Kebanyakan dari kita tidak memiliki kandang khusus untuk kucing. Kucing biasa kita lepas begitu saja di dalam rumah atau di halaman. Dan memang seharusnya kucing tidak dikurung di dalam kandang, karena pada dasarnya kucing adalah hewan yang jinak dan dapat dilatih untuk hidup sesuai aturan kita.

Tapi beberapa orang menyediakan kandang untuk kucingnya. Kebanyakan alasan mereka kandang digunakan saat kucing memang tidak boleh berkeliaran di dalam ruangan, mungkin ketika ada acara di rumah atau ketika pintu rumah sedang dibuka, supaya kucingnya tidak kabur keluar rumah.

Pengertian kandang di sini adalah kandang yang juga berfungsi sebagai cat litter atau tempat buang kotoran buat kucing kita. Terutama bila di tempat tinggal kita tidak cukup tersedia halaman yang luas dimana kucing bisa membuang dan menutup kotorannya.

Agar kandang tempat kucing kita itu tidak mengeluarkan bau yang kurang sedap, simak tips berikut:

Bersihkan kandang kucing sehari sekali dan jangan lupa mengganti pasir dalam kotak setiap membersihkan kandang lalu cuci bersih kotaknya.

Perhatikan setiap kucing jantan kencing. Disaat itulah tugas bersih-bersih dimulai.

Pastikan ada sirkulasi udara pada kandang. Lebih baik matikan AC  saat membersihkan kandang. Lebih baik gunakan kipas angin supaya terjadi sirkulasi udara.

Saat anda melihat kucing anda buang kotoran terutama kucing jantan langsung saja bersihkan. Jangan ditunda-tunda karena jika sampai kotoran tersebut terinjak kucing. Maka dia akan membawa kemana-mana kotoran itu, alhasil seluruh rumah jadi berbau. Selain itu  kotoran kucing yang terlalu lama mengendap memicu timbulnya virus seperti toxoplasma dan menyerang pada kucing kesayangan. Tuangkan desinfektan dan kemudian cuci bersih, serta cuci bersih kotak pasirnya dengan desinfektan agar seluruh kuman yang menempel akan mati, dan kucing kita terbebas virus.

Pasir kandang yang terkena kotoran kucing lebih baik dibuang. Namun untuk pengguna pasir Zeolit atau pasir cuci yang merasa sayang membuang pasir hendaknya pasir itu dicuci bersih dengan desinfektan setelah dipakai, sebagai salah satu penanggulangan dari virus yang akan muncul. Jemur pasir dan kotaknya dibawah terik matahari, hingga benar-benar kering, hal ini dilakukan agar kuman yang masih hidup karena kebal desinfektan mati terkena panas matahari.

Semprotkan parfum pengharum ruangan agar ruangan kembali harum

Semoga kucing kita selalu terjaga kesehatannya dan tentu saja penghuni rumah juga terhindar dari berbagai penyakit.

Artikel ini sudah dibaca: 14750 kali.

  • ghina

    Waah thanks infonya kebetulan si Miiko kucing aku poop or pee nya di kandangnya

  • rurin

    Tx infonya, aq mau belajar merawat kucimg ni (pertama punya kucing n merawat sendiri

    • rurin

      Tx infonya
      Aq mau belajar merawat sendiri kucingku