Banyak sekali kucing yang memakan rumput kasar dalam jumlah yang sedikit secara teratur, yang tidak lain bertujuan untuk merangsang mereka memuntahkan kembali makanan yang telah dicerna. Biasanya, rumput yang dimakan oleh kucing tersebut akan dimuntahkan kembali dengan sangat cepat dan muntah tersebut ditutupi atau diselubungi oleh air liur kucing tersebut yang berbusa serta lengket.

Adapun dalam menghadapi fenomena seperti ini, banyak dokter hewan yang berpikir dan menduga bahwa tujuan seekor kucing memakan rumput mentah tidak lain adalah untuk mengurangi kelebihan sari makanan hasil proses pencernaan, yang tersimpan dalam perut kucing. Tetapi, kebiasaan kucing untuk memakan rumput mentah seperti ini dapat pula bertujuan untuk membersihkan rambut-rambut yang terdapat pada perut kucing.

Apabila kucing peliharaan Anda mempunyai kebiasaan makan seperti ini ataupun Anda sendiri sebagai pemiliknya merasa resah dengan kebiasaan ini, maka sebaiknya Anda memberikan 2 atau 3 porsi kecil makanan dalam seharinya kepada kucing peliharaan Anda daripada memberi kucing peliharaan Anda 1 porsi besar makanan dalam seharinya.

Adapun jika Anda memberikan makanan dengan menu makanan kucing kepada kucing peliharaan Anda, maka kebiasaan untuk memakan rumput bukanlah penyebab terjadinya kekurangan makanan pada kucing Anda. Alasannya yaitu bahwa seluruh makanan untuk kucing memiliki komposisi gizi yang seimbang.

Perlu diketahui pula bahwa kebiasaaan makan rumput jarang menmbulkan efek berbahaya, tetapi dengan syarat bahwa rumput tersebut belum disemprot dengan bahan kimia yang mengandung racun. Selain rumput kasar, rumput halus juga dapat dimakan oleh kucing dan dicerna sebagai sumber alami dari bagian yang kasar dalam makanan.

Meskipun demikian, apabila proses makan rumput ini disertai pula dengan muntah secara terus menerus, dan terutama sekali apabila muntah tersebut mengandung darah maka Anda harus secepat mungkin membawa kucing peliharaan Anda tersebut ke dokter hewan untuk diperiksa kesehatannya.

Artikel ini sudah dibaca: 28633 kali.

  • Kistiara Ajeng

    Punten, saya mau buka lapak buat agan-agan semua yang berminat adopsi
    kucing domestik betina usia sekitar 6 bulan. Kucing itu mengikuti saya
    saat saya pulang dari alfamart, tp saya ga bisa rawat lama2 karena saya
    anak kosan ygsering pulang malam, dan saya juga anakrantau yang akan
    liburan semester lama. Kucingnya sudah bersih saya mandikan, kalau
    adayang mau saya kasih liter box, pasir, dan makanan nya jika ada sisa.
    Oh ya daerah saya tasikmalaya. Yang berminat hubungi saya ke
    085817490277 https://uploads.disquscdn.com/images/05e89115cff7843b15b594762c39427b2cdc1a0ced87d75135a6188cc0d34ead.jpg

  • Kucingku juga pernah makan rumput. Aneh banget masalahnya kesukaan sepertinya. Babeku coba menanam tanaman padi di depan rumah habis di makan kucing.

    Kucingnya itu takut sama tikus tp suka nangkapi burung sriti yang terbang dan dimakan. Sy juga heran kok bs kaya gitu.

    Trs suka naik genteng tp gak bisa turun dan yang repot aku. Kucingnya itu juga kadang suka mencuri makanan tetangga. Tapi anehnya mencurinya itu tdk di makan. Pernah mencuri bakso satu plastik sama plastiknya sekalian. Di letakkan di rumah. ibuku gak tau sm ibuku di shop. Trs ada tetanggaku yg lapor baru beli bakso satu plastik hilang. Krn aku sadar diri mw tak ganti tp gak mau.

    Kucing teraneh yg pernah aku punya, skrg udh mati. Tp ibunya msh hidup. Udh 9tahun ibunya.

  • Lia

    aku pengen kucingku bisa makan sereal kucing aja
    soalnya ribet klu makan makanan yg basah (kalengan)
    gimana yaa caranya? tips plisss ๐Ÿ™‚

  • saya senang sekali melihat kucng2 di rmh aqku!!!

    • Mau dong dishare di sini cerita kucing2nya ๐Ÿ™‚