Panduan Makan & Minum untuk Kucing

Makanan yang diberikan kepada kucing sebaiknya merupakan makanan yang khusus diperuntukkan untuk kucing, yang dapat diperoleh dari petshop atau membuat sendiri.

Pemilihan makanan yang khusus ini penting agar tersedianya kecukupan nutrisi yang sangat dibutuhkan kucing.

Kucing dapat diberikan makanan berupa ikan ataupun daging. Pemberian daging (khususnya daging sapi) adalah penting untuk kesehatan kucing, terutama terhadap pertumbuhan bulu.

Bentuk makanan yang diberikan dapat dalam bentuk basah (kalengan) atau padat, dan dapat dilakukan variasi bentuk makanan. Bentuk makanan yang padat memiliki keuntungan lebih daripada bentuk makanan yang basah, karena lebih awet dan jika tidak habis termakan dapat dimakan kucing pada waktu yang berbeda (dalam satu hari tersebut).

Pemberian makanan anjing untuk kucing sebenarnya tidaklah baik, mengingat anjing dan kucing merupakan kelompok hewan yang berbeda. Kucing merupakan hewan yang benar-benar karnivora (pemakan daging), sedangkan anjing tidak. Dan di dalam makanan khusus anjing memiliki keterbatasan dari kandungan nutrisi yang sebenarnya sangat diperlukan oleh kucing.

Waktu pemberian makan haruslah ditentukan dengan baik, biasanya dilakukan dua sampai tiga kali dalam sehari. Pemberian makanan yang terlalu sering atau kebanyakan dapat menyebabkan kucing muntah.

Minuman diberikan dalam bentuk air putih (fresh water) yang telah matang. Minuman sebaiknya selalu ada dalam jumlah yang cukup dan selalu tersedia. (ed)

Artikel ini sudah dibaca: 10938 kali.

Artikel Lainnya:

17 Comments

  1. dwi

    Baru pertama kasih makan kucing pake makanan kucing beli d supermarket. Ternyata klo kitten umur nya belum ada 1 thn, belum bisa makan yg dry food y… Udah beli yg basah sih. Tapi ini, ada cara gak ya ngakalin biar dry food nya bisa d makan juga ??? Kasih air bisa agak lunakan gak y ??? Makasih.

  2. nadira

    mau tnya dong ko kucing ak kliatanny gapernah minum y? tp pernah suatu ketika minum air tidak matang terus uda gaminum lagi , itu gmna y? ak tkut napa2 :( . makasi

  3. farrah

    kucingku baba kabur…. :'( gantinya q dpt chika, tapi si chika gax mw makan, makan pilih2, dikasih sereal khusus kucing dia gx mw, di kasih kpala gereh dy gax mau, terkadang makannya maunya ayam, kakap, pokoknya kayak ratu, so q kudu ngeluarin sangu 3000 bwt bli ayam goreng di warung budhe kus… biar kcing gx susah makan, gmn ea???
    plis jawab…

    1. krafty

      Wah…. Chika tau makanan enak ya hiihihihi… Mungkin waktu Chika belum sama Farrah, dia ga biasa makan makanan khusus kucing, biasanya makan ayam, ikan dan lain-lain.. Coba pelan2 dibiasain ya… Memang ga bisa langsung jadi.. Jadi sabar yaaa…

      1. farrah alias baba

        horeeee!!!! skarang chika udh bisa makan dry food!! dya gx mw whiskas, tp better ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *