Tak hanya bisa menghilangkan stres, studi membuktikan bahwa anak dari orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung tidak memiliki alergi hewan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa tahun pertama dalam kehidupan anak adalah masa penting dalam membangun sistem perlawanan tubuh, termasuk terhadap alergi. Anak-anak yang sudah memiliki kontak dengan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing sejak kecil, akan dapat mencegahnya mengalami alergi di kemudian hari.

Dalam studi tersebut para ahli mempelajari sampel darah 600 peserta yang berusia 18 tahun, kemudian membandingkan tingkat antibodi terhadap alergen anjing dan kucing kepada peserta yang memiliki hewan peliharaan dan tidak.

Remaja yang dekat dengan hewan peliharaan sejak tahun pertama kehidupannya memiliki peluang 50 persen lebih tahan terhadap alergi anjing atau kucing dibandingkan dengan yang tidak memiliki hewan peliharaan.

“Mengekspos (mendekatkan) anak dengan kucing dan anjing di rumah tidak akan meningkatkan risiko sensitisasi ke binatang-binatang. Bahkan mungkin mengurangi risiko (alergi),” jelas Ganesha Wegienka dari departemen ilmu kesehatan masyarakat, Henry Ford Hospital, Detroit, seperti dilansir Telegraph, Rabu (15/6/2011).

Menurut Wegienka, penelitian ini membuktikan bahwa paparan dengan hewan peliharaan di awal kehidupan tidak membuat anak-anak menjadi berisiko alergi terhadap hewan di kemudian hari.

Hasil studi ini telah dipublikasikan pada jurnal Clinical & Experimental Allergy.

Alergi kucing biasanya paling umum disebabkan oleh protein dalam bentuk serpih kulit kucing dan air liur, yang mempengaruhi 40 persen dari penderita asma.

Orang yang alergi kucing atau hewan lain biasanya akan merasakan gejala seperti mata gatal, bersin, asma dan ruam kulit.

disadur dari: detikhealth.com

Artikel ini sudah dibaca: 2966 kali.

  • Ajeng

    Ak mau nanyaa, ‘ aku punya alergi terhadap Bulu hewan .. Tapi, sejak aku melihara, Kucing persia blasteran himalayaa alergiku gak pernah balik lagi, kok bisa ya?’ sama ‘kucingku berumur 3 bulan .. Kata dokter udh blh di grooming .. Tapi aku bingung .. Gimana cara mandiin di rumah sendiri??’