Penyakit Distemper pada Kucing

img:freeimages.com


Minggu ini bisa dibilang minggu yang berat buat saya. Empat ekor kucing, yang terdiri dari dua anak kucing dan dua kucing di atas satu tahun mati.

Satu kucing dewasa, Binbin dan dua ekor anak kucing, SiBoo dan SiSmoo, kematiannya begitu mendadak. Tidak sampai 24 jam begitu gejala awal, tidak mau makan, timbul, mereka mati. Akan tetapi Bola, setelah mendapat perawatan dari dokter, akhirnya menyerah di hari ke empat.

Menurut beberapa literatur yang saya baca, ternyata kucing-kucing saya terkena Feline Panleukopenia atau Distemper atau radang usus jahat, karena virus ini menyerang usus, sampai rusak.

Penyakit ini merupakan penyakit umum pada hewan piaraan termasuk kucing dan anjing, namun tingkat penularan penyakit ini terhadap sesama binatang (kucing dengan kucing, atau anjing dengan anjing) sangat tinggi, dan dapat berakibat fatal. Diperkirakan sebesar 25 – 90 persen kucing yang terkena akan berakhir dengan kematian. Terutama jika menyerang anak kucing, atau kucing yang belum divaksinasi.

Virus ini bisa menyebar melalui udara, makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Bila dalam satu rumah terdapat satu kucing yang terserang distemper, maka air liur, kotoran, kencing dan muntahnya mengandung virus, yang dapat dengan cepat menulari kucing lain yang sehat.

Tanda-tanda Distemper pada Kucing

Tanda-tanda awal kucing terkena distemper sangat membingungkan, yaitu kucing tidak mau makan. Padahal dalam beberapa kondisi pun kucing akan “berpuasa”.

Akan tetapi, kucing yang terkena distemper akan segera memperlihatkan kelainan, seperti lesu berlebihan. Hal ini disebabkan oleh demam tinggi yang dialaminya. Kemudian muntah. Dan kemudian badan tampak kaku, yang disebabkan karena kerusakan usus akibat virus itu membuatnya kesakitan. Kadang-kadang disertai diare.

Tanda-tanda lain, terutama bagi kucing yang masih dapat berjalan adalah dia akan mencari tempat dingin, seperti kamar mandi yang basah. Kucing itu akan tampak seperti ingin minum tapi tidak bisa minum. Atau minum, dan kemudian muntah lagi.

Pencegahan Distemper

Vaksinasi panleukopenia sudah bisa diberikan pada kucing berumur 8-16 minggu dengan interval 4 minggu. Lalu dianjurkan dilakukan pengulangan vaksinasi satu tahun sekali. Pada kucing berumur 6 bulan atau lebih yang belum pernah divaksin, bisa langsung dilakukan, dan diulang satu tahun sekali.

Bersihkan semua tempat, kain, tempat makan minum yang sekiranya terkontaminasi virus dengan cairan desinfektan untuk meminimalisir penularan pada kucing lain.

Penanganan Distemper

Mintalah dokter hewan memberikan infus cairan elektrolit, jika anda mencurigai kucing anda terkena distemper. Pengobatan sekundernya adalah dengan memberikan antibiotika dan vitamin B Komplek.

Seandainya saya memaksa dokter melakukan itu, mungkin Bola masih ada 🙁

Artikel ini sudah dibaca: 31633 kali.

40 Comments

  • Ike Pratiwi Fitriani 07/02/2018 at 21:25

    Kucingku Duo baru meninggal hari ini. Usianya baru 1,5 bulan. Kemungkinan besar terkena distemper. Gejalanya dari kemarin, Dua yg biasanya ceria, mendadak lesu dan jalannya sempoyongan, ga mau makan. Karena di sini ga ada dokter hewan, saya berikan madu dan air sering. Tp di hari kedua Dua meninggal. Melihat penderitaannya 2 hari ini betul2 membuat saya ga tega, dia sering merintih kesakitan. ???

  • dita irvitayosi 04/08/2017 at 16:25

    saya juga mba, satu tahun lalu 5ekor mati dlm 3hr brturut2 krna distemper. kmren br banget 2ekor mati krna distemper. ??? agk menyakitkan memang, tp hrhs sesegera mgkn dilakukan sterilisasi lingkungan sblm menular k yg lain..

    • cakefever 29/10/2017 at 22:24

      Kalau penyakit menular begitu, memang harus segera dikarantina kucingnya sebelum menularkan ke kucing yang lain. Sedihnya melihat kucing mati berturut-turut… 🙁

  • Yang punya Kucing 30/12/2013 at 18:01

    Kalo kucing setelah di suntik obat buat nyembuhin penyakit kulitnya pas sekitar beberapa jam dia lemas gk mau jalan (lumpuh ringan) gimana cara ngobatinnya?
    Kasian kucingnya ampe nangis” :'(

  • syadza 30/12/2013 at 12:30

    Untuk siapapun kebingungan gue punya tiga kucing mati semuanamanya pi,kim,jo ciri ciri penyakit cacingan dan distemper hampir sama yang membedakan kucing yang menderita distemper selalu ingin ke kamar mandi sampai mati kaloo cacingan dia muntah keluar cacing..

  • teno 05/12/2013 at 03:03

    Kucingku juga terkena distemper ,sedih banget waktu Denger dia kesakitan sebelum kematiannya 🙁

  • aprila ulandari 28/10/2013 at 14:11

    kucing saya dudud,,,tgl 27 malam muntah cairan kuning ada cacingnya gitu,terus muntah lagi cairan busa putih gt,tadi udah dibawa ke klinik hewan,,,dikasih infus sama disuntik anti body gt,,,seka,,,doain ya ,,,sekarang lagi usahain dudud bisa sehat lagi,dudud juga saya kasih air kelapa buat jaga2x kondisinya

  • Emy Ambar 24/08/2013 at 23:27

    Nasib bola persis spt belang kucing q, Saya sdh minta dokter utk infus elektrolit, dokternya gak mau cuman di suruh nyuapi pake air gula ktnya infus utk hewan blm ada, akhirnya mati deh….sedih banget pdhal kucingq itu punya 3 warna

  • nahasita 24/08/2013 at 04:09

    Please infonya..
    Kucing sy hiroshima (betina) 1th lebih. terlihat stress dan badanya smakin kurus. Susah mkn. Tdk diare maupun muntah. Rasa kepercayaan dirinya kacau, menyendiri trs. Bahkan kl shima lg mkn/mnm. Kita mau lewatpun jd ga jd krn tkt bikin dia tdk jd mkn. Krn spt itulah shima skrg. Tmn2 pemilik kucing ada yg blng shima stress krn tdk bs kawin. Drumah ada 4anggora. 1jantan cacat spti polio sejak abis panas tinggi wktu kecil, jd dia satu2nya jantan tp tdk bs ngawinin betina & shima yg seumuran khususnya krn pinggul kebawah gealgeol (oglek). Pdhl sudah dibawain kucing jantan lainya bahkan lebih ganteng 🙂 tp shima trrs ga mau. Kl sm sodaranya si domi gmnpun susah & ga bisanya domi, shima sll mau tp sll gagal krn cacatnya domi. Pleaaaasee..info besarnya.. Gmn cara nyembuhin hiroshima.. Biar ceria lg. Biar jago makan lg. Biar mau kawin sm jantan lainya. Biar sehat lg pstinya. I hv no ide slain nyuapin dia makan scra paksa. Sedih bgt ngliat shima ky gini Ya Tuhan.. 🙁 sembuhkan shima.. Aamiin. Mohon dgn sangat infonya ya.. Tq so much

  • dewi 02/05/2013 at 15:50

    kucingku knapa ya kok ngileran terus,..
    kayak mau muntah gitu tapi gk muntah dia ni,.
    aktif bgt gan,.. matanya yang kiri berair terus,
    dan perutsebelah kirinya kayak benjol didalamnya,
    mohon pencerahanya gan,..
    ane baru tau kucing ini kayak gini beberapa hari ni,..
    kira-kira bahaya gak ya buat dideketin??

  • Ikhlas 22/03/2013 at 17:10

    Baru aja kucingku mati karna distemper. Kemarin lesu sekarang dead (T.T)
    Sedihx lagi sang empunya lagi ke pedalaman

  • vivi damayanti 17/03/2013 at 15:59

    2 hari yang lalu kucingku nino mati krn penyakit panleukopenisa///besoknya mati lagi satu….sumpah aku sedih bgtn sampe g bisa beraktifitas..sekarang satu lagi sakit…..tolong…

  • olive 21/02/2013 at 20:35

    Tolongg aku dong . Kucingku pagi” muntah kuning bening , trus dikasih makan gk mau . Minum jg gk mau . Akhirnya ak ksh susu beruang . Dan ksh makan paksa .. Kira” kucingku sakit apaa ?? Pleasee .. Help . Aku sedih bangett dia baru berumur 1,5 bulan

  • viri 24/11/2012 at 20:24

    tolongin kucing akuuuu, kena distemper juga kayaknya udh 4hari ndak mau makan dn minum. sukanya didekat tempat basah, ampe ujan2an.
    anaknyapun seharian kumpul sama ibunya yang sakit, sepertinya juga mengalami gejala yang sama.
    tolong share info masalah nyembuhinnya dong.
    aku ga kuat lihat kucing-kucingku sengsara :'(

    • santoso purwoadi 22/04/2013 at 12:58

      coba nekat aja diberi amoxycillin generik. beli di toko obat di daerah glodok. buat induknya, kasih 1 kaplet. buat anak2nya, kalo masih kecil2, dosis 1/4 kaplet (125 mg). caranya kaplet diiris pake pisau sampai remuk (digerus sampai halus). lalu siapkan larutan gula merah (gula jawa) (ngelarutinnya pake aqua). amoxicillin dilarutkan ke dalam cairan gula merah. coba dipaksain masuk (dicekok) pake sendok plastik yg pinggirnya jangan tajam (sendok es krim murahan). Jika bisa sehari kasih 2 – 3 x. ya untung2 an sih. kalo nasib baik, ketolog. kalo apes, ya ikhlaskan ‘pergi’. daripada cuma bingung gak tau berbuat apa2. selamat mencoba.

  • yusie 15/08/2012 at 09:56

    xoxo sudah 4 hari dirawat diklinik drh, dia kucing ras himalayan meskipun sakit2an xoxo kucing yg aktif, cerdas, manja dan sangat lucu. Usianya baru mau masuk 6bln, belum divaksin (usia 2bln saya adopsi xoxo, krn kondisinya yg sakit2an, faktor jamur yg tak kunjung sembuh jd tdk memungkinkan untuk divaksin sampai saat ini) diagnosa terakhir xoxo terkena Feline Panleukopenia Virus dan cacingan. hasil test darah kemarin sore xoxo terkena Feline Leukimia Virus ada komplikasi liver.
    sebagai informasi tambahan : xoxo satu2nya kucing yg saya miliki, krn kami tinggal di apartement xoxo tidak bermain dgn kucing/hewan lain yg memungkinkan xoxo terjangkit 2virus yg mematikan itu… tapi kok bisa?
    kondisi xoxo sekarang diklinik sudah ada perubahan, sudah mau makan, mulai lincah, sudah lepas infus tapi masih sangat pucat.

    tolong bagaimana cara merawat dan pengobatan yg baik agar xoxo dapat pulih kembali dari komplikasi penyakitnya?

    sharring / informasi dari teman2 juga saya butuhkan.

    • nahasita 24/08/2013 at 04:29

      Xoxo ksh teman dong.. Sedih bacanya pas tau xoxo ternyata smata wayang gt.
      Pengalaman pribadi sy stiap kucing2 sy sakit & sudah kedokter. Ketika drumah prawatanya kira2 3-5jam skali suapin makan & minum scra paksa. Kl sy, royal canin dimasukan plastik. Drendem air hangat trs ancurin smpe jd bubur, jgn keenceran jgn kekentelan ya trs sedot pk suntikan 1ml krn akan lebih mudah masuknya kmulut kucing dan nyuapinya mulai dr 10ml bertahap smpe 30ml & smpe akhirnya mrka cari makan & minum sendiri dan sampe sembuh total.. Alhamdulillah..

  • nay 05/07/2012 at 01:34

    Pliz help me. Agnes kucingku. Seharian ini ngga mau makan dan minum, kerjaannya tidur dan ngga mau diajak main, pup terakhir td pagi 🙁 susah dipaksa makan dan minum. Sesekali badannya bergetar, terus kayak mau muntah, sebelumnya, seminggu yg lalu dia saya titipin di drh selama 4hari karena harus keluar kota, hari minggu, dia divaksin ulang, karena orgtua khawatir dia tidak sehat. Dia baru aku pelihari kurang dr 2mingguan 🙁 setelah pulang kerumah dia jadi tidak agresif seperti pertama kali saya beli 🙁 apadia mungkin kena penyaKit ini? Saya takut sekali dia kenapa2 :'(

  • tias 30/06/2012 at 10:54

    aku suka banget ama kucinggg

  • faizal 29/06/2012 at 21:21

    Baru2 ini semua kucing dirumah saya ( 6 dewasa dan 4 bayi ) bergantian kena distemper. Yang kena pertama si Mimo. Mimo sedang punya 4 bayi umur 1 bulan waktu dia mulai muntah2. Tadinya sy pikir karena salah makan, maklum dia punya riwayat alergi makanan. Ternyata berlanjut ke diare, sampai tahap betul2 gak mau makan dan minum,bayi kucing terpaksa diberi susu pengganti, Mimo kita paksa utk makan nutriplus gel, diberi anti muntah (primperan sirup) dan antibiotika gol trimetoprim sulfa. Begitu kurusnya dia sampai tulang2nya teraba. Dokter bilang kalo dia bisa bertahan 5 hari biasanya bisa sembuh. Alhamdulillah pada hari ke 6 dia mulai mau minum, hari ke 7 mulai makan sedikit-sedikit dan akhirnya sembuh.hampir berbarengan dgn dia Queen dan Bubu juga kena sakit yg sama. Queen akhirnya mati di tempat dr.hewan( karena salah makan) Bubu yang diare mati karena drop kondisinya setelah tanpa setahu saya dimandikan oleh pembantu (pakai air dingin lagi!!!). Anak kucing bergantian kena gejala yg sama tapi karena antibodi maternalnya masih tinggi mereka survive.Begitu pula kucing2 yg lain. Saya merasa daya tahan tubuh kucing2 saya kuat karena pakan yg bagus. Tanpa bermaksud promosi, sejak mereka makan royal canin, mereka memang jarang sakit.

  • Lusyana 29/06/2012 at 08:28

    Kucing aku baru aja mati semalem..sebelumnya seminggu yang lalu kucing yg baru aku beli jg mati..dia kena distemper dan udh ga bisa di selamatkan.karna belum sempat di vaksin..jd ga punya kekebalan tubuh.gejalanya tiba” lemas,ga mau makan,ga mau minum dan mlm terakhir itu dia mau tidur di kamar mandi.. :'( sedih banget klo inget diaa.. :'(

  • Dea 27/06/2012 at 02:45

    Toooloongg dibantu dongg….
    Kucing saya ga tau kenapa tiba2 dia ska lemes klo lari, tiba2 miring2 trus jatuh. Makin lama mkin parah. Pas dibawa kedokter trnyata punggungnya yang skit. Trus disuntik…ehh ga lama malah ga bisa jalan. Nah sya ke dokter lagi, di suntik n dpt obat. Kta dokternya diminumin smpe hbis, skrg dah hbis tp kakinya malah kaku. Bgaimana yha spaya dia pulih kembali… Pleasee help helpp

  • yustin 25/06/2012 at 12:54

    aku punya 2 kucing. yg 9 bulan namanya ronny, yg 5 bulan namanya poko. poko mati rabu kemarin karena terinfeksi panleukopenia.ga sampe 24 jam setelah ketahuan dia ga mau makan, minum dan muntah2. itu uda sempet dibawa ke klinik kucing. terus, sorenya ketahuan kalo ronny juga nunjukkin gejala yg sama, jd lsg ddilariin ke klinik. tp berhubung dengan infus, antibiotik ga nunjukin perubahan. jd kita putuskan untuk ngasi injeksi vitamin c tiap bbrp jam sekali. krn virus kan ga ada obatnya, cm daya tahan tubuh aja yg bisa ngalahin. jd gmn caranya biar si ronny bertahan deh…. skrg uda hampir seminggu ronny di klinik. msh lum mau maem 🙁 tp uda mulai belajar jalan lg skrg…..

  • Astrid 07/06/2012 at 20:15

    Alhamdulillah kucing saya bisa sembuh dr distemper
    tp syangnya 3 kucing lainnya udh telat ditanganin 🙁

  • Hendra 14/05/2012 at 00:36

    mas..
    Mo nanya..
    Klo kucing itu jd penakut, suka berondok2 dtmpt2 yg gelap, kurang gairah mkn, sprti org ketakutan atau paranoid gtu.
    Pdhal awlny dy gk sprti it.
    knp y mas??
    Ap yg trjd pdny??
    Kog bz gtu??

    Mhon bantuanny.

    • krafty 24/05/2012 at 09:00

      Takut kena air juga ga?
      Bisa jadi si kucing mengalami trauma… :(. Coba dekati pelan2 ya

  • pimi cat 09/05/2012 at 22:06

    Kucingku 1mnggu terakhir mati 7 ekor terkena virus ini..ini virus memang jahat bgt..untung bisa nyelamatin 1 ekor,karna si apple(nama kucingku) lngsung di evakuasi k tmpat lain trus jg ga ribet diurusnya dikasih obat dipaksa mkn,dksh air klapa,yakult,ikan segar,vitaboaster,nutriplus gel,alhamdulilah mendingan..

  • george 28/04/2012 at 09:38

    Kucingku Luna, umur 5 bln,setiap sehari setelah divaksin selalu muntah,apakah itu trmasuk gejali distemper?

  • dinda 19/04/2012 at 14:05

    Tolong bantu , kucing saya umur 2 bulan , ud vaksin kmrn tapi ko pupnya brdarah ya ud hampir 2 mggu tdnya nya pupnya mencret ga keras ga tp ada drahnya eh skrg2 berair 🙁 apa gara2 makanan yg ganti2 ? Susu nya td dikasi formula tp sya brentiin tp jadi kurus hhu , kasih obat herbalnya apa ya ? Ke dokter saya cape bolak balik abis biaya jg hhu

    • george 28/04/2012 at 09:42

      Sedikit bantu..kucingku sempat mengalami hal yg sama,setelah dikurangi porsi susu,n makanan yg tdk terlalu keras,ternyata bisa sembuh jg.

  • rezki 17/03/2012 at 19:44

    Bantuin donk !
    Kucingku sekarang lemes banget, gak mau makan, gak mau minum, gak mau main” sampai” sekarang jadi kurus banget !! Takutnya nanti si push-push mati, kucingku kena apa yah ?? Dan penyakitnya itu bisa menyebabkan dia mati ?? 🙁

    • krafty 20/03/2012 at 15:49

      Distemper adalah penyakit yg lumayan mematikan. Bawa ke dokter, minta diinfus cairan elektrolit

      • OciAnjar 06/11/2012 at 02:42

        Dokter Hewan tuh mahal banget ya ampun,aku ngga sanggup klo harus bawa kucing ke dokter,jd makin sedih klo inget ketidak mampuan itu :'(

  • rezki 17/03/2012 at 19:13

    Tolong bantuin donk !!
    Kucing saya lemas sekali, minum gak mau, makan gak mau, main gak mau, pokoknya udah gak bergairah, sampai” sekarang kucingku sdh kurus sekali !! Saya jadi takut nantinya dia mati :'( bagaimana cara mengatasinya yah ?? dan penyakit ini bisa membuat kucing mati ??

    • Shanty 14/04/2012 at 10:00

      segera bawa ke dokter hewan, 4 kitten aku pernah kena gejala2 di atas, 1 minggu diopname, sayang yg 2 mati & yg msh bertahan hidup Alhamdulillah sampe sekarang msh sehat hanya kaki belakangnya jd lemas, jd kalo jalan suka jatuh2, kasian liatnya kata dr. hewan yg ngerawat itu karena dampak distemper ….

  • iman 10/02/2012 at 09:39

    bru aj baca ni artikel, eeeh si kucing muntah d dapur 🙁
    o iy, ap si kucing bs prlahan smbuh stlh d susui oleh ibuny?
    mhon bantuanny

Leave a Comment