki retinanya kembali keluar dari mata kucingmu. Hasilnya adalah sinar menyeramkan di mata kucingmu di ruangan-ruangan gelap.

Uniknya, beberapa mata kucing dapat bersinar hijau, bukan merah. Semua ini tergantung pada warna mata kucing itu sendiri. Umumnya mata biru akan bersinar merah, sedangkan mata emas dan hijau akan bersinar hijau.

Artikel ini sudah dibaca: 150 kali.

No Comments