This entry is part 3 of 6 in the series Perilaku Kucing

Kita mungkin berpikir bahwa bukan masalah besar bila kucing ada di atas meja makan, bahkan kenyataannya beberapa orang menganggap itu hal yang manis. Tapi coba pertimbangkan lagi. Anak kucing tidak benar-benar tahu kemana ia akan mendarat ketika ia melompat dari lantai ke meja makan. Apakah kita ingin ia mendarat ke atas kue yang baru saja keluar dari oven? Atau ia bisa menyenggol sesuatu yang panas atau memecahkannya ke lantai, belum lagi masalah kotoran, pecahan atau tumpahan akibat perbuatannya. Jadi, kita perlu tahu bagaimana mencegahnya dan menghentikannya.

Triknya adalah menggunakan sesuatu yang ia benci untuk mencegah kebiasaan semacam ini.

Sebagian besar kucing membenci suara keras yang mendadak, jadi jika kita membuat suara keras di dekatnya ketika ia melompat, maka ia segera melompat balik.

Ia segera mengasosiasikan suara keras dengan aktivitas tertentu dan ia akan berhenti.

Jadi, apa yang dapat kita gunakan untuk menciptakan suara keras?

Metode yang pertama adalah mengangkatnya ketika ia melompat ke meja makan dan mengatakan padanya: “Jangan!” dengan suara yang jelas, khas dan keras, kemudian meletakkan kucing kembali ke lantai.

Isi kaleng soda kosong dengan beberapa kerikil di dalamnya. Goyangkan kaleng di depan wajah kucing sehingga ia akan berbunyi keras dan mengejutkan kucing tersebut. Ia tidak akan menyukainya.

Ide lain adalah melipat beberapa lembar koran dan menampar meja makan tepat di depan kucing. Kemudian bila ia tidak melompat, pegang kucing tersebut di tengkuk dan tempatkan di lantai.

Jangan membelainya di atas meja makan, atau menggelitik dan menciumnya, karena ini adalah penguatan positif dan akan mendorongnya untuk melompat ketika ia ingin diperhatikan.

Menyemprot wajah kucing dengan air juga metode lain untuk menghentikannya meneruskan kebiasaan melompat ke arah meja makan.

Gunakan terompet anak-anak atau benda yang bisa anda tiup di dekatnya.

Jika kucing tersebut tidak berhenti melompat, cobalah melakukan beberapa hal pada saat yang sama. Lakukan hal-hal tersebut diatas tiap kali anda melihatnya di atas meja dan ia akan lelah terhadap tekanan itu dan berhenti.

Disadur dari: Melatih Kucing

Artikel ini sudah dibaca: 5499 kali.

Artikel pada Serial ini:Mengapa Anak Kucing Gemar Bermain?Perilaku Seksual Kucing
  • Fatmawati

    MENGOBATI KUCING TERKENA PANLEUKOPENIA/DISTEMPER
    Saya adalah termasuk penyayang kucing.Dirumah ada 6 ekor kucing.pada tgl 12 September 2013 salah 1 kucing yg kuberi nama gagah diam tdk mau makan ,minum keesokkan harinya muntah2 dan mati.
    Keesokkan harinya sikecil gigih tdk mau makan minum juga sampai keesokkan harinya gigihpun
    mati.
    malam nya kucing saya giga diam sj sama gejalanya dgn kedua kucing sy yg telah pergi.karena takut menyusul juga ,saya lalu buka internet untuk mengetahui penyebab dan mengatasi kucing
    yang punya gejala seperti kucing saya.Akhirnya saya menyimpulkan bahwa kucing saya terkena Fanleukopenia.Untuk sementara waktu atas anjuran teman saya beri minum air gula merah Juga Propolis 1 tetes.
    Keesokkan harinya saya beli air kelapa lalu saya minumkan bercampur air gula merah.
    Tapi giga tetap lemas .lalu saya panggil dr hewan.siang hari dr hewan tersebut datang.Kata dr giga
    dehidrasi berat terlambat katanya tapi coba diimpus.Tapi dr tersebut tdk membawa alat inpus.
    Sempat dr memberi cairan dibawah kuli dan suntikan antibiotik.Lalu dr tersebut pamit mau mengambil alat alat inpus katanya .Tapi sampoai sore tidak datang ,sore itu dr menelpon bahwa tdk bisa datang karena ada pasien dan ada tugas sampai malam.Untuk itu saya senatiasa beri minum air gula,dan saya buat racikkan amoksilin +B1+B6 .Sebelum obat tersebut diminumkan 1 jam sebelum saya beri Pujimin (kapsul ikan gabus) 1 kapsul u/4 X makan yg dicampur dgn air gula
    sampai hari ke4 giga ke wC seperti mau minum ,saya beri mangkok air tdk mau minum maunya dilantai.Tidak apalah pikir saya ,lalu saya alirkan air didepannya dan gigapun menjilatinya,terus
    saja saya alitkan sampai giga tidak mau minum lagi.Alhamdulillah.Untuk mencegah berdiam terus di
    wc saya ambil kain dan dibasahi lalu saya taruh ditempat tidurnya supaya betah..
    Hari ke 6 saya lihat giga sudah mau mengeong bila ingin buang air kecil/minum .sorenya saya bali ikan.kucing2 yang lain minta dan saya beri dan saya dengar giga pun minta lalu saya beri 1.biarlah mentah yang penting mau makan.
    Alhamdulillah dimakan .sampai tinggal .1/3.Kemudian setelah ikan masakpun saya beri giga mau memakannya..Saat ini (27 September 2013) Alhamdulillah giga masih hidup walau kurang ceria
    Dan saya tetap memberinya obat 3×1 sampai giga sehat benar dan tidak lupa saya mohon pada
    Alloh untuk diberi kesembuhan pada giga dan kesehatan pada kucing yang lainnya.
    Semoga apa yg saya tulis ini bermanfaat bagi penggemar kucing.
    NB: Bila kucing anda tdk mau makan minum diam saja segeralah beri air gula merah .amoksilin dan B6.oya lupa beri susu beruang sebelum 1 jam sebelum minum obat.u/ memasukkan kemulut kucing
    ambil spuit tanpa jaum sedot dan masukkan kemulut kucing sedikit demi sedikit ‘

    • Hai Fatma, apakah Fatma ada foto kucing Fatma ini? Kami ingin menaikkan kisah Fatma ini menjadi Artikel supaya lebih banyak yang mengetahui kisah Fatma ini dan bisa bermanfaat untuk penyayang kucing lainnya …