Untuk Apa Kucing Makan Rumput

Banyak sekali kucing yang memakan rumput kasar dalam jumlah yang sedikit secara teratur, yang tidak lain bertujuan untuk merangsang mereka memuntahkan kembali makanan yang telah dicerna. Biasanya, rumput yang dimakan oleh kucing tersebut akan dimuntahkan kembali dengan sangat cepat dan muntah tersebut ditutupi atau diselubungi oleh air liur kucing tersebut yang berbusa serta lengket. Sebenarnya untuk apa kucing makan rumput ya?

Adapun dalam menghadapi fenomena seperti ini, banyak dokter hewan yang berpikir dan menduga bahwa tujuan seekor kucing memakan rumput mentah tidak lain adalah untuk mengurangi kelebihan sari makanan hasil proses pencernaan, yang tersimpan dalam perut kucing. Tetapi, kebiasaan kucing untuk memakan rumput mentah seperti ini dapat pula bertujuan untuk membersihkan rambut-rambut yang terdapat pada perut kucing.

Apabila kucing peliharaan Anda mempunyai kebiasaan makan seperti ini ataupun Anda sendiri sebagai pemiliknya merasa resah dengan kebiasaan ini, maka sebaiknya Anda memberikan 2 atau 3 porsi kecil makanan dalam seharinya kepada kucing peliharaan Anda daripada memberi kucing peliharaan Anda 1 porsi besar makanan dalam seharinya.

Adapun jika Anda memberikan makanan dengan menu makanan kucing kepada kucing peliharaan Anda, maka kebiasaan untuk memakan rumput bukanlah penyebab terjadinya kekurangan makanan pada kucing Anda. Alasannya yaitu bahwa seluruh makanan untuk kucing memiliki komposisi gizi yang seimbang.

Perlu diketahui pula bahwa kebiasaaan makan rumput jarang menimbulkan efek berbahaya, tetapi dengan syarat bahwa rumput tersebut belum disemprot dengan bahan kimia yang mengandung racun. Selain rumput kasar, rumput halus juga dapat dimakan oleh kucing dan dicerna sebagai sumber alami dari bagian yang kasar dalam makanan.

Meskipun demikian, apabila proses makan rumput ini disertai pula dengan muntah secara terus menerus, dan terutama sekali apabila muntah tersebut mengandung darah maka Anda harus secepat mungkin membawa kucing peliharaan Anda tersebut ke dokter hewan untuk diperiksa kesehatannya.

Artikel ini sudah dibaca: 33248 kali.

Tagged with: ,