Cara Merawat Kucing

Berikut adalah tips dasar perawatan kucing Anda. Disarikan dari DokterHewanOnline.com

Berikanlah makanan khusus kucing yang sudah direkomendasikan dan mempunyai gizi lengkap sehingga kondisi kesehatannya terjamin.

Jangan berlebihan dalam memberikan makanan kepada kucing Anda. Takaran pemberian makanan kucing diusahakan sekali makan akan habis sehingga makanan yang diberikan selalu berganti (kondisinya dalam keadaan baru). Hal ini juga akan menghindari obesitas (kegemukan) karena takaran makan pas dengan kebutuhannya.

Pilih makanan kering karena praktis dan butiran butiran keringnya membantu membersihkan gigi kucing. Jika kucing sudah terbiasa mengonsumsi makanan basah, usahakan 1 kali pemberian pakan pas takaran dan sisa yang masih ada di kaleng disimpan di kulkas. Saat memberikan makanan yang disimpan di kulkas, maka harus dihangatkan atau dikeluarkan sebentar dari kulkas sehingga suhu makanan tidak dingin (suhu ruang).

Tempat makanan kucing harus selalu bersih, sisa makanan (terutama basah) langsung dibuang.

Berikan makanan pada jam-jam tertentu untuk membiasakan kucing mengetahui jadwal makannya.

Bila kucing tidak ditempatkan di dalam kandang, berikan makan di sudut/tempat tertentu (jangan dipindah-pindah) untuk membiasakan kucing mengetahui secara otomatis tempat makanannya diletakkan.

Sediakan cukup air minum matang di kandang atau di tempat lainnya (bisa di dekat tempat makannya), meskipun kucing sedikit minum akan tetapi tetap memerlukan persediaan minum.

Berikan tempat tidur yang nyaman, apabila memungkinkan yang terbuat dari rotan (bahan luarnya) sehingga dapat digunakan untuk mengasah kuku dan untuk menghindari menggaruk perabotan rumah tangga lainnya.

Kotak kotoran harus diisi cat litter (pasir kucing) yang banyak dijual di pet shop/super market gunakan yang mempunyai daya serap tinggi sehingga dapat menyerap kencing dengan cepat. Segera buang kotoran kucing (BAB) sesegera mungkin dan ganti pasir kucing yang sudah berisi kencing 2 x sehari (pagi, sore).

Mandikan kucing paling sedikit 3 x dalam 1 bulan atau 1 minggu sekali dengan menggunakan shampoo kucing yang ber PH rendah.

Lakukan penyisiran bulu setiap hari agar bulu yang rontok tidak akan terjilat yang menyebabkan kucing akan muntah karena tertelan bulu dan akan mengganggu sistem pencernaannya.

Lakukan vaksinasi sesuai umur dan kebutuhan juga periksakan kesehatan kucing secara rutin ke dokter hewan terdekat.

Segera periksakan ke dokter hewan apabila kucing memperlihatkan gejala awal terserang sakit, seperti : tidak mempunyai nafsu makan/nafsu makan berkurang, pilek/keluar ingus, BAB lembek/tidak normal.

Artikel ini sudah dibaca: 20845 kali.

  • rahmi kerbek

    gimana caranya biar kucing nggak ngeao ngeao setiap hari?

  • Ahmad Basori

    Kucingku si mario namanya.dlm satu hari bisa bab nympei 4-5 kali.yang pertama agak keras, kedua dan seterusnya agak mencret gitu, gara garanya waktu saya beli seminggu yang lalu hujan gede.dia di dalam kardus padahal kardusnya gak basah karna di tutupin pakai kandang nya.minta solusi dong

  • http://pulautidungpewe.com khaerudin tidung

    salam kenal gan/sis… gimana cara nya biar bulu kucing ga rontok ya….

  • http://www.jejaring.web.id Damas

    sip nih…
    jadi nambah ilmu pengetahuan tentang perawatan kucing ^^

  • faizal

    kucingq klo bab kotoranx past ada yg mlekat d bulu blkang…gmn y carax biar g gt lg, cz kucingx jd bau..
    ???

  • http://grahapatria.co.id Armstrong Indonesia

    makasih untuk artikelnya, bs nambah pengalaman buat merawat kucing anggora q

  • http://www.sos.co.id/ cleaning services

    kalau kucing anggora seminggu sekali harus di mandiin biar tetep wangi. hehe

  • http://myblog.com tiffany

    kucing saya hampir mati karena terlempar .
    Bagaimana cara mengatasiya ?

  • hendra pojex

    Sediakan tempat berisi pasir / sobekan Koran bekas üñ?ú? membiasakan diri
    Sebaiknya dikurung Dulu dalam kandang, §ëtélãh tetbiasa baru dilepas dengan
    Tempat kotoran tadi ¥@?? sudah di siapkan di sudut ruangan …!

  • lala & M i U

    hehehe….jujur shaja…shaya tak pernah
    mandiin kucing ane….malez mandiin kucing ane…(miu)
    sebenerna ane udh pernah memelihara kucing bnyk tp gx pernah ku mandiin 1 bulan lebih ^_^ heheh malez…~
    gimana tips? biar kucing gax kabur kalo dimandiin sama majikan???

  • ida

    kucingku berusia 10bln, tapi bulunya rontok padahal udah pake shampo kucing anti rontok. gimana caranya biar bulunya gak rontok lagi…coz takut bahaya untuk anak2,,,,trimakasih sarannya ^_*

    • tari

      kucing dgn bulu rontok itu biasanya bukan krn shampo tp krn makanannya

  • anggra

    kalau kucing anggora peut nyah bunyi bunyi terus ,kenapa iyah ?

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Bunyi seperti mendengkur?

    • http://libratama.com Industry Maintenance

      masuk angin mungkin kucingnya

    • eve

      wkwkkkkk,,laper tuch kucingnya…

  • Adesio

    sya sneng bngt ma kucing, pngen punya kucing yg mahal tpi blum ksmpean,,, mungkin nanti,,hehehe

    • http://www.kittykrafty.com krafty

      Adopsi aja :)

  • http://www.emeralrugcarpet.com carpet

    gimana caranya merawat kucing yang bulunya rontok ?

    • http://www.kittykrafty.com ika

      Perlu dicari tau penyebab rontoknya. Seringnya, karena cuaca panas maka bulunya rontok. Atau ga tahan dengan jenis makanan, atau obat.. Kalau karena itu, hentikan makanannya, ganti dengan yang lain… Biasanya klo makanannya mengandung garam

      • http://www.emeralrugcarpet.com ARY WIDIANTO

        info yang menarik bisa di coba

      • dandy n nugraha

        Minta solusi dong, gmn cara nya supaya kucing tidak buang kotoran sembarangan. Makasih

      • http://www.kittykrafty.com EditorKrafty