Kucing Langka : Sand Cat – Felis Margarita

Sand cat atau Felis margarita tinggal di padang pasir Afrika, Semenanjung Arab, dan Asia Barat. Di alam liar kucing ini tinggal di daerah yang terlalu panas dan kering untuk setiap kucing yang lain, yaitu padang pasir Afrika dan Asia, termasuk Gurun Sahara.

Ukurannya sama seperti kucing domestik, dengan bulu yang lebih tebal. Sand cat memiliki kepala lebar dan bulu yang tumbuh di antara kaki, kelebihan yang sering ditemukan pada kucing Arktik.  Kucing ini terdaftar sebagai hewan terancam punah, pemburuannya dilarang di banyak negara.

Makanan dari Sand Cat adalah hewan-hewan seperti tikus yang bersembunyi di bawah tanah. Mereka akan menggali tanah/pasir untuk menemukan mangsanya. Sementara di gurun Sahara, Sand Cat juga terkenal sebagai pemburu ular sebagai mangsanya.

Felis Margarita si Kucing Pasir | Foto: Greg Heartsfield – User Flickr

Satu perbedaan dari kucing yang sulit untuk terlihat dalam gambar ini adalah bahwa kucing ini memiliki bulu diantara jari-jari kaki mereka. Kita mungkin berpikir bahwa hal terakhir yang mungkin diperlukan kucing yang hidup di tengah gurun yang panas dan kering adalah bulu-bulu yang berlebihan. Akan tetapi ternyata bulu-bulu di kaki ini membantu melindungi kaki mereka dari panasnya pasir di siang hari yang terik. Mereka juga memiliki bulu di bantalan kaki mereka yang membuat sulit untuk mengikuti jejak mereka.

Artikel ini sudah dibaca: 7205 kali.

Artikel Lainnya: