Menangani Kucing Stress

tongueSeekor kucing yang sedang sakit dapat bereaksi terhadap tekanan atau rasa takut. Misalnya, seekor kucing diketahui mengalami shock atau keterkejutan apabila dengan tiba-tiba saja ia muntah dan perasaan shock atau terkejut yang dialami oleh kucing mungkin saja disebabkan oleh perubahan lingkungan ataupun perubahan makanan pada kucing peliharaan Anda.

Selain itu, kucing juga sangat sensitif atau peka untuk dapat mengalami mabuk sewaktu dibawa bepergian dengan menggunakan mobil. Dengan demikian, apabila Anda ingin bepergian dengan kucing peliharaan Anda maka pastikanlah bahwa ia dapat memperoleh banyak udara segar dan beristirahatlah secara teratur.

Kemudian perhatikan pula secara seksama tanda-tanda petunjuk bahwa kucing kesayangan Anda tengah mengalami mabuk darat, seperti misalnya kucing Anda akan bernafas dengan sangat cepat dan gusinya berubah menjadi pucat warnanya.

Jika kucing Anda tiba-tiba jatuh sakit,hal ini bisa saja terjadi karena reaksi atas shock atau keterkejutan yang dialami oleh kucing Anda. Dan apabila hal ini merupakan sumber penyebab permasalahannya, maka rawatlah kucing kesayangan Anda di dalam rumah dan jangan memberikan makanan apapun kepada kucing peliharaan Anda dalam jangka waktu 1 x 24 jam.

Artikel ini sudah dibaca: 29203 kali.

  • devi

    Mau tanya, kucing sy baru melahirkan kemarin, tp knp setelah itu nafasnya jd cepet kaya yg stress lidahnya juga menjulur, itu kenapa ya ?

  • ucy

    Kucing saya habis melahirkan, tapi setelah melahirkan kucing saya terlihat setres karna saya simpan di kandang, mulutnya kaya mulut anjing mendengus gitu. Gimna yah cara mengatasinya

  • Alvin Cipta Lp

    klo kucing saya gk tau knp tuh suka tdr mulu males2 an truss klo di ajk main dia jarang ngerespond trus klo diliatin burung kenari dia langsung deketin bururng ny

  • joe

    Mw tanya nih knp ya kucing sayA typ kali sya taruh kmarx musti ngeong2 pdhl kmrx jg luas sprti mnta tlg!!!apa d biarin ato d lepas bebas?????

  • lala

    Mohon info nya …. ak punya kucing umur 3bulan tpi tiap hari ngeong2 trs gk tau knp. Di kasih makan mau makan tpi tengah malam pagi dan siang selalu ngeong2 trs.

  • agung

    Kucinq baru datang kemarin siang.. Tp kl di kandangin lidahnya selalu melet2 kyk anjing, pdhl dia juga mau mkn, tp babnya kok lembek, itu kenapa ya?,, soalnya bru pertama kl pngn memelihara kucing,,

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Biasanya kucing begitu karena kepanasan.. Coba beri air yaa

  • http://kittykrafty.com/menangani-kucing-stress/ Ambya

    Kucing saya Abis di rawat 2 Minggu karena penyakit flu yang paling mematikan , umurnya 3 bulanan belom di Vadim soalnya baru keluar Dari rumah sakit hewan , trrus dia Katanya udah sembuh tapi pas sampe rumah malah nafanya bunyi seperti idung Nya tersumbat sama ingus itu biarin Aja apa Ada obatnya, trrus juga seperti mau muntah , saya fikir di dia mau muntah in hairball

  • evriq

    mau nanya dunk,,,
    kucingQ umur 1,5 tahun jantan namanya chiko,,,
    klw malam teriak2 terus saya kiranya dia birahi,,,
    saya mau kawinkan dengan kucing betina yang lagi birahi banget,,tapi kenapa udah 3 minggu g kawin2 ya,,,
    padahal betina udah ganggu2 ciko sampe nungging2 di depannnya malah ciko cuek banget,tapi setiap malam nya mereka berdua teriak2,,,
    kucing saya kenapa ya???
    apa ciko masih g bisa kawin ya?
    soalnya ini baru pertama kalinya ciko kawin,,,
    setiap malam saya kandangin berdua tapi g terjadi reaksi2 mau kawin,,,
    kucing saya kenapa ya?

    • egi

      Wah kasus kucing. Umur kucing dan nama kucingnya sama kaya kucing saya. Klu boleh tau chiko nya kucing persia atau anggora ya, klu persia apalagi peaknose dia tipe kucing pemilih pasangan biarpun anda beli kucing betina semahal apapun kalau si persia tak tertarik dia gk akan mau kawin. Tapi coba aja di kandangin satu kandang lama2 juga mau. Kalau udh gk bisa ditahan pengen kawin pasti di hajar juga betina nya. Haha

  • Lybia

    tadi pagi kucing ku ketabrak motor tepat di perut padahal dia lagi hamil. sempat shock tapi mau makan dan pup masih lancar. cuman takut aja ada apa2 sama janin yg di dalam, keguguran sih enggak. ada saran teman2?

  • yunie

    min mau tanya dong..
    kucing saya tiap hari ngeong2 terus gak seperti biasanya..
    itu kenapa yah kira2??
    mohon penjelasannya..
    terimakasih..

  • molly

    mohon sarannya pliss…kucing ku cewek kira-kira 3 bln umurnya aku baru dapat tadi malem…dia suka BAB smbrangan pdhal di kndangnya udah aq truk tmpat BAB nya eehh mlah di gali gali smpek brantakan trus di tidurin…suka meong meong terus…mohon bgt solusinya….:(

  • molly

    cara ngatasi kucing yg crewet plus dia suka gali gali pasir kotorannya sampek brantakan tapi dia malah buang kotorannya di sembarang tempat…plisss

  • Desy

    numpang tanya nih..
    obat apa untuk mata kucing yang luka karna cakaran kucing lain?? sekarang mata kucing aku berair dan blekan trus sampe merem trus matanya..
    kasih saran donk please!!

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Bawa ke dokter hewan ya…

      • dulce asa

        mau tnya nih, kucing sya tu td kecebur ke kolam , trs jdi sensitife bgt jd penakut< sering terkejut kira2 penangannya gmna ya ? tanpa hrs dbwa ke rsh ….

  • Aria Eka Putra

    Hi .. Saya mau nanya kucing saya hari ini lemes dan lesu saya bingung gak biasanya begitu.. Setiap saya bantu berdiri dia malah seperti tidur duduk .. Dia gak mau makan / minum setiap saya angkat perutnya dia sakit marah2 .. Saya khawatir sekali.. Tolong kalau ada yang tahu kucing saya kenapa dan pengangannya bagaimana reply .. Thanks :)

    • vitanurisqoh

      kalo begitu kemungkinan besar kucing kaka stress atau depresi. coba bawa ke dokter hewan ka.. trus ajak keliling rumah supaya fresh :)

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Bawa segera ke dokter hewan dong:(

  • novita

    dua hari yang lalu kucing saya ditrabak sepeda motor, sekarang dia tidak bisa berdiri, ketika saya angkat badannya terasa tulang punggungnya bergeser2 & seperti ada serpihan2 gtu di tempat yang seharusnya ada tulang punggung.
    tapi hari ini dia sudah mencoba2 jalan walaupun cuma beberapa langkah lalu jatuh..
    saya jadi takut untuk mengangkat badannya lagi, kasian.
    kira untuk pertolongan pertama saya harus bagaimana ya?
    mohon sarannya teman2..
    :’(

  • mc

    mbak, mw tanya nie..
    saya punya kucing kampung nie. jenis kelamin betina.
    setelah melahirkan dan menyusui kira2 seminggu, tiba2 air susunya sept kering. knapa y mbak??
    kasihan liat anaknya…

  • ade suci sukmawati

    aku baru dpt kucing, kamis mlm aku dpt. lgsg aku mandiin kr dia kucing jlnan. dia meronta2 wkt mandi. umurnya kira2 3bln. tp pas jumat paginya, dia gak bs berdiri sm skl!! mlmnya kondisinya makin parah. bnr2 gak bs angkat badannya! sabtu udh dibawa ke drh, udh dpt obt. dirontsen gak papa. ktnya ada mslh disyarafnya.

    hr ming udh sedikit mau jln. tp cm semenit2. trs jatuh lg. tdran.

    kira2 kucingku bs sembuh lg gak ya? :’(

    • wulan

      Kucingku dl pernah kena syarafnya.. Udh hampir mati bgt malah.. Ga mau makan ga mau minum.. Muntah2 dan ga berdaya apa2.. Stlh 3 malem diopname sembuh koq.. Cuman pemulihannya aja yg agak lama.. :)

  • erica

    sy punya 2 kucing jantan d kucing sy jd homo dulu gk gitu..memang didaerah rumah sy tidak ada kucing betina,semetara kucing jantan sy jarang sekali keluar rumah..apakan itu hal yg wajar atau ada kelainan ya..sy sedih bgt lihatnya

    • http://www.kittykrafty.com EditorKrafty

      Bagaimana Erica bisa tahu kucing jantan Erica jadi homo?

  • yuselin

    Kak..mamo nanya..kucingku si deeley klo malem bawaannya kayak menerkam2 gt..ada apa dgnnya yah?itu wajar/bagaimana yah?

  • ditta

    Sy mau tanya…saya punya kucing kampung..kmarin kucingku itu berantem sama kucing kampung lain sampai kakinya bolong2 trus agak sedikit pendarahan. Pendarahannya udah berhenti..tapi kelakuan kucing saya jadi aneh. Dia jilat2 lukanya sebentar lalu tiba2 lari2 spontan..larinya kenceng banget..tiba2 berhenti lagi ditengah jalan buat garuk2.trus tiba2 lari lagi. Cepet banget larinya kayak dikejar aja.padahal saya diem aja..kira2 kucing saya.? Plis mohon jawabannya..bisa kirim email ke saya ndith_meong@yahoo.com . Makasih

  • indy

    Your comment is awaiting moderation.
    hi mba, mdh2n di reply scepatnya ya.
    hri ini hari keempat kucing sakit setelah sdh ditangani oleh dokter hewan. trnyata dia divonis tumor mulut jinak. penanganannya sdh disuntik, nant stlh 2 minggu lagi kucingku msti suntik lagi. krn biar lbh baik, akhirnya aku inapkan 4 hari di dktr hewan. hari keempat msh aja dia seperti kelimpengan. padahal sdh diinfus dan makannya bagus. sampai akhrnya aq bawa plg aja kucing ksyganku ini. dan melakukan infus sndiri ssuai anjuran drh. pertanyaanku, adakah penanganan herbal utk mengatasi kelimpengannya yg sdh berlangsung slama 5 hari msh stabil sprti ini? ada kmgknan ga dia salah prediksi penyakit shingga salah suntik. tp keadaan mulutnya yg merah2 dan luka parah sdh baik kembali. cm kelimpengannya msh sprti kekurangan gizi. sblm dia sakit memang dia sehabis melahirkan dan anaknya mati semua akibat ga diurusin. mhn sarannya mba.

  • bonita

    Tolong bantuannya dong, kucing saya umurnya baru 3 bulanan, barusan di kirim dr jogja ke semarang sih. Di perjalanan sampai rumah dia nyakar2 terus gigit2 kandang gitu, matanya jg berair kayak nangis. Apa dia stress? Cara ngatasinnya gimana ya? Kasian ini kucingnya ? mohon di bantuuu. Thanks

  • benny

    misi numpang nanya kucing saya baru kawin tiba tiba dari itu nya ( alat vital ) keluar darah nah habis itu kucing saya langsung ga mau makan minum guling gulingan sama ngeong ngeong terus itu kenapa ya ? mohon bantuan nya :)

  • tom

    Pacar saya punya kucing, dulu2 awalnya jinak tapi belakangan ini jadi ganas suka nyerang orang disekitarnya dgn menggigit smpai luka dalam. mengapa kucing bisa bgtu? danagaimana menanganinya karena tetangga tdk suka dan mereka berniat membuangnya. Mohon dibantu. thanks.

  • opla

    cara memebawanya gimana?akumau pergi dari banten ke jogja butuh waktu sekitar 10 jam jadi gmn?

  • Panda

    Mbaaaak… Kucingku ini kan baru tiga hari yang lalu sampai di Pekanbaru. Kucingku itu dikirim dari Bandung. Begitu sampai, langsung aku jemput di bandara trus kubawa ke dokter hewan. Di dokter hewan dikasih vitamin C ama dibersihin bulunya, trus kata dokternya kucingku ini kena diare…

    Sekarang sih dia masih diare, tapi makannya lahap kok. Main-main juga mau.Yang bikin bingung, dia sama sekali nggak mau minum. Terpaksa aku dan ibuku ngasih minum lewat suntik kecil yang jarumnya udah dibuang.

    Pertanyaanku, kok dia nggak mau minum gitu? Gimana supaya dia mau minum?

  • ady

    saya mau nanya..kmrn saya bawa kucing pindahan..sampe dirumah dia diam saja..makan pun gak mau..minum juga gak mau..udah bebrapa hari gak mau makan..gimana cara nya biar kembali sehat..

    • obet

      coba belikan makanan yang basah, seperti whiskas. bau ikan yang menyengat bisa mbuat kucing jdi nafsu makan.

      *pengalaman kucing saya

  • nury

    mau nanya nih, kucing saya baru berusia 4bulan, saya asli org sumbawa sedangkan skrg saya stay di malang jatim. rencananya saya ingin pulang ke sumbawa naik bus. boleh gak kucing saya ikut? perjalanannya sehari semalam??? mohon dijawab yah?

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Hai hai, pada dasarnya sih tidak masalah membawa kucing dalam perjalanan. Pastikan saja kenyamanannya, misalnya carriernya yang nyaman dan bersirkulasi udara yang bagus. Jangan letakkan di dalam bagasi bis hal ini bisa sangat berbahaya, sebaiknya letakkan di dekat anda, di bawah kaki atau dipangkuan misalnya. Lebih bagus jika anda membeli 2 tempat duduk sekaligus, jadi anda bisa memeriksa keadaannya sesering mungkin. Apalagi perjalanannya cukup lama hampir 24 jam. Jika kendaraan/bus berhenti, bawa keluar tapi jangan dikeluarkan dari carrier, biar dia mendapat udara segar, jangan lupa beri air minum bersih. Siapkan makanan kucing yang kering (bisa diperoleh di petshop).

    • aden

      Salam.,
      Boleh saya beri masukan ?
      Apakah anda bepergian ke sumba nya untuk selamanya? dan tdk balik lg ke malang? jika iya, kasian kucingnya yg baru 4 bulan itu kalau di ajak bolak-balik. 4bulan itu usia yg masih terlalu kecil untuk si kucing di ajak bepergian 24 jam lebih. apalagi kondisi di Bis akan membuat si kucing menjadi tdk nyaman dan mabuk. saya punya kucing smnjak dr say kecil. kucing2 saya selalu mabuk kalau sy ajak bepergian untuk ke dokter. mereka rata2 selalu bernafas cepat, menjulurkan lidah dan selalu mengeong. ndak nyaman. apalagi ini anda akan mngajknya slama 24jm. kalau benar2 terpaksa, sy menyarankan u/anda membeli 1 tikt tmpt duduk lg. Jgn pernah menarh kucing anda di bagasi atau bagian belakang bus bersama2 dgn koper2. kucing anda bisa stress. seburuk2ny malah bs dehidrasi dan pingsan. apalagi msh kecil.

  • Amyana

    Kucingku hari ini jadi aneh. Lidahnya melet-melet seperti anjing. Terus, kalau dideketin malah takut. Padahal, biasanya malah seneng kalau deilus-elus. Baru pertama kali dia kayak gini. Umur kucingnya sekarang sekitar 2 bulanan. Tolong dijawab ya. Kucingku ini kenapa? Apa dia Stress? Soalnya ini tiba-tiba.

    Thanks.

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Mungkin dia stress… atau kepanasan?

  • dita hesty

    mau nnya nie, gak tau kucingq ini sakit or gak, tpi matax sebelah kanan berairan yg smpe lengket tidak bs kebuka, n skrang nafsu mkanx berkurang, umurx 10 bln dan saya ini majikan barux, gmn ngatasinx ya, mohon infox :)

  • Arnhy

    Tlg bntuin donk..sedih bnget aq.kucing aq skit udh 1mguan,umrny 6thun.nafsu mkan brkurng drastis,suara ilang.trs dia bubuk trs kya lemes gitu.skrng kcing ksyng’q kurus bnget..
    Biasany dia hiperaktif skrng cm diem n lemes.kr2 kcngq psti sembuh kn?gm cr ngatasin nya.. D dket rmhq dokter hwan jauh..

  • taufik

    …kucingku tertabrak motor tapi tidak ada luka luar…akibatnya kucingku mengalami gangguan keseimbangan kayak seperti hilang ingatan…berjalan putar2 dan tak mengenali siapapun….mohon solusinya

    • aden

      setiap kucing yg tertabark, PASTI mengalami luka dalam. Hal yg lumrah jika anda hny bs melihat tdk ada bagian luaryg “terluka”. 99% kasus tabrakan pada kucing/anjing apalagi jika benturanny keras dengn motor/mobil, mereka pasti akan mengalami retak/patah tulang. Usaha pertama yg hrs anda lakukan pertama kali adalah membawanya ke dokter hewan terdekat u/di rontgen.
      sy puny kucing yg terkena tabrak mobil. memng tdk ada luka luar, tp kucing sy jd lemas pd bag pinggang kbawh, dan 1 kakinya hrs diseret u/berjalan. saya lngsung bw ke doktr, dan bag tulang pelvisny copot. selama 1-2 hr pertama,si kucing akan membengkak tubuhny. jika tdk d bw secepatny ke doktr, maka nasib kucing anda bisa tdk tertolong lg. Kasian. jangn diperpanjang penderitaannya. segera di bw ke dktr.

  • Ria

    Saya mau tanya ya, kucing saya ini lg stres apa engga, kerjaanya tidur melulu, di ajak maenan malah tiduran. >.<tp nafsu makan stabil kok. Umur kucing nya 10 bulan.
    Trz gmn ya ngatasi bulu kucing yang rontok? pdhat uda q kasih vitamin bulu tetep aja rontok.

    • muti

      kucing ku jg sama tidur mulu.knp ya?ada yg bisa bantu?

  • purnamawati

    kucing saya sakit :(
    mata berair, nafasnya bunyi kayak gruk2 gitu, suaranya malah sekarang gak ada. mulutnya gerak memeong, tp ga da suaranya keluar. bab nya ga beraturan, suka keluar sendiri dr anusnya, jd suka bececeran. kira-kira kucing saya sakit apa yah? suaranya bakal balik gak?
    kalo makan sih masih mau, minum juga mau.

    • azam

      iya ini aku juga tolong donk… kasih masukan. cos sekarang tiba2 dia jadi sangat2 penakut. itu terjadi pada saat kakaknya baru balik dari aq kawinin. tiba2 aj dia jadi seperti itu dan seakan-akan g kenal ama kakaknya lagi. seperti g wajar aja… tolong donk siapa yang bisa kasih masukan. thx…

      • http://www.kittykrafty.com krafty

        Kalau kucing, atau hewan lain, tidak kenal kakak atau adik ketika mereka sudah memasuki masa birahi :)

      • http://www.alfin.com AMBARWATI

        waduuuh kucing kok bisa stres seperti manusia apakah kucing itu gila ya

  • http://www.twitter.com/dhaarra dhara

    Kucingku baru melahirkan kemarin (Sabtu, 14-04-12) waktu dia melahirkan, lidahnya melet2 kayak anjing (itu sih udah wajar. tapi setelah dia selesai melahirkan dan dibawa ke kandang, dia tetep melet2 juga sambil nyusuin anak2nya. nafasnya cepet bgt dan melet-meletnya pun gitu juga. tapi kalau dia dikeluarin dari kandang, dia gak melet2 lagi. itu kenapa ya?dan lebih baik dia dikeluarin dari kandang nya atau tetep dikandang?(karena disekitar kandang banyak tempat persembunyian untuk menaruh anak2nya)

  • rania

    Tolong saya :’( saya baru beli kucing 3 bulan, cewe, sekarang dia sakitnya tambah parah, nggak mau makan, nggak mau minum obat. Semuanya harus dipaksa. Kata dr hewan, dia radang dan ada nanah dr telinganya.. Terus panasnya 41 derajat.. Apakah ini akibat stress? Ada rekomendasi drh yg bagus dibandung? Helppp!!!

  • Farrah alias baba

    dicari!!!
    kucing yang amat lucu sedunia ilang!!!!
    nama: Babanicus Gudalicus
    umur: 1 tahun 2 bln 18 hari 1 jam 24 menit 45 detik
    ciri2: galak(suka menggerogoti barang), imut, bagan dagu-perut putih, punggung oranye, di dagu ada bekas luka hitam
    jika nemu, bilang ke saya, jl. sekar jagad no.72 pajang wonorejo rt.1/2 laweyan surakarta, jawa tengah, jawa, indonesia, asia tenggara, asia, bumi, bima sakti, tata surya, alam semesta

    Farrah Salsabila TazkiaShinfany

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Aduh :((. Ikut prihatin… :(

  • holap

    kucing Q sakid gmw nyusui anakx yg baru lahir bwaanx kpengen tdr terus gak mau makan ntu di sekitar mulutx basah badan menggigil n sukanya tidur di lantai terus cari tempat yg dingin knpa ntu ya ??
    ypa solusix n pa yg hrus q lakukan sma bayinya. .

    mo bwa kedokterhewan disini kesulitan dokter. .

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Duh, jangan2 kena distemper.. Harusnya dibawa ke drh supaya bisa diinfus cairan elektrolit, spy ga dehidrasi… Coba usahakan dia mau minum yaaa. kasih stimuno coba

  • Surya

    kuceng q baru melahirkan trus gmw makan n mnum bwaanx tdr n lemes terus gmw nyusui anakx. .
    Hidungx pucet dah di dagux kyak berlendir. .
    Knp ntu kira” ??
    Trus klo mo dirawat sendiri enakx ypa ??

  • orchidea

    Hai,ketemu lgi subuh-subuh !!!!! Kemarin ak bwa anak kucingku ke dokter hewan ( baru tau ). Kucingnya di suntik sm di masukin cairan ke hidung. Kata dokternya di suntik biar nambah vitamin dan memperkuat otot. Setelah itu,saya bawa pulang. Ternyata…keadaannya tmbh lemas dn klo berjalan miring. Kat dokternya ak slh ngasih posisi buat nge-dotin. Smpi sekarang kucing nya msh hidup tpi ga? mau makan n minum,tambah lemas. Kalo bernafas lebih lambat dari hari yg kemaren-kemaren. Apakah dia gitu karena pengaruh suntikan atau memang takdirnya kyk gitu ??? Cepat di jawab,ya…

    • http://www.kittykrafty.com ika

      minta infus cairan ke dokter hewannya.. kalo gejalanya spt itu, kemunngkinan besar kena distemper, ga mau makan minum, sekalipun disuapin dia tetap dehidrasi.. Segera balik ke dokter hewan, minta diinfus cairan elektrolit

  • orchidea

    Belum,sih…karena di daerah ak ga? ada dokter hewan…kira2 kenapa,ya,bisa gitu?

  • orchidea

    Oh,ya,lupa nulis yg lain…
    Kucing aku yg di rumah itu masih kecil n dia di tinggal sama mama nya waktu 3 hari baru lahir,sekarang kucing aku umurnya kira2 2-3 bulanan,waktu pertamakali di kasih makanan daging dia langsung makan,klo di ksh danging yg gede langsung di telan,apakah itu yg bikin nafas dia tersengal-sengal ?
    ( Waktu nulis comment ini kucingku ganggu hp terusss,yg bikin ganggu lagi suaranya ??(????)??

  • orchidea

    Kucing aku klo bernafas tulang rusuknya masuk ke dalam,klo bernafas biasanya ngeluarin bunyi…kyk pintu karatan,kenapa,ya?

    • http://www.kittykrafty.com ika

      wah.. aku baru dengar kasus ini… sudah pernah diperiksa? apa dia flu?

      • orchidea

        Belum,sih…masalahnya di daerah aku gk ada dokter hewan,dia juga ??? flu. Kira-kira itu krn apa,ya???

  • Ammar

    kucingku 3hari ni susah mkn,gk mau digendong,krjnya tdr mulu,suka nyakar.3hari sblmnya prnh dikagetin,apa siBilly stres karna dikagetin?Mohon bantuannya ya kak…….

    • http://www.kittykrafty.com ika

      Aduh, maaf telat jawabnya… aku juga baru kehilangan kucing :((. Gejalanya sama, ga mau makan, tidur melulu… Ternyata distemper :((. Coba segera dibawa ke drh yaaa.. yg penting terus diberi air minum, kasih madu.. ada yg kasih stim*no ke kucingnya utk daya tahan tubuh juga… :(

  • http://hcgxone.blogspot.com Dwita Arisetia

    kucing saya ga mau makan,dikasih minum susu jg ga mw,, dan jalannya juga sempoyongan,kirakira kucing saya kenapa yah ?
    mohon bantuannya ^^

    • http://www.kittykrafty.com ika

      Muntah2? segera bawa ke dokter hewan ya.. Takutnya virus.. Ga menular ke manusia sih, tapi bisa mematikan hewan :(

  • nashiy hah

    kak kcing ku kan tdinya nurut,,dia pintar klo mo buang aer psti dkmar mndi,tpi ko skrang dia slalu buang aer sembrangan yah?/trus akhir2 ini ko jdi gak nrut yah knp? ya kak?? pa dia steres?? dia jga slalu terkjut tba2.. bntu aku yah ka,, mksiihh

    • http://www.kittykrafty.com ika

      Waaa… kenapa ya? Apa yang terjadi sebelum perangai si pus berubah?
      Tapi begini aja…, daripada dia pakai kamar mandi manusia, lebih baik sediakan bak pasir utk BAB dan BAKnya… Kucing kan ga suka basah2, mungkin itu juga yg bikin dia ga mau ke kamar mandi

  • Sari

    Kucing aku kmrn mlm hbs bertengkar . Hbs bertengkar besoknya ga mau makan dan minum sama sekali, wajahnya murung terus lemes , meraung2 kyk kesakitan gtu.
    Kenapa ya ? Ada yg tau ga ? Udh 3 hr kyk gni aku tkt knp2. Tolong ya

    • http://www.kittykrafty.com ika

      Luka? Udah dicek seluruh badannya?

    • Ria

      Wah itu kayak kucing q dlu, prnah di ajak berkelahi ama kucing kampung. Bawaanya lemes bgt, tidur melulu, eh setelah di cek ada yg luka. badanya jga bnyak kutunya gra” trtular.

  • http://avesuvio.tumblr.com ahmad

    kucing saya kemarin kecelakaan (jatuh dari balkon di lantai 2 ke halaman depan rumah ketika sedang bermain). Kucing saya itu memang punya cacat bawaan sejak lahir (gangguan sistem saraf tepi) sehingga kontrol keseimbangannya buruk tapi lincah sekali. Ketika jatuh kemarin, dia sempat berkelahi dengan anjing yg jaga di halaman depan tapi tidak sampai luka. Untunglah langsung diselamatkan dan diberi pertolongan pertama Oksigen (di rumah keluarga kami memang ada tabung oksigen utk bantuan nafas bagi yg membutuhkan).

    Kasihan sekali kucing saya itu, kemarin ketika sudah diselamatkan nafasnya tersengal-sengal. Kami sekeluarga sudah panik akan kemungkinan terburuk. Untunglah dokter hewan segera datang dan memberi penanganan yg baik (infus dan suntik antibiotik/ antinyeri). Dokter hewan mengatakan kucing ini nyawanya masih bisa tertolong, hanya saya kakinya harus difoto rontgen karena beliau curiga ada patah tulang/ pergeseran sendi.

    Saya ingin menanyakan (di luar kondisi fisiknya yg sudah pulih), hari ini kucing saya kelakuannya aneh sekali. Biasanya kucing saya itu sifatnya manis dan halus sekali. Walaupun dia nakal tetapi kenakalannya itu lucu (seperti ngacak-ngacak barang di rumah). Dia bisa diajak bermain oleh siapa saja (malah mengajak bermain duluan). Tapi hari ini dia menjadi galak kepada semua orang dan tidak mau makan/ minum. Bawaannya curiga kepada semua orang dan ketika didekati ingin mencakar/ menggigit. Untuk informasi tambahan, kucing ini usianya 1.5 tahun dan sudah mendapat semua vaksin yg dibutuhkan sejak lahir. Anjing yg berkelahi dgn kucing ini pun riwayat vaksinasinya lengkap. Apakah kucing saya ini menjadi stress akibat kecelakaan kemarin. Lalu apa yg harus saya lakukan utk menangani stress si kucing tersebut?

    Terimakasih atas responnya.

    Salam :)

    • http://www.kittykrafty.com ika

      Salam mas Ahmad :)
      Kasian si pus-nya.. Mungkin dia merasa kesakitan, mas.. Biasanya begitu.. Hewan peliharaan yang jinak sekalipun bisa jadi galak klo sedang kesakitan.. Coba dicek deh, mungkin ada luka dalam..

      rgds
      Ika

  • maharani

    tolong ya terima kasih :( soalnya dia gamau makan trus tidur aja, lemes banget. di kasih segala makanan gamau.

  • maharani

    kucingku sakit gamau makan, sampai kurus banget tidur aja. aku takut dia kenapa napa. tolong beritahu cara menanganinya

    • http://www.kittykrafty.com Ika

      Sudah dibawa ke dokter hewan? Jgn lupa diberi minum yaaa… jangan susu, tapi air putih aja… Disuapi begitu..

  • Farrah

    kucing saya liar, namun, saat saya pungut dia, kucing itu brantem sm kucing saya. saya kena cakar. maka saat itu kucing itu kubuang. dan karena bertengkar, wajah kucingku tegang sekali….(belakangan ini aku ga blh main sama kucing, katanya bisa bikin ga punya anak, saya baru 11 thn)

    • http://www.kittykrafty.com Ika

      Waduh… jauh sekali :)
      Kucing bukan penyebab ga bisa punya anak… :)
      Pokoknya selama kita sendiri menjaga kebersihan diri dan binatang peliharaan, pasti aman :)

  • http://aditiapermadi9741@yahoo.com adit

    bagaimana yaa….menagani kucing strees tanpa di bawa ke dokter???
    terus bagai mana ya kalau mau membasmi jamur pada badan kucing???
    mohon bantu yaaa

    • http://www.kittykrafty.com Ika

      Hai, Adit.. Menangani kucing stress memang sebenarnya tidak perlu ke dokter hewan.. Bisa2 tambah stress dia nanti.. Tapi cukup diperlakukan dengan sabar dan penuh kasih sayang. Kalau bisa sih dikandangkan dulu, apalagi kalau si meong baru datang.. Kalau saya pribadi, suka ngajak ngomong sambil mengelus2 kepalanya..

      Untuk jamur, biasanya saya mandikan dengan shampoo khusus kucing (yg anti jamur), kadang2 saya bawa ke salon hewan untuk dimandikan di sana, minta perawatan jamur ya.. Semangat ya

  • wida

    waktu itu kucing ku sangat sehat dan gendut,
    tapi skarang dya nggak mauk mkan, dan mnum,
    dan kmaren ia juga muntah, ada cacing nya lagi,
    warna putih.;(
    .
    .dya juga gak mauk grak,
    .mata ny lesuu,

    gimana ya cara ngobatin nya, di bantu ya , ok. :)

  • fitri

    kucing saya entah stres atau tidak…
    pokoknya dia berprilaku aneh gitu
    dia terlhat pendiam,lehernya seperti di tekan,di gendong pasti dia mengeong seperti kesakitan kontan saya terkejut…atau dsntuh dia jg bgtu,pandangan matanyapun terlihat berbeda..kosong gtu
    makan tetap seperti biasa
    mohon bantuannya ???

    • http://www.kittykrafty.com Ika Ardina

      Halo Fitri, kalau melihat apa yang kamu tuliskan, saran saya sebaiknya kucingmu segera dibawa ke dokter hewan. Saya kuatir kucing Fitri mengalami gangguan pada organ dalamnya seperti paru-paru, ginjal, hati, dll. Bisa juga kucing Fitri ada masalah dengan tulang di tubuhnya.

      Bagus kalau kucingnya masih mau makan dan minum. Harus diupayakan terus supaya asupan makanannya tidak terputus karena berguna untuk mempertahankan daya tahan tubuhnya.

      Jadi Fit, segera ya bawa kucingmu ke dokter hewan!

      • fitri

        aLhamDuLLiLah suDah saYa Bwa ke DokTer….
        TernYata Benar….
        kuCinG saYa menGalami masaLah Pada TuLanGnya..
        kTa Dr.nYa see Radang Persendian !!!
        aLhamDuLLiLah jGa skranG sDah mLai aDa PerkmBanGan….
        smGa aJa kRisna Bsa semBuH ToTal.. :D

      • http://www.kittykrafty.com Ika Ardina

        Alhamdulillah.. mudah-mudahan kucingmu cepat sembuh ya Fit …

  • tami

    kucingku mengeong terus,, mungkin dia stress akibat perjalanan jauhnya..
    sudah seharian g mau makan dan minum. gmna y cara membujuknya biar mau makan dan mau deket sama aku, karna aku pemilik barunya,,

    kalo kucing lg stress boleh dimandiin g?

    • Krafty

      Iya, bisa jadi memang stress. Penyebabnya bisa karena perjalanan jauh dan majikan baru. Biasanya memang mereka ga mau segera makan, sampai mereka tenang. Kucing itu punya perasaan juga loh.. Kalau sang pemilik baru melakukan pendekatan secara terus menerus (memeluk, mengelus, kasih makanan sedikit2 di tangan) maka lama2 mereka akan yakin pada pemilik baru itu.

      Kalau dia sdh tenang, ga mengeong2 lagi, sdh mau jilat2 badan (mandi), sudah mau tiduran, biasanya dengan sendirinya mereka mau makan, malah minta makan. Tapi selama mereka ga mau makan sendiri, ya kita yg mengalah deh. Jangan lupa kasih air minum juga ya.

      Sebaiknya sih, kalau mau mandiin kucing, tunggu sampai dia tenang. Kebayang ga, klo kita baru datang, masih pengenalan lingkungan, trus dipaksa mandi hahahaha, apalagi kucing pada dasarnya benci air.