Artikel ini akan memberitahukan kepada Anda, benda-benda rumah tangga apa saja yang dapat membahayakan atau bahkan mematikan bagi kucing Anda. Dua contoh di antaranya termasuk insektisida dan beberapa jenis tanaman dalam rumah. Bahkan, benda-benda rumah tangga yang selama ini Anda anggap tidak membahayakan justru dapat mengakibatkan kematian pada kucing Anda.

Dan susahnya adalah bahwa kucing Anda tidak bisa membaca atau memahami peringatan “Berbahaya” yang tercantum pada label produk-produk yang membahayakan tersebut.

Oleh karena itu, pastikanlah bahwa benda-benda berbahaya semacam itu tidak berada dekat dengan kucing Anda dimana dia dapat dengan mudah mengambilnya dan pastikan pula bahwa Anda telah benar-benar membersihkan benda-benda itu jika mereka jatuh atau tertumpah di lantai.

Ingatlah bahwa kucing adalah hewan yang senantiasa ingin tahu dan mereka sangat gemar untuk menyelidiki segala hal yang dirasa baru atau aneh bagi mereka, terutama sekali apabila tidak ada seorangpun di dalam rumah yang mengawasi mereka bermain.

Di bawah ini adalah daftar benda-benda rumah tangga yang harus diletakkan jauh dari jangkauan kucing Anda:

Perlengkapan berkebun, seperti insektisida dan pupuk.

Tanaman. Banyak di antara tanaman yang mengandung racun, baik dalam bentuk tanaman hidup atau tanaman yang sudah dikeringkan. Oleh karena itu, tanyakanlah informasi selengkapnya tentang setiap jenis tanaman atau tumbuhan yang Anda beli kepada ahlinya. Jika Anda ragu-ragu, sebaiknya Anda menjauhkan tanaman tersebut dari jangkauan kucing Anda.

Uang logam. Beberapa uang logam mengandung seng, dan seng ini dapat mengakibatkan muntah-muntah, anemia dan bahkan kematian jika dimakan atau dicerna oleh kucing Anda.

Bahan-bahan antibeku. Alasannya, yaitu bahwa bahan-bahan antibeku ini memiliki rasa yang manis sehingga menarik perhatian para kucing untuk menjilatnya dari lantai garasi atau halaman parkir mobil. Meski hanya tertelan satu sendok kecil saja, bahan antibeku ini dapat mengakibatkan kerusakan ginjal permanen. Oleh karena itu, segeralah dan pastikanlah bahwa Anda telah membersihkan tumpahan bahan antibeku tersebut.

Hindari pengobatan dengan menggunakan obat-obatan yang diperuntukkan bagi manusia. Alasannya, yaitu bahwa banyak dari obat-obatan ini yang berbahaya bagi kucing Anda. Misalnya, asetaminofen yang dapat meracuni kucing Anda. Hindari dan waspadalah terhadap formula-formula yang dapat mengakibatkan kegilaan pada kucing. Penggunaan bius lokal luar dapat mengakibatkan anemia pada kucing Anda.

(sumber: mypetstop)

Artikel ini sudah dibaca: 5959 kali.

  • vinoii

    Aq mau pelihara kucing neh.. Masih umur 1-2 bulan.. Tapi ibu ku takut.. Kt nya klw punya kucing ntr ga bs punya anak.. Benar pa ga tch? Bahaya ga pelihara kucing?

  • vino

    wah, blognya keren sekali, ini sy mau tanya kucing sy suka garuk2 dan akhirnya ketahuan ada jamur ditelinganya, selama ini sy kasih salep jamur buat manusia dalam dosis kecil, apa tindakan sy benar, dan apa yg harus sy lakukan, dy selalu garuk2

    • Sebaiknya dibawa ke dokter saja, Vino… agar diketahui penyebab jamurnya dan pengobatan yang tepat.

  • Yan

    ga pernah jatuh. tapi kalau main sama saudaranya gigit2an di leher suka kuat banget sampe teriak. kalo kucing yang sudah terkena flu tulang ga bisa sembuh ya.

  • Yan

    saya mau nanya, saya punya anak kucing tapi belakangan ini saya lihat dia kayak tidak bisa mengangkat tegak kepalanya. jadi nunduk terus kalo jalan dan sudah jalan bersuara. dia punya saudara sudah mati karena penyakit yang sama. kira kira penyakit apa ya?

    • Apakah dia pernah kejatuhan sesuatu? Coba bawa ke dokter