Mengapa Kucing Rumah Masih Suka Berburu Tikus

ketika kucing hobi berburu

Kebiasaan kucing untuk berburu makanan merupakan salah satu bagian dari perilaku kucing yang normal. Namun bagi sebagian pemilik kucing, masih dirasa sulit untuk menerima perilaku berburu ini. Hal ini semakin menjadi masalah besar, terutama bila si kucing juga bersikeras ingin membawa pulang hasil buruannya tersebut ke rumah. Yeah melihat kucing kita menggigit tikus di taringnya bukanlah pemandangan yang lucu. Ditambah lagi setelah itu menyisakan PR buat kita untuk membuang bangkai hewan buruan tersebut. Kamu tentu tidak mengharapkan kucing kesayanganmu menyantap tikus buruannya bukan?

Tetapi pada dasarnya, kebiasaan berburu makanan ini merupakan naluri alamiah yang harus dimiliki oleh setiap kucing. Teknik-teknik serta cara-cara berburu yang mereka lakukan dapat diamati pada saat anak-anak kucing sedang bermain-main dengan sesama kucing lainnya.

Dan seiring dengan perkembangan usia serta pertumbuhan fisik anak-anak kucing tersebut, maka keterampilan atau keahlian berburu mereka juga menjadi semakin terasah melalui permainan-permainan yang mereka lakukan serta pengamatan yang disertai dengan proses peniruan cara-cara berburu induk mereka.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa naluri berburu ini merupakan sebuah hal atau kebiasaan yang bersifat alami dan mutlak dimiliki oleh setiap kucing, meskipun kucing tersebut telah tercukupi segala kebutuhan pangan atau makanannya.

Bisa kita lihat bahwa kucing-kucing tersebut benar-benar menikmati setiap petualangan berburu mangsa yang mereka lakukan, seperti misalnya pada saat mereka dengan penuh kesabaran dan kewaspadaan mengejar mangsanya dan kemudian mereka bergerak mendekati mangsanya serta dengan konsentrasi penuh mengamati mangsanya sampai pada saat dan jarak yang tepat kucing-kucing tersebut baru menerkam sasaran atau mangsanya tersebut.

Dengan demikian, sangat tidak beralasan untuk menghukum kucing peliharaan kita atas naluri alamiah yang dimiliki serta telah melekat kuat dalam dirinya tersebut. Jadi, kalau kita mencoba untuk menghilangkan naluri berburu kucing peliharaan yang bersifat alami tersebut maka malah akan mengakibatkan timbulnya kekacauan atau kebingungan pada hewan ini.

Antisipasi kebiasaan kucing berburuAdapun solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini, yaitu dengan cara meletakkan bel pada ban leher kucing kita, sehingga burung-burung atau hewan lain yang mungkin menjadi sasaran perburuan kucing dapat mengetahui kedatangan kucing-kucing tersebut melalui suara gemerincing bel yang mereka dengar.

Apabila kamu mencoba cara pemecahan seperti ini, maka pastikanlah bahwa ban leher kucing yang digunakan memiliki bagian yang elastis atau lentur sehingga apabila ban leher kucing tersebut tersangkut pada tiang atau benda lainnya maka kucingmu dapat membebaskan dirinya dari jeratan ban leher tersebut.

Dan satu hal yang sangat penting untuk senantiasa diperhatikan serta dilaksanakan oleh para pemilik kucing, yaitu bahwa kucing peliharaan kita harus secara teratur diberikan obat dan terutama sekali hal ini harus dilakukan apabila kucing kita gemar berburu. Pemberian obat ini dimaksudkan agar kucing kesayanganmu tidak tertular penyakit dari hewan buruannya misalnya tikus. Untuk itu sebaiknya selalu berkonsultasi kepada dokter hewan kamu mengenai produk obat yang paling tepat untuk diberikan kepada kucingmu, dosis serta frekuensi pemberian obat yang tepat agar hewan kesayanganmu selalu sehat.

Artikel ini sudah dibaca: 8435 kali.

2 Comments

Leave a Comment