Memang sangat menjengkelkan ketika melihat pasir yang penuh dengan kotoran kucing peliharaan kita. Tapi memang demikian konsekuensi ketika kita memelihara kucing. Selucu apapun si kucing, kita masih tetap saja harus berurusan dengan kotorannya.

Kalau tidak dilatih, kucing akan membuang kotorannya di sembarang tempat. Dan ketika sudah dilatih untuk membuang kotoran di Bak Pasir atau Cat Litter yang khusus disediakan untuk kucing, maka menjadi rutinitas bagi kita untuk membuang dan membersihkan pasir Cat Litter tersebut. Karena kalau tidak dibuang, maka akan berbau dan tidak sehat untuk kucing dan kita sendiri.

Berikut adalah tips mencuci pasir Cat Litter dari blog dekNitnot:

  • Pasir yang digunakan adalah pasir cuci atau pasir zeolit. ┬áJadi sebelum mencuci pasir, kotoran yang berada di kotak pasir diangkat dulu dengan sekop khusus pasir. Setelah kotoran bersih, pindahkan pasir ke dalam tempat yang berlubang bawahnya kemudian siram dengan air hingga air yang mengalir berubah menjadi bening.
  • Setelah air yang mengalir bening, pindahkan pasir ke dalam kotak yang tidak berlubang, tuangkan desinfektan secukupnya ke dalam kotak yang telah berisi pasir dan sedikit air, diamkan selama 30 menit agar desinfektan bekerja.
  • Setelah 30 menit, pindahkan pasir ke kotak berlubang, siram dengan air hingga air yang mengalir menjadi bening.
  • Semprotkan desinfektan yang telah dicampur dengan air ke dalam pasir, dan jemur pasir di bawah terik matahari hingga kering.
  • Pasir yang dijemur diberi alas plastik kemudian ratakan, hal ini ditujukan agar pasir cepat kering, jika tumpukan pasir terlalu tebal, endapan pasir yang bawah akan lama keringnya.
  • Setelah pasir selesai dicuci, jangan lupa bersihkan litter boxnya, semprot desinfektan dan sikat hingga bersih, jemur sebentar hingga kering, dan litter box yang sudah kering sudah siap digunakan lagi. Lebih baik sediakan 2 litter box agar bisa dipakai untuk gantian.
  • Cuci tangan hingga bersih sebagai pencegahan penularan penyakit dari kotoran tadi. Semoga beberapa langkah di atas berguna agar kesehatan kucing kesayangan kita tetap terjaga.

Artikel ini sudah dibaca: 18781 kali.