Kucing memiliki caranya sendiri untuk melindungi kuku atau cakarnya dari kerusakan, yaitu dengan menyembunyikan kukunya di bawah bulu-bulu tubuhnya. Mereka menggunakan mekanisme yang sama untuk membentangkan jari kaki dan untuk membantu mereka agar tetap dapat berjalan pada kondisi jalan yang licin atau permukaan yang licin maupun pada saat mereka sedang berkelahi atau menajamkan cakar atau kuku-kukunya tersebut.

Kucing dapat pula menggunakan cakar kaki depannya untuk berpegangan pada benda, dan cakar kaki depan ini bersifat serbaguna meskipun tidak sekuat cakar pada kaki belakangnya.Adapun hal yang harus Anda lakukan adalah secara regular memeriksa apakah cakar atau kuku kucing Anda perlu dipotong atau tidak.

Untuk pertama kali, Anda dapat membawa kucing Anda ke dokter hewan untuk dipotong kukunya dan jangan lupa meminta dokter tersebut menunjukkan cara untuk memotong kuku kucing Anda serta mencoba untuk mempraktekkannya. Gunakanlah gunting atau potong kuku biasa atau gunting kuku khusus yang dijual di toko perlengkapan binatang.

Potonglah kuku kucing Anda dengan penerangan yang cukup serta hindari untuk memotong lapisan kulit berwarna pink atau merah muda yang terdapat di dasar telapak kaki kucing Anda. Potonglah kuku yang terdapat pada bagian depan lapisan kulit di bawah daging kuku tersebut dan jangan memotong lapisan kulit tersebut karena akan melukai kucing Anda. Luka tersebut akan mengeluarkan darah yang banyak walaupun pada akhirnya akan berhenti. Tetapi, kejadian ini akan berdampak buruk pada kondisi psikologis kucing Anda yaitu bahwa dia akan mengalami trauma setiap kali Anda hendak memotong kukunya.

Artikel ini sudah dibaca: 5628 kali.

  • irfan

    Kucingku kok meong” trus knp ya??trus Apakah kucing itu bisa gigit atau nyakar aku apabila kucingku aku kurung d kamar??kalo dibuka in kayak mau kabur aja kucingnya??
    Soale aku baru melihara kucing,gakk tau cara jinak’an kucing??