Our website use cookies to improve and personalize your experience and to display advertisements(if any). Our website may also include cookies from third parties like Google Adsense, Google Analytics, Youtube. By using the website, you consent to the use of cookies. We have updated our Privacy Policy. Please click on the button to check our Privacy Policy.

Panduan Makan & Minum untuk Kucing

makanan kucing

Berikut adalah panduan memberikan makanan dan minuman untuk kucing peliharaan Anda.

1. Makanan yang diberikan kepada kucing sebaiknya merupakan makanan yang khusus diperuntukkan untuk kucing, yang dapat diperoleh dari petshop atau membuat sendiri. Pemilihan makanan yang khusus ini penting agar tersedianya kecukupan nutrisi yang sangat dibutuhkan kucing.

2. Kucing dapat diberikan makanan berupa ikan ataupun daging. Pemberian daging (khususnya daging sapi) adalah penting untuk kesehatan kucing, terutama terhadap pertumbuhan bulu.

3. Bentuk makanan yang diberikan dapat dalam bentuk basah (kalengan) atau padat, dan dapat dilakukan variasi bentuk makanan. Bentuk makanan yang padat memiliki keuntungan lebih daripada bentuk makanan yang basah, karena lebih awet dan jika tidak habis termakan dapat dimakan kucing pada waktu yang berbeda (dalam satu hari tersebut).

4. Pemberian makanan anjing untuk kucing sebenarnya tidaklah baik, mengingat anjing dan kucing merupakan kelompok hewan yang berbeda. Kucing merupakan hewan yang benar-benar karnivora (pemakan daging), sedangkan anjing tidak. Dan di dalam makanan khusus anjing memiliki keterbatasan dari kandungan nutrisi yang sebenarnya sangat diperlukan oleh kucing.

5. Waktu pemberian makan haruslah ditentukan dengan baik, biasanya dilakukan dua sampai tiga kali dalam sehari. Pemberian makanan yang terlalu sering atau kebanyakan dapat menyebabkan kucing muntah.

6. Minuman diberikan dalam bentuk air putih (fresh water) yang telah matang. Minuman sebaiknya selalu ada dalam jumlah yang cukup dan selalu tersedia. (ed)

Artikel ini sudah dibaca: 22438 kali.

By Marissa

17 Comments

  • Kucingku pas 21desember 2013 mati kayaknya diracun deh sama tetanggaku padahal dia itu kucing yang paling lucu dan aktif lalu periang lagi

  • kucing aku baru ahiran aku senang banget karna kucingnya comel banget tapi gimana caranya ea untuk biar kucing ku tumbu sehat dan gak gampang sakit ????:)

  • kkucing ku lagi sakit dia gak bisa makan minum aku sedih liat nya karna kucing ku yang di beri nama pelor itu dirawat dari lahir 🙁

  • Baru pertama kasih makan kucing pake makanan kucing beli d supermarket. Ternyata klo kitten umur nya belum ada 1 thn, belum bisa makan yg dry food y… Udah beli yg basah sih. Tapi ini, ada cara gak ya ngakalin biar dry food nya bisa d makan juga ??? Kasih air bisa agak lunakan gak y ??? Makasih.

  • mau tnya dong ko kucing ak kliatanny gapernah minum y? tp pernah suatu ketika minum air tidak matang terus uda gaminum lagi , itu gmna y? ak tkut napa2 🙁 . makasi

  • kucingku baba kabur…. :'( gantinya q dpt chika, tapi si chika gax mw makan, makan pilih2, dikasih sereal khusus kucing dia gx mw, di kasih kpala gereh dy gax mau, terkadang makannya maunya ayam, kakap, pokoknya kayak ratu, so q kudu ngeluarin sangu 3000 bwt bli ayam goreng di warung budhe kus… biar kcing gx susah makan, gmn ea???
    plis jawab…

    • Wah…. Chika tau makanan enak ya hiihihihi… Mungkin waktu Chika belum sama Farrah, dia ga biasa makan makanan khusus kucing, biasanya makan ayam, ikan dan lain-lain.. Coba pelan2 dibiasain ya… Memang ga bisa langsung jadi.. Jadi sabar yaaa…

    • Iya, itu salah satu kebiasaan kucing… Kamu sudah baca artikel “Kenapa Kucing Suka Makan Rumput”?. COba baca deh…

Sharing Time!

Related Posts

Discover more from KittyKrafty.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading